Cara Konsumsi Serta Manfaat Mengkonsumsi Apel

buah apel

buah apel

Kebiasaan seperti memasukkan buah apel ke dalam kotak bekal merupakan sebuah kebiasaan yang baik. Buah apel merupakan buah yang kaya akan serat serta memiliki manfaat yang baik sekali untuk tubuh kita, yaitu dapat menurunkan kolesterol. Namun, sebaiknya sebelum anda berniat untuk mengkonsumsi apel, ada baiknya untuk mencucinya dalam air mengalir terlebih dahulu.

Apel harus dicuci terlebih dahulu sebelum di konsumsi, sebab apel merupakan salah satu buah yang paling  tercemar oleh pestisida. Suatu organisasi yang bergerak dalam bidang lingkungan yang bernama Environmental Working Group tahun lalu telah menempatkan apel dalam urutan pertama dalam daftar buah dan sayuran yang tinggi akan kontaminasi pestisida.

Pemakaian pestisida telah dikaitkan dengan berbagai macam masalah kesehatan, khususnya masalah gangguan perkembangan pada anak. Selain itu, pestisida dikhawatirkan dapat bersifat sebagai karsinogen yang nantinya menyebabkan kanker serta dapat mengganggu sistem hormon dalam tubuh manusia yang mengkonsumsinya.

Meskipun begitu, anda tidak perlu takut untuk mengkonsumsi buah apel karena khawatir oleh bahaya pestisida yang masih menempel pada bagian kulitnya. Jalan keluarnya cukup dicuci saja bagian permukan kulitnya sebelum mengkonsumsi apel.

Telah lama dipercaya bahwa mengkonsumsi buah apel beserta kulitnya akan membuat anda mendapatkan lebih banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab akan ada lebih banyak nutrisi yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi apel beserta kulitnya.

Seorang pakar diet ternama dari New York, Amerika Serikat, yang bernama Tanya Zucketbrot  menyatakan bahwa sangat disayangkan bila membuang kulit apel sebelum dikonsumsi. Karena ada banyak kandungan nutrisi yang terdapat pada bagian kulit apel.

Berbagai nutrisi yang terdapat pada bagian kulit apel, meliputi:

  • Vitamin
apel merah

apel merah

Kulit apel mengandung vitamin A yang berfungsi untuk melindungi kesehatan organ mata serta menjaga pertumbuhan sel tubuh. Selain itu, kulit apel juga mengandung vitamin C yang berperan dalam menjaga sistem saya tahan tubuh dan ikut berperan dalam meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk kesehatan kulit. Kulit buah apel juga mengandung vitamin K yang tinggi dan berguna untuk membantu pembekuan darah. Ada juga kandungan folat dalam kulit buah apel yang juga berguna untuk pembentukan atau regenerasi sel-sel tubuh.

  • Mineral

Menurut penelitian dari University of Illinois, telah terungkap bahwa kulit apel mengandung berbagai macam mineral yang berguna bagi tubuh kita. Berbagai meniral tersebut, adalah kalsium, fosfor serta potasium.

Kalsium serta fosfor merupakan mineral yang penting sekali untuk pertumbuhan tulang serta gigi yang kuat. Sedangkan potasium penting sekali untuk kesehatan sel-sel tubuh, jantung maupun sistem pencernaan.

  • Serat

Apel mengandung dua jenis serat, yaitu serat lasut dan serat yang tidak larut. Sekitar 2/3 kandungan serat dalam buah apel terkandung pada bagian kulitnya. Banyak sekali manfaat dari serat bagi tubuh kita. Manfaat serat bagi tubuh kita, adalah menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kolesterol, juga dapat menjaga kestabilan berat badan. Umumnya, apel mengandung 4,4 g serat, dan kadar serat tersebut akan berkurang bila apel tidak dikonsumsi beserta kulitnya.

  • Antioksidan

Senyawa-senyawa antioksidan yaitu flavonoid serta asam fenolik terdapat di bagian kulit apel yang nantiny dapat membantu kita untuk mencegah serangan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel serta berbagai macam penyakit, seperti kanker. Mengkonsumsi apel beserta kulitnya akan memberikan anda suatu keuntungan yaitu masuknya senyawa triterpenoid yang juga dapat membantu melawan kanker, seperti kaker usus, kanker hati maupun kanker payudara.

  • Sumber energi

Mengkonsumsi apel beserta kulitnya akan memberi anda kalori sebesar 95 kalori sehingga cocok sekali bila buah apel dijadikan sebagai camilan yng manis serta dpaat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

  • Membuat tubuh tetap sehat
jus apel

jus apel

Mengkonsmsi satu buah apel secara rutin setiap hari akan membuat tubuh tetap sehat. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi apel secara rutin dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung koroner mauun penyakit kardiovaskular.

Selain itu, mengkonsumsi apel secara rutin akan menurunkan resiko terjadinya penyakit stroke. Hal seperti ini terjadi karena kandungan antioksidan dalam apel membantu kita untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat serta mencegah inflamasi.

  • Mencegah sindrom metabolik

Orang-orang yang rutin mengkosumsi buah apel akan tetap sehat dan jauh dari masalah sindrom metabolik. Masalah sindrom metabolik akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung serta diabetes.

  • Meningkatkan stamina

Mengkonsumsi buah apel sebelum berolrahraga akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh menjadi semakin prima. Apel mengandung senyawa quercetin yang bersifat antioksidan   yang nantinya dapat meningkatkan stamina yaitu dengan cara membuat paru-paru lebih banyak menyerap oksigen.