Cara Mencegah Penyakit Cacingan

Pada dasarnya penyakit cacingan bisa menyebar dengan mudah dalam suatu lingkungan masyarakat.
Sedangkan anak-anak yang masih menginjak bangku sekolah memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena penyakit cacingan jika dibandingkan dengan orang dewasa.
Maka dari itu kita semua wajib untuk menjaga kebersihan untuk mencegah resiko terkena penyakit cacingan.
Namun itu saja tidak cukup untuk mencegah berbagai kemungkinan resiko penyakit cacingan.

Lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk mencegah penyakit cacingan ?
Cara Mencegah Penyakit Cacingan
Berikut ini adalah Cara Mencegah Penyakit Cacingan yang bisa anda lakukan, diantaranya :
  • Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Salah satu hal yang paling penting yang harus anda utamakan untuk mencegah penyakit cacingan adalah faktor kebersihan.
Hal ini wajib anda kedepankan karena dengan telur cacing yang mudah menyebar maka sudah pasti jika telur cacing bisa ditemukan hampir di semua tempat.
Tentunya upaya menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri wajib anda lakukan tidak peduli apakah anda sudah terinfeksi cacing atau belum.
Ada banyak langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan, diantaranya :
  1. Biasakan untuk sesering mungkin menjaga kebersihan tangan dan kaki, terutama jika anda berada di luar rumah dan melakukan kontak atau bersentuhan dengan fasilitas umum yang rentan terkontaminasi telur cacing. menggigit kuku
  2. Wajib hukumnya untuk mandi setiap hari serta mengganti pakaian setelah mandi sebagai upaya untuk membersihkan tubuh dari berbagai kotoran termasuk telur cacing yang menempel.
  3. Hindari untuk memiliki kuku yang panjang karena tempat ini merupakan salah satu tempat yang paling sering dihingapi oleh telur cacing.
  4. Organ vital juga salah satu bagian tubuh yang sering dihinggapi telur cacing, maka dari itu biasakanlah untuk sering membersihkan bagian tubuh ini.
  5. Jangan dibiasakan untuk menggigit kuku karena dengan melakukan kebiasaan ini maka bakteri, kuman, dan telur cacing beresiko tinggi untuk masuk ke dalam mulut.
  6. Biasakan untuk mencuci tangan setelah melakukan aktivitas terutama jika dilakukan di luar rumah yang membuat tangan anda bersentuhan langsung dengan tanah.
  7. Jaga kebersihan tempat tidur anda, hal ini termasuk dengan bantal, penutup bantal dan seprai.
  • Pilih Nutrisi Makanan yang Tepat
Dengan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran maka hal ini akan membuat tubuh anda tidak mudah terinfeksi oleh cacing.
Jenis bahan makanan alami yang mengandung serat yang baik untuk tubuh misalnya sayur sawi, bayam, brokoli, buah pisang, apel, jeruk, terong, dan sebagainya.
Yang harus anda ketahui adalah cacing sangat menyukai lingkungan pencernaan yang banyak terdapat unsur gula dan karbohidrat.
Tidak ada salahnya untuk mencegah kemungkinan terinfeksi cacing dengan cara minum probiotik yang fungsi utamanya adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan.
  • Tambahkan Bawang Putih untuk Bumbu 

    bawang putih cincang

    bawang putih cincang

Jenis makanan yang mengandung bahan bawang putih disarankan untuk dikonsumsi karena bawang putih bisa membunuh semua cacing yang ada di saluran pencernaan.
Bukan hanya itu karena bahan kimia serta aroma dari bawang putih dikenal sangat ditakuti oleh cacing.
Maka dari itu jika misalnya anak anda cukup sulit atau memberontak ketika diberi obat cacing, maka berikan saja makanan yang terdapat bahan bawang putih karena anak-anak tidak akan menyadarinya.
  • Makan Kelapa
Mitos yang beredar di masyarakat adalah jika anda mengonsumsi kelapa maka cacing akan mudah untuk tumbuh dan berkembang di dalam tubuh.
Mitos ini ternyata salah, dan ternyata kelapa justru bisa menjadikan tubuh anda bersih dari cacing.
Hanya cukup dengan mengonsumsi sedikit daging kelapa saja maka hal ini bisa membuat cacing yang ada di dalam tubuh keluar melalui kotoran ketika BAB.
Tentunya selain orang dewasa hal ini juga bisa dilakukan oleh anak kecil, yaitu membersihkan parasit dan cacing yang ada di saluran pencernaan dengan mengonsumsi daging kelapa.
 
  • Makan Wortel Mentah makan wortel mentah
Sama halnya dengan kelapa, anda juga bisa mencegah cacingan dengan mengonsumsi wortel mentah.
Untuk mengurangi rasanya yang terlalu pahit maka anda bisa menambahkannya dengan madu atau mungkin mengombinasikannya dengan jenis sayuran lain.
Karena anak-anak cenderung tidak menyukai wortel maka anda bisa mengatasinya dengan membuatkannya jus wortel.
Disarankan untuk mengonsumsi 1 batang wortel dalam satu minggu untuk mencegah resiko penyakit cacingan ataupun untuk mengatasi penyakit cacingan.
.
  • Cuka
Anda bisa mencegah penyakit cacing dengan mengonsumsi acar yang telah diberi cuka ataupun buah yang telah diberi cuka.
Hal ini bisa terjadi karena bagi cacing yang ada di dalam tubuh, cuka merupakan racun yang bisa membunuh mereka
Meski demikian pastikan bahwa anda menggunakan jenis cuka yang memang layak dan baik untuk dikonsumsi secara langsung.
Jenis cuka yang terbuat dari buah yang biasanya dijual dalam bentuk produk yang dijual bebas di pasaran adalah cuka apel.
Cuka yang anda konsumsi bisa membuat cacing yang ada di dalam tubuh merasa tidak nyaman lalu perlahan-lahan mati lalu keluar dari tubuh melalui kotoran ketika BAB.
  • Obat Cacing
Anak-anak yang mengalami cacingan biasanya akan merasa tidak nyaman dan merasa benar-benar terganggu.
Anak-anak yang telah terinfeksi cacing jika dibiarkan maka seluruh keluarga akan beresiko tinggi untuk terkena infeksi cacing yang sama.
Bilamana gejala penyakit cacing sudah terlihat maka anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat cacing yang tentunya sesuai dengan petunjuk dokter.
Pada umumnya ketika anak mengonsumsi obat cacing maka akan segera terlihat reaksi yang menunjukkan bahwa anak merasa tidak nyaman.
Namun anda masih harus tetap memberikan obat cacing untuk mencegah terjadinya resiko infeksi penyakit yang sama di kemudian hari.
Disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter tentang jenis obat cacing yang cocok.
Pada dasarnya penyakit cacingan terlihat seperti jenis penyakit yang ringan dan tidak berbahaya, padahal jenis penyakit ini bisa dengan mudah menyebar dan bisa menjadi penyakit yang cukup berbahaya.
Bahkan bilamana ada salah satu anggota keluarga anda yang terinfeksi penyakit cacingan, maka anggota keluarga yang lain beresiko tinggi untuk terkena penyakit yang sama. 
Menjaga kebersihan tubuh merupakan kunci utama dari salah satu upaya mencegah penyakit cacing, selain itu anda juga harus rutin menjaga kebersihan pakaian, kamar mandi, tempat tidur dan sebagainya.