Cara Mencegah Dan Mengatasi Perut Kembung

perut kembung

perut kembung

Masalah pada bagian perut seperti perut kembung, tidak hanya disebabkan oleh masuk angin. Beberapa jenis makanan tertentu juga dapat menimbulkan gas di dalam lambung walaupun anda bukanlah orang yang mengidap penyakit maag. Peningkatan gas dalam saluran pencernaan akan terjadi bila ada peningkatan asupan garam maupun gas.

Sensasi rasa perut kembung dalam ilmu kedokteran disebut abdominal distention. Orang-orang yang mengalami perut kembung akan merasakan adanya tekanan pada perut bagian bawah maupun perut bagian atas.

Penyebabnya bisa jadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam. Namun, terkadang perut kembung juga bisa disebabkan oleh makanan yang masih bertahan dalam lambung atau dengan kata lain tidak dapat dicerna dengan baik.

Untuk menghindari perut kembung, para ahli kesehatan menyarankan untuk mengimbangi asupan garam dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan potasium. Makanan yang kaya akan potasium, adalah pisang, tomat, asparagus serta sitrus.

Selain itu, usahakan untuk makan secara perlahan agar tidak ada udara yang ikut masuk ke dalam perut. Berhenti merokok juga dapat mengurangi masalah perut kembung. Sebab saat anda merokok maka udara akan ikut masuk ke dalam perut.

Masalah seperti perut kembung sering dihubungkan dengan konsumsi makanan yang dapat membentuk gas dengan cepat, sehingga membuat lambung terasa penuh dengan gas. Namun, selain daripada itu ada juga beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan munculnya perut kembung.

Beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan perut kembung, meliputi:

  • Mengunyah permen
permen

permen

Kebiasaan mengunyah permen atau makanan lain yang mengandung pemanis buatan seperti sorbitol maupun aspartam akan sulit sekali untuk dicerna oleh lambung sehingga memicu perut kembung. Hal tersebut diungkapkan oleh Christine Gerbstadt  juru bicara dari Academy of Nutrition and Diatetics

  • Makan telalu cepat

Bila kita makan terlalu cepat atau terburu-buru, maka kita akan menelan banyak udara yang nantinya akan menyebabkan munculnya gas dalam lambung. Maka dari itu, makanlah secara pelan-pelan dan kunyah makanan perlahan-lahan dengan mulut tertutup. Selain itu usahakan untuk minum langsung dari gelas jangan dari sedotan. Dan hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat setelah makan.

  • Makan sayuran mentah

Beberapa jenis sayuran terlabih yang masih mentah akan sulit sekali untuk dicerna oleh tubuh kita sehingga muncullah perut kembung. Selain itu, beberapa jenis sayuran juga ada yang mengandung gas. Sebaiknya masaklah sayuran terlebih dahulu sebelum dikonsumsi sehingga anda terhindar dari perut kembung.

  • Stres

Hormon stres juga ikut berpengaruh buruk dalam tubuh kita. Hormon stres dapat mempercept semua sistem dalam tubuh termasuk memercepat sistem pencernaan. Maka dari itu lambung akan memproduksi lebih banyak gas yang menyebabkan munculnya perut kembung.

Beberapa jenis makanan tertentu dapat menyebab gas yang berlebihan yang nantinya menyebabkan perut kembung sehingga kita sering buang gas. Ada beberapa cara untuk menghindari terjadinya perut kembung, meliputi: 

  • Kurangi makanan yang dapat memproduksi gas secara berlebihan, seperti brokoli, kacang-kacangan, kembang kol, susu serta telur.
  • Hindari makan terlalu cepat. Jangan biasakan untuk bicara sambil makan.
  • Suhu udara yang berubah di perut secara mendadak akan memicu produksi gas dalam perut. Contohnya: anda minum minuman dingin setelah minum minuman panas dalam entang waktu yang terlalu singkat.
  • Makan secukupnya. Makan dalam jumlah besar akan membuat perut terasa begah atau terasa penuh dan sesak. Cobalah untuk makan 6 kali dalam porsi kecil.
  • Minum minuman yang mengandung probiotik yang nantinya dapat memperbaiki proses pencernaan dalam usus.
  • Minumlah minuman yang mengandung jahe, peppermint atau chamomile untuk mengatasi perut kembung.

Setiap orang pasti pernah merasakan perut kembung dan perut terasa tidak enak. Namun anda tidak perlu khawatir lagi sekarang, sebab ada beberapa jenis makanan yang dapat meredakan perut kembang dan sangat mudah sekali untuk didapat.

Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat kita konsumsi untuk mengatasi masalah perut kembung, seperti:

  • Pisang
pisang

pisang

Seperti yang kita ketahui bersama, pisang kaya akan potasium. Potasium dalam pisang memiliki kemampuan untuk menyerap air yang berlebihan dalam tubuh yang diikat oleh garam. Anda bisa meredakan perut kembung dengan cara mengkonsumsi 1 sampai 2 buah pisang.

  • Yoghurt

Yoghurt kaya akan probiotik yang bakteri-bakteri yang baik bagi sistem pencernaan kita. Yoghurt dapat membantu kita untuk melawan bakteri jahat yang masih tertinggal dalam sistem pencernaan. Perut anda yang semula terasa kembung akan membaik setelah mengkonsumsi yoghurt.

  • Teh herbal

Teh herbal memiliki kemampuan untuk mengurangi inflamasi serta dapat menenangkan sistem pencernaan yang mengalami gangguan. Dengan cara meminum segels teh herbal yang hangat maka masalah seperti perut kembung akan mereda.

  • Mentimun

Mentimun memiliki efek sebagai diuretik alami yang nantinya akan memperlancar keluarnya air seni. Mentimun mengandung banyak air yang nantnya akan memperlancar buang air serta dapat peredakan rasa nyeri karena kembung pada perut.