Cara Mencegah Pingsan

Pingsan merupakan kondisi dimana penderita sedang dalam keadaan hilang kesadaran seketika dan tentu saja jika penderita terjatuh akibat pingsan maka beresiko untuk mengalami masalah lain seperti patah tulang atau cedera.

Dengan demikian jika anda mulai merasa pusing maka anda harus ekstra waspada dan bisa melakukan upaya pencegahan karena bisa saja anda beresiko untuk mengalami pingsan.

Pingsan biasanya disebabkan oleh tekanan darah yang berkurang dalam waktu yang singkat namun akan segera pulih dalam waktu yang singkat pula.

Rasa ingin pingsan biasanya ditandai dengan gejala kepala terasa pening, wajah terlihat pucat, tubuh terasa ringan  dan pandangan mata mulai terasa semakin gelap atau berkunang-kunang.

Ada berbagai penyebab yang bisa menimbulkan perasaan ingin pingsan misalnya bangun terlalu cepat, terlalu banyak minum minuman yang mengandung alkohol dan memiliki kadar gula yang rendah.

Rasa ingin pingsan juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti kondisi hamil, merasa panik atau dalam tekanan dan shock. tips mencegah pingsan

Bisa juga keinginan untuk pingsan disebabkan oleh penggunaan beberapa jenis obat tertentu atau penderita memiliki penyakit tertentu.

Untuk menentukan seseorang apakah dirinya mudah pingsan maka biasanya dokter akan melakukan diagnosis dengan menyarankan dilakukan pemeriksaan yang dikenal dengan istilah “tik test”.

Diagnosis ini dilakukan dengan menggunakan meja yang bisa dibuat vertikan atau horizontal kemudian bisa dilihat reaksi pasien terhadap perubahan posisinya.

Hasil tes pemeriksaan bisa digunakan sebagai acuan bagi pasien untuk melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut.

Kemudian langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk mencegah pingsan.

Ketika gejala pingsan masih terasa ringan misalnya seperti jantung terasa berdebar-debar maka anda bisa mencoba untuk menggerak-gerakkan tungkai atau bisa juga dengan batuk kecil.

Ada kalanya kedua cara tersebut bisa mengalihkan perhatian dan bisa membantu mencegah terjadinya pingsan.

Jika anda berada di dalam barisan upacara maka anda bisa memperhatikan peserta lain yang ada di dalam barisan.

Bisa juga dengan mengenang kejadian manis yang pernah terjadi di dalam hidup anda.

Kalau cara-cara tersebut masih belum manjur maka anda bisa menyanyikan lagu kesukaan anda atau lagu lain yang bisa membangkitkan semangat dengan cara menggumam.

Anda juga bisa mencegah keinginan untuk pingsan dengan melakukan gerakan pernapasan seperti “Satria Nusantara”.

Contoh gerakannya yaitu dengan melakukan gerakan menarik nafas dalam-dalam lalu tekan selama beberapa detik menuju arah bawah pusar kemudian lepaskan dengan pelan dan anda bisa melakukan gerakan ini secara berulang-ulang. gerakan nafas satria nusantara

Namun jika tanda-tanda ingin pingsan masih tidak berkurang juga apalagi jika kepala mulai terasa ringan dan mulai keluar keringat dingin maka sebaiknya segera pindah untuk cari tempat duduk atau cari tempat berbaring supaya menempatkan tungkai pada posisi yang lebih tinggi dari kepala.

Bila anda sudah melakulan langkah-langkah tersebut maka biasanya tubuh anda akan langsung pulih, sehat dan terasa nyaman kembali.

Akan lebih baik lagi jika dalam kondisi dan waktu tersebut anda minum minuman yang segar.

Anda bisa memperkuat otot-otot tungkai dengan melakukan olahraga yang ringan seperti bersepeda, berenang dan joging untuk mencegah sering pingsan.

Bilamana rasa ingin pingsan muncul pada beberapa jam setelah anda makan maka anda bisa menahan rasa ingin pingsan dengan makan atau minum yang manis namun alami.

Jenis minuman yang bisa memperparah kondisi ingin pingsan diantaranya alkohol, soda, kopi dan teh.

Selain itu kebiasaan merokok juga bisa menambah rasa ingin pingsan.

Jangan memaksakan diri untuk mengendarai kendaraan bermotor atau menyalakan mesin sebelum anda benar-benar pulih. Cara Menangani Korban Pingsan

Ada kalanya penggunaan jenis obat-obatan tertentu seperti obat penenang atau obat tekanan darah tinggi bisa meningkatkan resiko ingin pingsan dan jika ini terjadi pada anda maka anda bisa menghubungi dokter terdekat.

Berikut ini merupakan Tips mencegah pingsan diantaranya :

  • Duduk kemudian tempatkan kepala anda pada lutut
  • Dalam keadaan berbaring anda bisa mengangkat kaki anda ke atas kursi atau bantal
  • Lakukan gerakan tersebut dengan irama nafas yang pelan dan santai karena nafas yang cepat dan gelisah hanya akan memperparah keadaan
  • Jangan terlalu lama berdiam diri di lingkuangan yang penat dan panas, carilah suasana lingkungan dengan udara yang segar
  • Jika anda duduk atau tiduran jangan bangun dengan mendadak
  • Jaga asupan air minum setidaknya 8 gelas per hari
  • Jaga kadar gula darah dengan jadwal makan yang teratur dan mengonsumsi buah-buahan
  • Usahakan untuk tidak sering BAB di toilet karena bisa menyebabkan tekanan darah mengalami drop
  • Jika anda dalam kondisi hamil maka disarankan untuk tidak berdiri dalam waktu yang lama atau berbaring datar
  • Manfaatkan gravitasi bumi untuk membantu jantung memompa darah menuju ke tubuh dan kepala dengan cara duduk kemudian tundukkan kepala dengan posisi yang rendah
  • Ketika tekanan darah menurun maka pasokan distribusi oksigen dari darah akan berkurang sehingga akan menambah resiko ingin pingsan. Untuk mengatasi hal inu anda bisa mengipasi tubuh anda atau keluar mencari udara segar
  • Karena sebagian besar dari kasus pingsan disebabkan oleh dehidrasi maka pastikan supaya tubuh anda tidak kekurangan asupan air
  • Anda bisa menambahkan aroma wangi-wangian seperti minyak kayu putih pada minuman anda untuk mencegah datangnya rasa ingin pingsan
  • Pada umumnya pingsan merupakan kondisi yang umum dan tidak terlalu berbahaya tapi tidak ada salahnya jika anda memeriksakan diri ke dokter terdekat jika sering mengalami pingsan karena bisa jadi kondisi tersebut merupakan gejala dari penyakit lain yang lebih serius seperti anemia, diabetes dan gangguan jantung.