Cara Alami Untuk Mengurangi Resiko Kanker

sel kanker

sel kanker

Beberapa tahun belakangan ini, sepertinya penyakit kanker semakin merajalela. Sekitar 15% dari kasus kematian di seluruh dunia belakangan ini dibebabkan karena penyakit kanker. Sekarang ini kanker muncul dalam berbagai macam bentuk.

Menurut definisi, kanker merupakan bentuk dari tumor ganas atau suatu sel yang mengalami mutasi dan memiliki kemampuan untuk  tumbuh maupun bermetastasis dalam tubuh, sehingga mengurangi fungsi system organ dan dapat menyebabkan kematian.

Sayangnya, setiap penyakit kanker berbeda-beda, karena kanker menyerang bagian tubuh yang berbeda-beda. Selain itu, ada beberapa jenis kanker yang mampu bermutasi dan bahkan mampu melindungi dirinya sendiri, sehingga membuat semakin sulit untuk diobati.

Tiap jenis kanker juga memiliki tingkat keparahan dan tingkat kematian yang berbeda-beda. Hal ini menunjukkan bahwa ada beberapa jenis kanker yang bisa diobati dan ada pula yang sulit untuk diobati. Ada banyak cara untuk mengurangi bahaya dari kanker, seperti kemoterapi, terapi radiasi imunoterapi maupun operasi pengangkatan kanker. Namun terapi untuk mengurangi resiko dari kanker seperti itu memiliki banyak efek samping yang nantinya akan menyebabkan bahaya lain bagi kesehatan si pengidap kanker.

Mencegah merupakan tehnik yang paling baik daripada mengobati suatu penyakit. Kita tidak tahu pasti kapan kita akan mengalami kanker atau kanker apa yang akan kita alami nantinya. Untuk itu kita perlu melakukan beberapa cara untuk mencegah dan mengurangi resiko kanker.

Berbagai cara alami untuk mengurangi resiko kanker, meliputi:

  • Biji-bijian dan gandum

Biji-bijian dan gandum sering dijadikan sebagai bahan pengganti makanan pokok, seperti nasi, roti putih, kentang dan lain sebagainya. Biji-bijian dan gandum merupakan makanan yang kaya akan serat dan antioksidan, yang nantinya akan memberikan lebih banyak manfaat bagi kesehatan kita. Salah satu jenis kanker yang banyak terjadi adalah kanker kolorektal. Biji-bijian dan gandum terlah terbukti mampu mencegah perkembangan dan mengurangi tingkat keparahan dari kanker kolorektal. Selain itu, biji-bijian dan gandum memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada roti putih, kentang dan nasi.

  • Olahraga
berolahraga

berolahraga

Olahraga secara teratur sangat baik sekali untuk kesehatan, karena olahraga mampu membersihkan racun, melancarkan produksi endorphin, meningkatkan metabolism serta meningkatkan system kekebalan tubuh. Semua hal tersebut merupakan factor yang penting dalam mencegah terjadinya kanker.  

  • Bawang putih

Bawang putih mengandung bahan aktif allicin, yang secara langsung sangat berkaitan dengan mengurangi pertumbuhan dan penyebaran dari sel-sel kanker. Senyawa allicin juga mampu menyebabkan kematian sel kanker dalam tubuh. Allicin merupakan salah satu senyawa antioksidan kuat yang mampu mencegah kanker, seperti kanker usus besar, kanker perut maupun kanker kerongkongan.

  • Berries

Berbagai jenis buah berries memiliki banyak sekali senyawa yang bersifat antioksidan alami yang mampu mencegah perkembangan dari penyakit kanker. kebanyakan buah berries mengandung tannin, anthosyanin dan flavonoid. Salah satu jenis berries yait blueberry merupakan salah satu makanan yang baik sekali untuk mengurangi resiko penyakit kanker.

  • Berhenti merokok

Lebih dari 20% kasus kematian yang disebabkan oleh kanker sangat berkaitan dengan kebiasaan merokok. Maka dari itu, untuk mencegah serta mengurangi resiko kanker sebaiknya anda berhenti merokok sesegera mungkin. Rokok mengandung banyak sekali racun yang bersifat karsinogen yang nantinya akan meningkatkan peluang anda mengalami kanker. Rokok tidak saja menyebabkan kanker paru-paru saja, rokok juga dapat menyebabkan kanker mulut, kanker payudara, kanker kerongkongan dan lain-lain.

  • Tomat
tomat

tomat

Tomat mengandung lycopene yang memiliki sifat antioksidan. Lycopene sangat berkaitan dengan pencegahan kanker prostat pada pria. Saat ini kanker prostat merupakan salah satu kanker yang sangat mematikan bagi semua pria di seluruh dunia.

  • Teh hijau

Teh hijau mengandung catechin dan epicatechin yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dan juga mencegah terjadinya kanker. Catechin dan epicatechin merupakan senyawa yang bersifat antioksidan yang mampu mengurangi ukuran dari sel kanker serta mencegah penyebaran sel kanker.  bahkan kedua senyawa tersebut juga mampu mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh.

  • Kurangi alcohol

Konsumsi alcohol secara berlebihan mampu melemahkan system kekebalan tubuh dan akan menambah kadar racun dalam tubuh. Alcohol akan masuk dan menumpuk dalam organ hati, sehingga organ hati bekerja lebih keras untuk mengurangi penumpukan racun dari alcohol. Organ hati yang bekerja secara terus menerus nantinya akan mengalami kelelahan dan menyebabkan munculnya kanker hati.

  • Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Bayam mengandung zeaxanthin, beta-karoten dan lutein. Ketiga senyawa tersebut juga bersifat antioksidan alami yang nantinya akan ikut menahan pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang popular untuk mencegah kanker. Kunyit mengandung curcumin yang mampu mematikan sel kanker dengan cara mencegah aliran darah dan nutrisi yang menuju ke sel kanker. selain untuk mencegah kanker, kunyit juga bisa digunakan untuk tujuan kesehatan lainnya. Dengan menambahkan kunyit kedalam makanan anda, maka anda akan terbebas dari kanker.

  • Mengurangi berat badan

Kelebihan berat badan menyebabkan obesitas yang nantinya akan meningkatkan beban kerja dari semua system tubuh dan mampu menyebabkan terjadinya penyakit diabetes maupun penyakit jantung. Meningkatnya beban kerja dari semua system tubuh akan membuat tubuh menjadi semakin lemah dan rentan terhadap serangan radikal bebas maupun zat-zat karsinogen. Mengurangi berat badan sampai ke berat badan normal akan baik sekali untuk mengurangi bahaya dari obesitas sekaligus mengurangi resiko kanker.

  • Kopi

Banyak sekali perdebatan tentang bahaya maupun manfaat dari kopi untuk kesehatan tubuh kita. sebenarnya, kopi juga mampu mencegah terjadinya kanker mulut, kanker otak serta kanker tenggorokan. Mengkonsumsi kopi secara bijaksana tidak lebih dari dua cangkir setiap hari, bisa anda lakukan untuk mencegah kanker. Selain tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan, sebaiknya anda juga tetap minum air putih agar anda tidak mengalami dehidrasi dan tidak terlalu bergantung pada kopi.

  • Jahe
jahe

jahe

Jahe memiliki berbagai macam bahan aktif yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Jahe mengandung gingerol serta zingerone yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan alami. kedua senyawa tersebut mampu menetralisir bahaya dari radikal bebas sebelum menyebabkan terjadinya kerusakan pada tubuh anda, sehingga anda akan terbebas dari bahaya penyakit kanker.

  • Kurangi stress

Stress yang berlebihan akan meningkatkan kadar hormone stress. Sebenarnya hormone stress masih kita perlukan, karena mampu memperbaiki reflex dan membuat kita tetap focus. Namun, tingginya kadar hormone stress mampu melemahkan system kekebalan tubuh, meningkatkan stress oksidatif dan menganggu system metabolism tubuh. Mengurangi stress akan mengurangi kadar hormone stress yang nantinya akan ikut mengurangi resiko kanker.

  • Oregano

Oregano mampu menetralkan zat-zat karsinogen dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan carvacrol dalan oregano. Dalam berbagai penelitian telah ditemukan bahwa oregano mampu memperlambat penyebaran sel kanker serta mencegah pertumbuhan sel kanker.