Cara Alami Untuk Mencegah Sindrom Koroner Akut

serangan jantung

serangan jantung

Mungkin anda belum tahu apa itu sindrom coroner akut. Tentunya anda pernah dengar tentang serangan jantung, serangan jantung merupakan salah satu jenis dari sindrom coroner akut.

Sindrom coroner akut telah mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia, bahkan telah menjadi salah satu penyebab utama kematian seseorang dalam suatu popilasi.

Sindrom coroner akut ditandai dengan darah yang tidak dapat mengalir dengan baik khususnya pada bagian jantung. Hal ini nantinya akan menyebabkan munculnya nyeri dada yang parah, kurangnya control pada salah satu sisi tubuh, serta rahang yang seperti terkunci. Hal seperti ini juga sering diwujudkan dengan adanya keringat, mual, muntah serta sesak nafas.

Jantung bertugas untuk memompa darah keseluruh bagian tubuh, dengan adanya sindrom coroner akut maka jantung akan berhenti dalam memompa darah keseluruh tubuh. Hal seperti ini tentunya akan sangat berbahaya sekali, karena mampu menyebabkan kematian secara mendadak.

Sebenarnya penyebab utama dari sindrom coroner akut adalah karena adanya atherosclerosis. Atherosclerosis merupakan penebalan yang terjadi pada pembuluh darah maupun arteri karena adanya penumpukan kolesterol dalam coronaries.

Ada beberapa obat yang dipercaya mampu untuk mengobati sindrom coroner akut. Namun, cara terbaik untuk mengobati sindrom coroner akut adalah dengan mencegah penyakit ini terjadi. Merubah pola makan, gaya hidup serta kebiasaan sehari-hari, mampu mencegah terjadinya sindrom coroner akut.

Beberapa cara alami untuk mencegah sindrom coroner akut, meliputi:

  • Bawang
bawah putih

bawah putih

Bawang putih maupun bawang merah mengandungsenyawa alicin. Senyawa alicin mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL serta meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Kolesterol yang seimbang dalam tubuh akan mencegah terjadinya antherosklerosis, yang nantinya akan menjauhkan anda dari sindrom coroner akut.

  • Minyak zaitun dan minyak ikan

Minyak zaitun dan minyak ikan bukanlah sesuatu yang dianggap sebagai obat. Namun keduanya memiliki kemampuan yang sama dalam menjaga kesehatan organ jantung. Minyak umumnya dianggap sebagai sesuatu yang buruk karena mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat, namun minyak zaitun dan minyak ikan justru mampu mengurangi peradangan dalam system kardiovaskular serta ikut mengurangi stress pada organ jantung.

  • Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji rami, biji bunga matahari maupun biji labu memiliki asam lemak omega 3 yang mampu mengendalikan kadar kolesterol jahat . Kolesterol jahat atau LDL yang selalu terkendali akan mencegah terjadinya atherosclerosis. Hal ini nantinya akan membuat organ jantung anda selalu dalam keadaan sehat.

  • Buah, sayuran serta kacang

Hampir semua jenis buah, sayuran dan kacang memiliki banyak serat yang baik untuk kesehatan. Serat tidak hanya baik sekali untuk menjaga kesehatan system pencernaan; serat juga mampu mengurangi penumpukan kolesterol pada dinding coronaries. Hal ini nantinya akan membuat jantung kita menjadi lebih sehat. Selain itu, buah, sayuran dan kacang kaya akan berbagai macam antioksidan, vitamin B, kalium serta flavonoid yang mampu mengurangi beban pada system kardiovaskular. Hal ini nantinya juga ikut berperan dalam mencegah terjadinya atherosclerosis.

  • Hindari lemak trans dan lemak jenuh 

Berbagai jenis makanan olahan, makanan yang digoreng, serta makanan cepat saji, mengandung banyak sekali lemak trans dan lemak jenuh. Lemak trans dan lemak jenuh merupakan penyebab utama dari munculnya penyakit jantung. Semakin banyaknya jenis makanan tidak sehat yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh, membuat kasus sindrom coroner akut menjadi semakin meningkat dan terjadi di mana-mana.

  • Hindari tepung dan gula

Mempertahankan kadar gula darah tetap dalam kondisi seimbang mampu mencegah terjadinya sindrom coroner akut. Umumnya serangan jantung sangat berkaitan dengan adanya penyakit diabetes serta ketidakmampuan tubuh dalam mengontrol kadar gula dalam darah. tingginya kadar gula dalam darah mampu merusak pembuluh darah, hal ini nantinya akan membuat jantung kita melepaskan banyak kolesterol untuk memperbaiki pembuluh darah yang rusak. Kolesterol justru akan menyumbat pembuluh darah yang menyebabkan atherosclerosis. Tingginya gula dalam darah umumnya disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi tepung dan gula secara berlebihan.

  • Kurangi garam
garam

garam

Di dalam tubuh kita, garam akan bekerjasama dengan kalium untuk mengatur kadar cairan dalam tubuh. Bila kadar garam jumlahnya lebih tinggi dibandingankan dengan kadar kalium dalam tubuh kita, nantinya akan membuat pembuluh darah kita menjadi menyusut. Hal seperti ini akan memaksa jantung kita untuk memompa darah lebih kuat. mengurangi garam merupakan satu-satunya cara untuk mencegah terjadinya penyusutan pada pembuluh darah, sehingga jantung kita bekerja dengan normal.

  • Jauhi rokok

Menjauhi rokok merupakan salah satu cara yang baik untuk mencegah terjadinya sindrom coroner akut. Rokok mampu menyebabkan kolesterol teroksidasi dalam tubuh kita. Ketika kolesterol sudah teroksidasi, maka akan sangat sulit sekali untuk dikurangi. Larangan merokok yang telah disebarkan dimana-mana telah mengurangi kasus sindrom coroner akut.

  • Batasi minuman beralcohol

Minuman beralkohol mampu menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan serta peningkatan tekanan darah. Dengan meningkatnya berat badan dan tekanan darah akan menyebabkan seseorang beresiko tinggi mengembangkan sindrom coroner akut. Membatasi minuman beralkohol atau menjauhi minuman beralkohol akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan.

  • Olahraga

Olahraga secara signifikan mampu mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung. Olahraga tidak hanya memompa darah serta meningkatkan peredaran darah, namun juga dapat meningkatkan kerja otot-otot jantung. Olahraga juga mampu menstabilkan berat badan, mengurangi kelebihan kolesterol, serta meningkatkan metabolism tubuh secara signifikan. Anda bisa berolahraga selama 30 menit secara rutin untuk mencegah terjadinya sindrom coroner akut.