Cara Alami Untuk Mencegah Osteoarthritis

rasa sakit pada lutut

rasa sakit pada lutut

Osteoarthritis, merupakan bentuk yang paling umum dari penyakit arthritis. Karena, osteoarthritis paling sering terjadi pada bagian persendian, seperti lutut, lengan, siku, pergelangan kaki, pergelangan tangan serta bagian persendian lainnya.

Tulang rawan yang bertugas sebagai penyangga antara tulang terus menerus bergerak, sehingga tulang saling bergesekan satu sama lain dan menyebabkan peradangan pada sendi.

Sebenarnya osteoarthritis bisa dicegah serta mengurangi rasa sakitnya secara alami, tanpa melakukan cara yang ekstrim, seperti proses pembedahan. 

Beberapa cara alami untuk mencegah serta mengurangi rasa sakit dari osteoarthritis secara alami, meliputi:

  • Latihan fisik secara rutin

Melakukan latihan fisik secara rutin, seperti aerobic serta berenang, mampu memperkuat otot-otot disekitar persendian. Otot-otot disekitar persendian yang kuat akan ikut menunjang kekuatan persendian, sehingga anda akan terbebas dari masalah osteoarthritis. Meskipun anda mengalami osteoarthritis, bukan berarti anda harus tetap diam. Anda perlu berjalan-jalan sebentar maupun berenang untuk memperkuat otot dan tulang anda.

  • Menggunakan krim capsaicin

Krim yang mengandung capsaicin mampu mengurangi rasa sakit dari penyakit osteoarthritis. Banyak krim capsaicin maupun koyo yang mengandung capsaicin yang dijual di apotek dan dapat digunakan tanpa resep dokter sekalipun. Krim capsaicin terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat memberikan panas, seperti cabai. Masih belum diketahui secara pasti, bagaimana krim capsaicin bekerja untuk mengurangi rasa sakit. Namun ada satu teori yang menyatakan bahwa, krim capsaicin akan mengurangi rasa sakit dengan cara nenenangkan saraf yang menerima rasa nyeri serta melancarkan aliran darah disekitar bagian yang dioles.

  • Menjaga berat badan
menimbang berat badan

menimbang berat badan

Bila anda mengalami kelebihan berat badan, maka anda memberikan lebih banyak beban, tekanan serta ketegangan pada area pinggul serta lutut. Kelebihan berat badan juga mampu memperburuk rasa nyeri akibat osteoarthritis. Menjaga berat badan agar selalu tetap dalam kisaran normal, mampu mencegah terjadinya osteoarthritis pada bagian pinggul serta lutut. Berat badan yang semakin berkurang, akan mengurangi beban, tekanan serta ketegangan pada pinggul serta lutut. Maka dari itu, jagalah berat badan anda dengan diet yang seimbang, kurangi konsumsi makanan yang mengandung kalor serta memperbanyak latihan fisik maupun olahraga.

  • Konsumsi omega 3

Asam lemak omega 3 yang banyak terkandung dalam minyak ikan maupun minyak biji rami, merupakan agen anti-inflamasi alami yang baik sekali untuk mencegah terjadinya osteoarthritis. Selain itu, anda juga anda juga bisa mengkonsumsi alpukat serta kedelai yang mampu mengobati serta mencegah perkembangan dari penyakit osteoarthritis.

  • Glukosamin

Penggunaan suplemen glukosamin, mampu meredakan nyeri yang muncul karena penyakit osteoarthritis. Memang, ada beberapa kontroversi tentang hal ini benar atau tidak. Glukosamin sulfat mampu mengurangi rasa nyeri karena osteoarthritis. Namun glukosamin hidroklorida tidak dapat digunakan dalam terapi mengurangi rasa nyeri karena osteoarthritis. Ada beberapa makanan yang mengandung glukosamin, seperti udang, susu, lobster, edamame, brokoli, serta bawang.

  • Mengkonsumsi makanan anti-inflamasi
bawang putih dan bawang merah

bawang putih dan bawang merah

Beberapa jenis makanan tertentu mampu mengurangi inflamasi, yang menyebabkan munculnya rasa sakit dan nyeri yang berhubungan dengan osteoarthritis. Beberapa makanan yang mampu mengurangi inflamasi, meliputi bawang, selada, lobak, lemon, peterseli serta teh hijau. Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam kacang-kacangan, biji-bijian serta ikan, juga dapat mengurangi inflamasi. Mengkonsumsi makan sehat secara seimbang merupakan cara yang paling baik untuk mencegah peradangan karena osteoarthritis.

  • Akupuntur

Akupuntur juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit maupun cacat yang terjadi akibat dari osteoarthritis. Melakukan akupuntur dengan memasukkan jarum ke titik saraf tertentu pada bagian tubuh, mampu mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit yang muncul. Akupuntur juga dapat dilakukan untuk meningkatkan fungsi sendi.

  • Krim topical

Menggosok bagian tubuh yang terasa sakit karena osteoarthritis dengan menggunakan krim topical yang terbuat dari mentol juga mampu mengurangi rasa sakit serta nyeri karena osteoarthritis. Krim mentol yang terasa dingin. Krim maupun balsam yang terbuat dari cengkeh juga mampu memberikan rasa hangat pada bagian yang sakit, dan nantinya akan mengurangi rasa sakit yang muncul. Anda bisa menggosok krim atau balsam yang dingin maupun panas pada lutut, kaki, siku, pergelangan tangan, pergelangan kaki serta tangan, untuk mengurangi rasa sakit.

  • Menggunakan alat bantu

Menggunakan bantalan tambahan pada sepatu maupun alas kaki anda, mampu mengurangi tekanan dari berat badan anda. Hal ini nantinya akan mengurangi tekanan dan ketegangan pada bagian pinggul, kaki serta lutut. Maka, anda akan terhindar dari masalah seperti osteoarthritis di kemudian hari.