Cara Membasmi Kutu Busuk

Kutu busuk merupakan hewan kecil yang dikenal sering bersembunyi di balik kasur tempat tidur dan bisa menimbulkan berbagai macam kerugian baik materi ataupun kesehatan.

Anda tidak perlu repot-repot memanggil jasa pembasmi serangga jika di dalam rumah anda bilamana di dalam rumah anda diketahui terdapat ancaman kutu busuk.

Cara Membasmi Kutu Busuk

Karena anda bisa membasmi sendiri kutu busuk namun harus dengan tata cara yang baik dan benar supaya kutu busuk benar-benar hilang dan tidak akan datang kembali. Berikut ini adalah cara membasmi kutu busuk diantaranya :

  • Langkah yang paling penting dalam membasmi kutu busuk adalah dengan melakukan strategi pencegahan, sanitasi serta mempersiapkan bahan kimia yang dibutuhkan pada lokasi target
  • Untuk benda-benda atau perabotan yang terindikasi telah terinfeksi oleh kutu busuk maka cucilah benda-benda tersebut. Kutu busuk bisa dinetralisir dengan suhu di bawah nol derajat celcius namun harus dilakukan selama 2 minggu secara kontinyu karena jika hanya dilakukan beberapa hari saja maka upaya tersebut akan menjadi sia-sia.
  • Untuk pakaian yang terbuat dari kain linen ataupun benda yang terbuat dari kulit, tas kain, seprai dan boneka cuci dengan menggunakan mesin cuci dengan setelan panas dan keringkan pula dengan setelan panas.  Uap panas bisa membunuh kutu busuk. Bila anda tidak mau repot maka anda bisa menggunakan jasa binatu karena biasanya mereka juga bisa memberikan layanan tambahan membasmi kutu busuk. semprotan anti kutu busuk
  • Untuk beberapa perabotan yang sayang jika dibuang namun juga tidak bisa dicuci misalnya dompet kulit maka anda bisa menggunakan semprotan anti kutu busuk namun upayakan bahwa produk tersebut aman dan tidak mengandung racun yang berbahaya. Setelah itu masukkan produk yang telah disemprot ke dalam kantong plastik dan biarkan selama beberapa bulan.
  • Anda bisa ke toko perkakas yang terdekat dari rumah untuk membeli peralatan sederhana yang dibutuhkan untuk melakukan penguapan untuk membasmi kutu busuk. Bahan yang dibutuhkan tidak terlalu sulit misalnya yaitu menggunakan ketel listrik sederhana kemudian tambahkan dengan selang kecil maka peralatan yang sederhana ini bisa anda gunakan untuk membasmi kutu busuk bahkan hingga ke telur-telurnya sekalipun. Lakukan penguapan mulai dari ujung hingga ke ujung perabotan yang menggunakan atau terbuat dari bahan kain.
  • Anda bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan karpet, kasur, tembok, dan lain-lainnya untuk membasmi kutu busuk beserta telurnya. Jangan sampai ketinggalan lipatan dan bordiran karena kutu busuk juga bisa bersembunyi di tempat seperti itu. Dengan menggunakan penyedot debu maka hampir mustahil bagi kutu busuk untuk bersembunyi asalkan anda membersihkannya dengan merata. Disarankan untuk menggunakan penyedot debu yang telah dilengkapi dengan filter HEPA.
  • Jika rumah anda menggunakan kertas dinding maka pastikan supaya kertas dinding yang terlihat telah mengelupas untuk direkatkan kembali untuk mencegahnya menjadi sarang kutu busuk. Bila memungkinkan gunakan insektisida pada kertas dinding yang terlihat mengelupas. Insektisida jenis residual efektif jika digunakan untuk membasmi kutu busuk yang bersembunyi di balik kertas dinding. Selain itu insektisida juga bisa menjangkau lebih dalam jika dibandingkan dengan penyedot debu namun pastikan supaya celah dinding telah dibersihkan terlebih dahulu. Harap waspada dalam memilih insektisida karena untuk insektisida semprot siap pakai yang dijual di pasaran biasanya memiliki formula yang justru bisa membuat kutu busuk lebih susah untuk dibasmi dan membuat mereka menjadi terpencar sehingga sulit untuk dibasmi. Setelah melewati dua minggu masa penyemprotan insektisida maka anda bisa mengulangi lagi penyemprotan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
  • Ada kalanya anda akan merasa kesulitan untuk menemukan tempat persembunyian kutu busuk dan telurnya. Usahakan untuk tidak menggunakan produk insektisida yang mengharuskan anda menggunakan secara berulang-ulang karena biasanya produk tersebut mengandung racun yang bisa membahayakan kesehatan. Produk insektisida yang beracun dan tidak efektif justru akan membuat pengeluaran anda akan menjadi lebih besar. jasa pembasmi hama
  • Anda bisa menggunakan jasa pembasmi hama yang telah terbukti profesional dalam hal membersihkan kutu busuk. Jasa pembasmi hama yang profesional pastinya telah memiliki peralatan dengan standar yang layak, lengkap dan memiliki pengalaman yang cukup dalam membasmi kutu busuk. Pastikan anda telah membersihkan rumah anda atau merapikan peralatan dan membuang barang-barang yang tidak diperlukan sebelum rumah anda akan dinetralisir dari kutu busuk oleh jasa pembasmi hama profesional.
  • Ada kalanya beberapa perabotan yang telah positif terjangkit oleh serangan kutu busuk harus dibuang misalnya kasur, kain atau pakaian karena kutu busuk bisa beresiko untuk menyebar ke tempat yang lebih luas.
  • Anda bisa menggunakan gel silika yaitu dengan menghancurkannya menjadi bubuk kemudian taburkan di tempat yang sekiranya menjadi tempat kesukaan kutu busuk, misalnya sudut kasur, di bawah bantal atau di bawah kasur. Gel silika bisa menempel pada kutu busuk, kemudian kutu busuk tidak bisa melepaskan diri dari silika gel setelah itu kutu busuk akan mengalami dehidrasi sebelum akhirnya mati. Namun pastikan supaya anda tidak menghirup silika gel.
  • Alternatif lain anda bisa menggunakan tanah diatom untuk membasmi kutu busuk dimana tanah diatom ini memiliki efek yang hampir sama dengan silika gel, lebih aman dan tidak berbahaya sehingga aman jika terpapar oleh anak kecil dan hewan peliharaan. tanah diatomTaburkan tanah diatom pada sepanjang tepi kasur, di bawah kasur, sepanjang sudut dinding, dimana nantinya butiran yang tajam ini bisa menusuk kutu busuk.
  • Jika anda memiliki hewan peliharaan kucing maka ganti tempat kotorannya setiap lima hari sekali dimana hal ini akan membuat telur kutu busuk yang ada di dalamnya akan mengalami dehidrasi. Dan lakukan langkah ini selama sekitar 1 bulan.
  • Anda bisa menggunakan minyak tea tree untuk membersihkan rumah anda dari ancaman kutu busuk caranya dengan meneteskan beberapa tetes minyak tea tree pada perlengkapan tidur dan pakaian. minyak tea treeBersihkan seluruh bagian rumah anda termasuk dengan sudut-sudut dari sarang kutu busuk. Formula yang disarankan adalah 2 gelas (sekitar 540 ml) dengan 18 tetes minyak tea tree, kemudian gunakan ramuan ini untuk membersihkan rumah dari kutu busuk. Untuk mendapatkan efek yang lebih baik anda bisa menambahkannya dengan larutan isopropil alkohol untuk membunuh kutu busuk sekaligus telurnya dengan cepat.