Cara Membersihkan Asap Rokok Dalam Paru-paru

bahan kimia dalam rokok

bahan kimia dalam rokok

Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa asap rokok lebih aman jika dibandingkan dengan asap atau polusi udara. Nyatanya, polusi udara tidak sepenuhnya mampu memasuki paru-paru anda. Sedangkan asap rokok mampu memasuki paru-paru anda secara langsung.

Dalam asap rokok terkandung 4000 bahan kimia serta gas yang semuanya bersifat akrsinogenik. Berbagai bahan kimia tersebut, meliputi nikotin, arsenic, tar, aceton, cadmium serta natilamin. Berbagai unsur beracun dalam asap rokok memiliki sifat genotoxic yang mampu menyebabkan kerusakan pada sel DNA yang nantinya akan menyebabkan terjadinya mutasi sel yang tak terkendali atau biasa disebut kanker.

Bagi anda yang mungkin seorang perokok aktif atau anda berada di dalam sebuah lingkungan yang berdekatan dengan perokok aktif, maka anda perlu melakukan beberapa cara seperti dibawah ini untuk membersihkan asap rokok dalam paru-paru anda.

Cara-cara di bawah ini paling tidak dapat mengurangi bahaya dari asap rokok terhadap tubuh anda, khususnya bagi paru-paru anda.

  • Omega 3

Pemberian makanan maupun suplemen yang kaya akan kandungan omega 3 mampu mengurangi bahaya dari asap rokok maupun penyakit lain yang dapat menyerang paru-paru. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa pemberian makanan yang kaya akan omega 3 pada orang-orang yang mengidap gangguan paru-paru kronis mampu memperbaiki fungsi dari paru-paru, bahkan mampu mengurangi produksi lendir berlebihan pada organ paru-paru.

  • Kedelai
kacang kedelai

kacang kedelai

Kedelai termasuk kacang-kacangan yang mampu memperbaiki fungsi organ paru-paru serta mampu mengurangi gejala sesak napas kronis. Kedelai kaya akan flavonoid yang dapat bertindak sebagai agen antiinflamasi pada organ paru-paru serta mampu melindungi paru-paru dari bahaya tembakau yang dapat menyebabkan kanker bagi para perokok.

Selain baik untuk melindungi maupun membersihkan organ paru-paru, kedelai juga mampu menurunkan kolesterol serta mengurangi gejala menopause.

  • Transplantasi

Para peneliti dari McEwen Centre for Regenerative Medicine untuk pertama kalinya berhasil menggunakan terapi gen untuk memperbaiki paru-paru yang sudah rusak sehingga metode ini dapat digunakan untuk transplantasi pada orang-orang yang membutuhkan.

Paru-paru yang didapatkan dari donor paru-paru disimpan dalam kondisi yang sesuai dengan suhu tubuh normal, yaitu dengan cara menempatkannya dalam sebuah kubah. Lalu paru-paru tersebut dipompa dengan cairan yang berisi oksigen, protein serta nutrisi yang tepat. Cara seperti ini dikatakan dapat membuat sel dari paru-paru yang telah rusak memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri sehingga terciptalah paru-paru yang bagus. Setelah semua proses selesai lalu dimasukkan juga gen IL-10 yang dapat menghalangi respon imunitas tubuh terhadap infeksi sehingga organ paru-paru yang baru saja ditransplantasi tidak mengalami kerusakan.

  • Menghentikan kebiasaan merokok

Bagi para perokok aktif, usaha untuk menghentikan kebiasaan merokok merupakan suatu usaha yang sangat sulit. Mengurangi kebiasaan merokok atau mengambil waktu jeda yang lama untuk merokok dapat dilakukan untuk membersihkan atau setidaknya mengurangi asap rokok dalam paru-paru.

Tubuh kita mampu memperbaiki systemnya sendiri ketika seseorang mulai berhenti merokok selama 12 jam. Memang, perasaan kita akan berubah dan menjadi tidak karuan pada awalnya. Namun justru pada saat itulah terjadi proses penyembuhan dari kerusakan yang disebabkan oleh asap rokok.

Berbagai kandungan yang berbahaya dalam rokok akan hilang sama sekali dalam waktu 2 sampai 3 hari setelah kita berhenti merokok. Pada saat seperti ini akan timbul perasaan tidak tenang serta emosi yang tidak stabil. Rasa seperti lapar dan lelah menjadi semakin cepat terasa. Gejala seperti ini menunjukkan bahwa tubuh kita sedang membersihkan sisa-sisa nikotin dalam tubuh dna paru-paru.

Ada gejala-gejala yang tidak menyenangkan, seperti depresi, sakit kepala, serta frustasi di awal proses penyembuhan. Namun anda akan segera terbebas dari resiko kanker, penyakit jantung, kemandulan serta kerusakan organ paru-paru.

  • Konsumsi antioksidan

Berbagai jenis buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan dapat membantu dalam proses memperbaiki serta mampu melindungi organ paru-paru anda. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan, bahwa fungsi paru-paru seseorang yang mengkonsumsi 5 buah apel dalam seminggu lebih baik jika dibandingkan dengan fungsi paru-paru dari seseorang yang tidak pernah mengkonsumsi apel.

Senyawa antioksidan yaitu isothiocyanate yang banyak terdapat di dalam sayutan, seperti tauge, brokoli serta kembang kol telah terbukti mampu menurunkan resiko kanker paru-paru. Sayuran lain seperti kubis dan kol juga mampu melindungi paru-paru.

Jenis makanan lainnya, seperti labu, beet, apricot, kacang-kacangan, wortel, ketela, biji wijen serta jeruk juga mampu menjaga kesehatan organ paru-paru.

  • Tingkatkan kapasitas paru-paru
olahraga lari

olahraga lari

Dapat dikatakan bahwa hidup kita bergantung pada kapasitas dari paru-paru kita. Bila paru-paru kita tidak mampu bekerja dengan optimal untuk menyuplai oksigen ke seluruh tubuh, maka berbagai proses metabolism dalam tubuh kita akan menjadi kacau.

Salah satu cara yang baik adalah meningkatkan kapasitas paru-paru. Anda bisa melakukan olahraga seperti lari serta berenang, maupun memainkan alat music tiup, seperti terompet maupun saksofon. Lakukanlah cara-cara seperti ini selama 10 sampai 15 menit setiap hari.

Anda juga bisa melakukan latihan pernapasan yaitu dengan cara menarik napas panjang lalu ditahan selama 2 sampai 3 detik lalu keluarkan. Lakukan cara seperti ini secara rutin untuk melatih paru-paru anda.

  • Mengurangi lendir dalam tubuh

Lendir berlebihan merupakan penyebab dari batuk kronis. Dalam ilmu pengobatan China, kelemahan pada diet serta system pencernaan dianggap sebagai penyebab dari  munculnya lendir yang nantinya terakumulasi dalam paru-paru.

Mengurangi lendir berlebihan dalam tubuh mampu meredakan batuk. Anda bisa mengurangi produksi lendir dengan cara mengurangi konsumsi makanan maupun minuman yang dapat menyebabkan munculnya lendir, seperti produk olahan susu, makanan dingin, makanan olahan, makanan manis serta minuman ringan.

  • Akupuntur

Dalam ilmu pengobatan ala China, akupuntur dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pada paru-paru. Anda bisa melakukannya sendiri dengan cara menekan titik akupuntur yang tepat untuk mengurangi masalah pada organ paru-paru.

  • Perbanyak minum air

Minum air putih setiap hari mampu mengeluarkan racun bahkan mampu mengeluarkan nikotin dalam telah terakumulasi dalam paru-paru anda.