Cara Alami Untuk Mengatasi Sariawan

sariawan di bibir

sariawan di bibir

Sariawan banyak dialami oleh semua orang, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Sebenarnya sariawan bukanlah suatu penyakit yang sangat serius. Sariawan merupakan gangguan kesehatan khususnya pada bagian mulut karena tubuh kita mengalami kekurangan vitamin serta cairan.

Biasanya, sariawan muncul di satu titik saja. Namun ada juga yang menyebar, baik dibagian bibir maupun dibagian lidah. Sariawan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, proses penyembuhan sariawan secara alami umumnya memerlukan waktu yang lama.

Adanya sariawan, baik di bibir maupun di lidah akan sangat mengganggu. Seseorang yang mengalami sariawan akan menjadi susah makan. Bukan karena kehilangan nafsu makan, namun karena rasa sakit yang muncul ketika makanan menyentuh bagian sariawan yang ada di bibir maupun lidah.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi sariawan secara alami, yaitu:

  • Mengkonsumsi buah segar

Buah-buahan segar dipercaya mampu mencegah serta mengobati sariawan. Berbagai buah-buahan, seperti jeruk, tomat, apel, kiwi, jambu biji maupun berbagai jenis buah berry, dipercaya mampu mencegah serta mengobati sariawan secara alami.

  • Air garam

Berkumur dengan air garam setiap pagi dan malam sebelum tidur bisa dilakukan untuk mengobati sariawan secara alami. Ambil 1 sampai 2 sendok teh garam dan setengah gelas air hangat. Aduk sebentar lalu gunakan air tersebut untuk berkumur. Cara seperti ini memang terasa sakit, namun dapat mempercepat penyembuhan sariawan.

  • Mengkonsumsi vitamin
tablet vitamin C

tablet vitamin C

Mengkonsumsi vitamin B kompleks serta vitamin C juga mampu mencegah serta menyembuhkan sariawan. Sebab, sariawan umumnya terjadi karena kekurangan vitamin B serta vitamin C.

  • Rebusan daun sirih

Daun sirih dipercaya memiliki sifat antibakteri. Ambil 4 sampai 5 helai daun sirih lalu rebuslah dengan air. Tunggu sampai airnya menjadi hangat lalu gunakan untuk berkumur. Cara seperti ini dapat mempercepat penyembuhan sariawan.

  • Garam dan baking soda

Ambil 1 sendok the garam dengan 1 sampai 2 sendok the baking soda, lalu campur dengan sedikit air. Aduk sebentar sampai menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada bagian yang mengalami sariawan lalu tunggu sampai sekitar 10 menit. Kemudian bersihkan dengan cara berkumur. Cara seperti ini dieprcaya mampu mengurangi peradangan di bagian sariawan.

  • Air kelapa

Air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta untuk menyegarkan tubuh secara alami. Air kelapa dipercaya memiliki sifat mendinginkan, sehingga dengan cara menggunakan air kelapa diharapkan mampu menenangkan semua system dalam tubuh. Berkumur dengan air kelapa selama beberapa saat juga bisa mengobati sariawan serta menetralkan pH dalam mulut.

  • Daun jambu biji

Daun jambu biji sering digunakan untuk mengobati sakit perut. Padahal, daun jambu biji juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Daun jambu biji dipercaya memiliki banyak kandungan yang bersifat antiseptic. Caranya ambil beberapa lembar daun jambu biji kemudian kunyah sebentar kemudian bersihkan dengan cara berkumur. Bisa juga anda ambil beberapa daun jambu biji lalu direbus dengan air dan ambil air rebusan tadi untuk berkumur setiap pagi dan sore.

  • Yoghurt

Mengkonsumsi yoghurt mampu menjaga keseimbangan bakteri serta pH dalam mulut maupun tubuh. Jadi, dengan cara mengkonsumsi yoghurt akan mempercepat proses penyembuhan sariawan yang anda alami serta mampu mencegah terjadinya sariawan. Konsumsilah yoghurt plain tanpa campuran dan tanpa tambahan gula. Cara seperti ini akan semakin sempurna bila yoghurt tersebut anda tambah dengan sedikit jus jeruk, perasan jeruk lemon maupun buah berry segar.

  • Bawang putih serta pepaya
bawang putih

bawang putih

Bawang putih dipercaya sebagai agen antiseptic . caranya ambil sedikit bawang putih dan oleskan ke bagian yang terkena sariawan. Namun cara seperti ini cukup menyakitkan. Untuk mengurangi sakitnya, ambil sebagian bawang putih dan campur dengan pepaya. Pepaya bersifat mendinginkan. Haluskan bawang putih dengan pepaya dan campur sedikit air, sampai berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta tersebut ke bagian yang terkena sariawan.

  • Madu serta minyak kelapa

Minyak kelapa juga memiliki sifat antibakteri. Campur sedikit minyak kelapa alami atau virgin coconut oil dan campurkan dengan 1 sendok madu. Oleskan ramuan tersebut pada bagian bibir maupun lidah yang mengalami sariawan. Cara seperti ini bisa anda lakukan setiap pagi serta malam hari sebelum tidur.

  • Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kunyit juga dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Kunyit merupakan salah satu agen antibakteri serta antiradang yang alami. Haluskan kunyit dan tambah dengan sedikit air. Campur kedua bahan tersebut dengan hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut ke bagian lidah maupun bibir yang terkena sariawan.

  • Madu dan pisang

Madu telah dipercaya bertahun-tahun sebagai obat alami untuk hampir segala macam penyakit. Madu juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Pisang kaya akan vitamin B. Haluskan pisang hingga berbentuk seperti pasta dan tambahkan 1 sendok madu. Oleskan pasta tersebut pada bagian sariawan. Cara seperti juga mampu untuk mencegah peradangan serta mempercepat penyembuhan.