Cara Alami Untuk Mencegah Pengentalan Darah

sel darah merah

sel darah merah

Darah merupakan cairan yang sangat penting dalam tubuh kita. Darah juga sangat menentukan kehidupan kita. Maka dari itu, untuk mengukur kondisi kesehatan seseorang, diperlukan test pemeriksaan darah.

Menurut Prof. Dr. Guenther Enderlein, tubuh kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit, baik ringan maupun berat apabila darah dalam tubuh kita selalu dalam kondisi normal.

Darah dapat dikatakan normal apabila partikel sel darah merah berbentuk bulat, berdiri sendiri serta dengan ukuran yang sama antara satu dengan yang lainnya. Sel darah yang seperti ini mampu mengalirkan nutrisi serta oksigen ke seluruh bagian tubuh serta mengeluarkan racun-racun yang terdapat di dalam tubuh secara optimal.

Jika darah kita menggumpal dan sel darah saling berkaitan satu sama lain, maka yang terjadi adalah darah yang sejatinya sebagai alat distribusi nutrisi menjadi terganggu. Bila darah dipenuhi dengan penggumpalan trombosit maka inilah yang menyebabkan pengentalan darah.

Pengentalan darah dapat menyebabkan berbagai kondisi yang serius, seperti kematian pada organ maupun jaringan, gagal ginjal, hipertensi, serangan jantung serta stroke.

Darang kental atau darah yang mudah mengental, menggumpal serta berwarna lebih pekat terkadang berwarna hitam sering ditemukan pada orang-orang yang mengidap penyakit jantung coroner, kolestrol tinggi, hipertensi, penyempitan pembuluh darah, penyumbatan pembuluh darah, jantung bengkak, stroke, wasir, aterosklerosis, asam urat kronis, perlemakan hati serta pada para perokok aktif.

Secara anatomis, terjadi pengentalan darah disebabkan oleh:

  • Kerusakan endothelium pembuluh darah atau lapisan pembuluh darah yang bersentuhan secara langsung dengan darah ketika darah mengalir yang juga sangat berkaitan dengan penurunan fungsi organ hati. Kerusakan seperti ini mengganggu fungsi dari pembuluh darah yang salah satunya adalah untuk mengencerkan darah agar darah dapat mengalir dengan lancar melalui pembuluh darah
  • Adanya gangguan yang menyebabkan penurunan atau berkurangnya fungsi dari organ hati

Terjadinya kelainan secara anatomis yang dapat menyebabkan pengentalan darah, disebabkan oleh:

  • makanan berlemak yang berbahaya bagi kesehatan

    makanan berlemak yang berbahaya bagi kesehatan

    Konsumsi makanan serta minuman yang tidak sehat, contohnya makanan dan minuman yang mengandung sitotoksin atau racun yang mampu menganggu sel-sel dalam tubuh

  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Factor lain seperti penggunaan pil KB pada wanita
  • Factor keturunan, misalnya membawa virus hepatitis dari orang tua. Virus hepatitis juga mampu menurunkan fungsi dari organ hati
  • Factor lingkungan seperti tingginya polusi udara di sekitar anda
  • Kurang olahraga atau aktivitas fisik

Gaya hidup sehat yang dapat anda terapkan untuk mencegah terjadinya pengentalan darah, meliputi:

  • Hentikan kebiasaan buruk seperti kebiasaan merokok.
  • Hindari pemakaian vetsin, makanan instan, makanan yang mengandung zat pengawet serta makanan yang diproses dengan cara dibakar.
  • Perbanyak konsumsi makanan segar dan alami seperti buah dan sayur. Bersihkan sayuran dengan seksama dengan air mengalir agar terhindar dari kuman. Jangan mengolah sayuran terlalu lama agar berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya tidak rusak.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol, teh maupun kopi. Untuk teh anda masih boleh mengkonsumsi teh hijau.
  • Olahraga secara teratur serta berjemur untuk mendapatkan sinar matahari pagi. Olahraga mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh serta membuat daya tahan tubuh meningkat.
  • Kurangi suplemen yang mengandung zat besi. Tanpa kita sadari, zat besi mampu membuat sel darah kita menjadi lebih berat. Semakin banyak kadar zat besi dalam tubuh kita, maka darah kita akan semakin pekat pula. Zat besi juga banyak terkandung dalam sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk mencegah pengentalan darah secara alami, meliputi:

  • Bawang
bawang putih cincang

bawang putih cincang

Bawang bisa kita gunakan untuk mencegah pengentalan darah secara alami. Bawang putih dan bawang merah merupakan dua bahan alami yang mampu membersihkan dan memurnikan darah serta membersihkan plak pada dinding pembuluh darah.  Bawang juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta meningkatkan system kekebalan tubuh dengan cara mencegah serangan bakteri maupun jamur.

  • Biji-bijian serta kacang-kacangan

Biji-bijian serta kacang-kacangan baik sekali untuk kesehatan, karena kaya akan kandungan vitamin B3, niacin serta asam lemak esensial. Selain itu, biji-bijian serta kacang-kacangan juga dapat melancarkan peredaran darah.

  • Cokelat

Cokelat hitam atau dark cokelat kaya akan kandungan flavonoid yang nantinya akan ikut berperan dalam meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh, menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun tidak hanya dimanfaatkan untuk kecantikan saja, namun juga baik sekali manfaatnya untuk kesehatan. Minyak zaitun kaya akan vitamin dan mineral yang mampu memadatkan tulang, menurunkan kadar kolesterol menyehatkan jantung serta melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

  • Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C. Tanpa kita sadari, vitamin C juga ikut berperan dalam kelancaran peredaran darah dalam tubuh kita. Vitamin C juga ikut berperan dalam mengencerkan darah sehingga darah menjadi semakin lancar. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai agen antioksidan yang nantinya ikut berperan dalam membuang segala racun yang menumpuk dalam tubuh kita. Selain jeruk, anda bisa mengkonsumsi buah lain, seperti kiwi dan jambu biji.