Cara Alami Untuk Mengurangi Sakit Punggung

gambaran sakit punggung

gambaran sakit punggung

Sakit punggung sebenarnya terjadi karena adanya rasa nyeri ringan yang sering terjadi maupun terjadi secara tiba-tiba dibagian punggung seseorang.

Umumnya sakit punggung terjadi karena berbagai macam factor, seperti gaya hidup yang tidak teratur, pola makan yang salah, maupun karena adanya penyakit tertentu.

Umumnya sakit punggung terjadi bada bagian tengah serta bagian bawah punggung. Kondisi saat kerja, duduk terlalu lama serta makanan yang dikonsumsi juga ikut menyebabkan muncul tidaknya sakit punggung.

Postur tubuh yang salah dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan sakit punggung. Wanita yang terlalu sering menggunakan high heels juga bisa mengalami sakit punggung. Hal ini terjadi karena adanya peregangan otot yang berat, sehingga menyebabkan sakit punggung.

Factor lain yang dapat menyebabkan munculnya sakit punggung, seperti membawa barang yang terlalu berat di punggung, kehamilan, penyakit tertentu contohnya gangguan ginjal, menstruasi yang tidak teratur, tidur terlalu lama, obesitas, meningitis, osteoporosis, influenza maupun arthritis.

Sakit punggung sering ditandai dengan berbagai gejala, seperti:

  • Nyeri pada bagian tengah dan bawah punggung
  • Rasa nyeri terkadang menyebar ke pinggang dan pinggul
  • Rasa nyeri yang muncul membuat tubuh sulit untuk berubah posisi

Sebenarnya sakit punggung bisa dicegah serta dapat dikurangi dengan cara yang alami. Beberapa cara alami yang baik untuk mengurangi sakit punggung, meliputi:

  • Memperbaiki gaya hidup

Memperbaiki postur tubuh selama melakukan berbagai macam aktivitas maupun saat tidur juga mampu mengurangi sakit punggung. Umumnya para ahli kesehatan akan menyarankan anda untuk jalan serta melakukan latihan secara rutin setiap hari. Cara seperti justru akan membiasakan otot serta sendi anda untuk bergerak, sehingga anda terbebas dari ketegangan otot dan sendi. Jangan gunakan high heels secara terus menerus, karena dapat menyebabkan munculnya tekanan pada punggung anda.

  • Kentang mentah

kentang thumbnailPotong kentang mentah atau buatlah menjadi seperti pasta kemudian masukkan ke dalam kain lembut. Lilitkan kain tersebut pada bagian punggung yang sakit. Kebanyakan masalah seperti sakit punggung ringan dapat diredakan dengan cara seperti ini.

  • Jus lemon

Peraslah lemon dan ambil jusnya, kemudian tambahkan setengah sendok teh garam. Ramuan ini bisa langsung dioleskan ke punggung yang sakit secara merata dan dieprcaya mampu meringankan sakit punggung .

  • Kubis dan susu

Ambil beberapa potong kubis dan campur dengan sedikit susu lalu didihkan. Kemudian tumbuklah atau diblender sampai berbentuk seperti pasta. Sebarkan pasta kubis dan susu pada sebuah kain dan tutupi punggung anda yang sakit dengan kain yang berisi pasta kubis dan susu.

  • Vitamin C

Mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C juga baik sekali untuk mengurangi sakit punggung. Anda bisa minum jus dari jeruk, kiwi, mangga, maupun jambu setiap pagi untuk mencegah terjadinya sakit punggung.

  • Bawang putih

Mengkonsumsi 3 sampai 4 siung bawah putih juga mampu mengurangi rasa nyeri saat sakit punggung. Anda bisa menggoreng 8 sampai 10 siung bawang putih dan dicampur dengan mustard atau minyak kelapa. Tumbuklah ramuan tersebut hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan ramuan tersebut pada bagian punggung anda yang sakit.

  • Oat dan cuka

Campur oat dengan cuka lalu panaskan hingga mendidih. Tunggu sampai hangat dan oleskan ramuan tersebut pada punggung anda yang sakit.

  • Minyak mint dan terpentin
daun mint

daun mint

Minyak mint dan terpentin akan memberikan sensasi rasa hangat saat digosokkan ke bagian punggung anda yang sakit. Ini adalah solusi rumahan yang mudah untuk mengurnagi sakit punggung. Minyak mint dan terpentin juga sering digunakan dalam proses pembuatan salep penghilang rasa sakit.

  • Glukosa maupun madu

Saat anda mengalami sakit punggung, anda bisa minum glukosa dengan air hangat maupun madu dengan air hangat. Cara seperti ini bisa dikatakan cara yang paling mudah untuk mengurangi rasa sakit punggung.

  • Memperbaiki pola makan

Orang-orang yang sering mengalami sakit punggung sebaiknya segera memperbaiki pola makan sehari-hari. Minumlah susu dan jus dari buah dan kecambah secara teratur. Mengkonsumsi sayuran yang dikukus, seperti wortel, kembang kol, tomat, brokoli, kubis serta bayam juga dapat mengurangi gejala sakit punggung. Sebaiknya kurangi makanan pedas, berminyak, teh, kopi, serta makanan yang manis. Jenis makanan seperti itu justru mampu memperparah keadaan sakit punggung.

  • Yoga

Mengikuti program latihan yoga secara rutin juga mampu memperbaiki serta mencegah terjadinya sakit punggung. Beberapa gerakan dalam yoga, seperti uttanpadasana, shalabhasana, bhujangasana, dan shavasana juga dapat menghilangkan sakit punggung.