Cara Mencegah Dan Mengobati Masuk Angin

Di artikel yang sebelumnya kita telah membahas “Mengenal Penyakit Masuk Angin”, sedangkan pada artikel kali ini kita akan membahas Cara Mencegah Dan Mengobati Masuk Angin.

Pada dasarnya penyakit masuk angin bisa reda atau hilang sendiri tapi ada kalanya jika tidak segera hilang si penderita akan merasa terganggu dan akibatnya aktivitas keseharian akan menjadi terganggu.

Sayang sekali jika pada akhirnya jadwal pekerjaan menjadi terganggu karena tubuh anda sedang tidak fit karena masuk angin.

 

 

Mengobati Masuk Angin

Berikut ini adalah cara mengatasi masuk angin diantaranya :

  • Minum Jahe Hangat Atau Teh Hangat

Selain bisa mengurangi rasa mual pada wanita yang sedang mengandung, jahe juga bisa membantu meredakan masuk angin.

Minuman yang hangat seperti teh hangat bisa membantu menghilangkan asam laktat dalam tubuh dan memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar kembali.

Bila anda tidak kuat dengan rasa pedas dari jahe maka anda bisa mengatasinya dengan memberi sedikit perasan jeruk nipis dan sedikit gula batu.

 

  • Minum Teh Peppermint

Pada saat terkena penyakit masuk angin biasanya penderita akan mengalami batuk dan tenggorokan terasa nyeri.

Kandungan peppermint pada minuman teh bermanfaat untuk ekspektoran, dekongestan dan antivirus untuk mengatasi masalah tersebut.

 

  • Makan Sup Hangat

Makan sup hangat di kala tubuh mengalami masuk angin sangat bermanfaat karena sup ayam memiliki anti radang yang bisa mengurangi gejala masuk angin.

 

  • Digosok dengan Minyak Urut atau Kerokan

mencegah masuk angin

Kerokan diyakini bisa mengurangi efek masuk angin karena pada saat tubuh diurut maka akan menghasilkan zat thiamin (zat yang meredakan nyeri).

 

  • Konsumsi Bawang Putih

Kandungan zat alicin pada bawang putih diyakini bermanfaat sebagai anti jamur dan anti bakteri.

Gerus bawang putih kemudian makan mentah-mentah, namun bila anda merasa tidak tahan dengan rasanya maka anda bisa mengonsumsi makanan yang terdapat bahan bawang putih.

 

jus jeruk

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah jeruk berfungsi sebagai antioksidan dan bisa mengganti sel tubuh yang mengalami kerusakan.

 

  • Minum Air Rebusan Daun Pepaya

Daun pepaya bisa anda gunakan untuk mengatasi masuk angin, caranya adalah dengan merebus beberapa helai daun pepaya, saring kemudian minum dalam kondisi masih hangat.

Jika selama melakukan pengobatan ini anda mengalami sendawa, kentut atau flatus dan dalam kondisi tertentu mungkin mengalami muntah maka itu menandakan bahwa kondisi anda mulai membaik.

Namun jika tubuh anda masih mengalami gejala masuk angin yang disertai dengan nyeri pada dada sebelah kiri yang tembus hingga belakang punggung yang merambat ke lengan kiri dan keluar keringat dingin pada sekujur badan maka anda harus waspada dan sebisa mungkin memeriksakan diri ke dokter terdekat karena kemungkinan anda terkena gejala penyakit jantung.

 

Mencegah Masuk Angin

Berikut ini adalah cara mencegah masuk angin diantaranya :

  • Sediakan Perlengkapan Yang Cukup

Sediakan perlengkapan yang cukup terutama pada saat perubahan musim atau pada masa musim hujan.

Kenakan perlengkapan yang nyaman seperti jaket, kaos tangan, kaos kaki untuk melindungi tubuh dari dingin.

Anda juga bisa menyediakan fress care, minyak kayu putih dan lain-lain untuk berjaga-jaga bila angin masuk ke dalam tubuh maka anda bisa menggunakan berbagai obat luar tersebut.

 

  • Pola Makan Yang Baik Dan Teratur

Bila perut anda kosong maka anda akan mudah terkena penyakit, salah satunya adalah masuk angin.

Dengan jam makan yang teratur disertai dengan menu makanan 4 sehat 5 sempurna maka anda sudah mencegah penyakit datang termasuk masuk angin.

 

  • Kurangi Perjalanan jauh

Perjalanan yang jauh membutuhkan stamina dan fisik yang kuat karena sepanjang perjalanan stamina dan fisik anda akan terkuras.

Pada saat stamina anda terkuras maka anda akan mudah terserang penyakit termasuk masuk angin.

Maka dari itu kurangi perjalanan jauh yang tidak terlalu penting untuk mencegah tubuh terkena masuk angin.

 

  • Istirahat Yang Cukup
tidur

tidur

Dengan istirahat yang cukup maka tubuh anda akan menjadi normal kembali meskipun sebelumnya mengalami sakit atau kecapekan.

Bila tubuh anda sembuh setelah terkena penyakit maka tubuh anda akan menjadi lebih kebal terhadap penyakit tersebut.

 

  • Rutin Berolahraga

Untuk mencegah masuk angin anda bisa melakukan olahraga yang ringan secara rutin seperti lari pagi, jalan santai ataupun futsal.

Lakukan olahraga secara rutin selama minimal 15 menit per hari maka anda akan terhindar dari resiko ancaman masuk angin.

 

    • Minum Nectura Juice
nectura juice

nectura juice

Nectura Juice adalah makanan suplemen multi-fungsi berupa minuman yang dikemas dalam botol.

Nectura Juice merupakan multi-fungsional makanan dengan anti-oksidan tertinggi mengandung (orac) peringkat nomor satu di dunia.

Kandungan antioksidan dalam Nectura Juice mampu menjaga dan melindungi tubuh dari berbagai ancaman serangan penyakit termasuk masuk angin.

Rasanya segar dan enak, bisa dikonsumsi oleh segala kalangan mulai dari anak-anak hingga lanjut usia.

Dengan mengonsumsi Nectura Juice maka sama halnya anda menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

 

Ada baiknya bila anda waspada terhadap ancaman serangan penyakit namun apabila tubuh sudah terlanjur terkena penyakit maka ada baiknya jika anda segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.

 

Semoga Cara Mencegah Dan Mengobati Masuk Angin di atas bermanfat bagi kita semua.