Cara Alami Untuk Mengobati Varises

varises di kaki

varises di kaki

Varises merupakan urat yang membesar pada bagian kaki. Varises mampu mencegah aliran darah serta memaksa pembuluh darah bekerja lebih keras untuk mencapai aliran darah yang tepat.

Seiring dengan bertambahnya usia atau bila seseorang memiliki profesi yang mengharuskan dia untuk berdiri selama jangka waktu yang lama, maka pembuluh darah pada bagian kaki akan menjadi kusut. Sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah pada kaki.

Ketika darah mengalir dari arah yang berlawanan maka akan muncul rasa sakit yang luar biasa, meskipun orang tersebut berdiri maupun tidak.

Jarang sekali varises mengakibatkan komplikasi yang dapat mengancam jiwa. Namun dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki, eksim vena, edema, penebalan kulit maupun pembengkakan vena yang tampak jelas pada kaki maupun daerah lain yang terkena.

Rasa sakit yang muncul umumnya sangat mempengaruhi kaki, karena kaki merupakan bagian tubuh yang digunakan untuk mengatasi gravitasi serta memompa darah agar kembali ke dada. Varises juga bisa terjadi pada bagian lain dari tubuh.

Gejala dari varises termasuk sakit pada kaki, pembengkakan pada pergelangan kaki maupun lutut, rasa lelah pada kaki, kram, perubahan warna kulit pada kaki serta iritasi pada bagian betis.

Bila anda merasa bahwa anda mengalami varises, maka ada beberapa cara alami untuk mengobati varises.  Beberapa cara alami untuk mengobati varises, meliputi:

  • Ekstrak biji anggur

Ekstrak biji anggur merupakan jenis minyak alami yang kuat untuk meredakan peradangan serta nyeri otot bila dioleskan ke tubuh. Ekstrak biji anggur juga bisa langsung dikonsumsi, namun rasanya tidak enak. Ekstrak biji anggur pengandung senyawa proanthocyanids yang mampu memperkuat dinding kapiler serta menahan pembengkakan, bahkan mampu meningkatkan aliran darah yang sehat ke area kaki.

  • Marigold

Marigold kaya akan berbagai senyawa antioksidan serta vitamin C. keduanya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, kulit serta kekuatan dari pembuluh darah dan kapiler. Anda bisa langsung mengkonsumsi kelopak bunga marigold maupun dididihkan terlebih dahulu. Setelah dididihkan ambil kelopak bunga marigold lalu masukkan dalam kain. Setelah itu gunakan kain tersebut untuk mengompres kaki anda. Cara seperti ini mampu meringankan rasa sakit karena varises pada kaki.

  • Kulit pohon pinus
kulit pohon pinus

kulit pohon pinus

Kulit pohon pinus juga mengandung senyawa proanthocyanid. Selain itu kulit pohon pinus juga mengandung senyawa lain yang mampu memperkuat dinding kapiler, mengikat kolagen pada pembuluh darah, meningkatkan leastisitas pembuluh darah, meningkatkan peredaran darah serta menurunkan tekanan darah.

  • Peterseli

Peterseli kaya akan vitamin dan mineral yang mampu memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah. Senyawa organic lainnya dalam peterseli akan ikut menjaga kekuatan kapiler. Mengkonsumsi peterseli merupakan cara yang baik bagi pengidap varises maupun gangguan darah lainnya.

  • Cuka apel

Mengkonsumsi cuka apel juga terbukti mampu membuang berbagai racun dalam darah, meningkatkan sirkulasi darah serta mengurangi peradangan. Mengkonsumsi cuka apel akan bagus sekali untuk mengobati varises. Campur dua sendok the cuka apel dengan segelas air dan minumlah dua kali sehari.

  • Cabai

Cabai mengandung bioflavonoid serta vitamin C yang mampu meningkatkan aliran darah yang sehat ke kaki serta meringakan rasa sakit pada kaki, persendian maupun pada otot-otot kaki. Mengkonsumsi cabai maupun mengoleskan pasta bubuk cabai dapat meringakan rasa sakit pada bagian kaki karena varises.

  • Minyak zaitun
minyak zaitun

minyak zaitun

Minyak zaitun mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara signifikan. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk dioleskan pada daerah kaki yang terkena varises. Cara seperti ini mampu meredakan rasa nyeri serta mengurangi peradangan pada kaki anda. Cara seperti ini juga mampu merangsang perbaikan kerusakan maupun luka pada pembuluh darah dan kapiler di daerah kaki.

  • Bawang putih

Bawang putih mampu menghancurkan berbagai macam racun dalam tubuh serta merangsang pengeluaran racun dalam tubuh. Bawang putih juga mampu mengurangi peradangan serta meningkatkan peredaran darah yang sehat keseluruh tubuh. Mengkonsumsi bawang putih maupun menggunakan pasta bawang putih sebagai obat oles mampu mengobati varises serta mengurangi rasa sakit pada kaki.

Beberapa gaya hidup yang menjadi kebiasaan mampu memperburuk varises, seperti berdiri terlalu lama, olahraga berlebihan, kelebihan berat badan, menggunakan sepatu dengan hak tinggi, konsumsi alcohol berlebihan serta merokok, mampu memperlambat peredaran darah ke seluruh tubuh.

Mengubah gaya hidup atau menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk mampu memperbaiki kadaan pembuluh darah serta mengurangi rasa sakit yang timbul dari varises.