Cara Mengatasi Cacingan

Penyakit cacingan atau yang dikenal dengan istilah Ascariasis yaitu kondisi dimana ada cacing yang bersarang di dalam tubuh manusia hingga menjadi infeksi parasit.
 
Tentu saja ada berbagai jenis cacing yang bisa menginfeksi tubuh manusia sehingga dengan demikian ada berbagai gejala yang berbeda pula berdasarkan jenis dari cacing tersebut.
 
Tentunya kesadaran mengenai kebersihan memiliki andil yang sangat penting untuk mengurangi kasus infeksi penyakit cacingan ini.

 
Akan tetapi sayangnya penyakit cacingan masih menjadi masalah kesehatan yang sering terjadi terutama pada daerah-daerah pelosok di Indonesia.
 
Cacing yang ada di dalam tubuh manusia bisa mengambil darah dan nutrisi penderita sehingga wajar saja jika kemudian penderita mengalami penurunan kondisi kesehatan.
 
Gejala yang sering terlihat akibat penyakit cacingan biasanya adalah anemia (kurang darah) dan kekurangan nutrisi.
 
Tentu saja jika penyakit cacingan dialami oleh anak-anak maka penyakit ini bisa jadi akan mengganggu proses pertumbuhan dari anak tersebut, apalagi jika cacing berkembang biak menjadi banyak.
 
Tapi tenang saja karena anda bisa mengatasi masalah penyakit cacingan tersebut dengan menggunakan bahan alami, yang tentunya tidak memiliki efek samping yang membahaykan kesehatan.
 Cara Mengatasi Cacingan
Berikut ini adalah Cara Mengatasi Cacingan dengan menggunakan bahan alami, yang bisa dibedakan menurut usia penderita penyakit cacingan.
 

Obat cacingan pada anak

  • Tanaman putri malu
Untuk mengatasi penyakit cacingan pada anak-anak anda bisa menggunakan tanaman putri malu yaitu dengan menyiapkan 25 gr tanaman putri malu, kemudian rebus dengan menggunakan tiga gelas air sampai air rebusan menjadi tersisa 1 gelas, setelah itu minum air rebusan tersebut pada malam hari sebelum tidur.
 
  • Akar delima
Anda juga bisa menggunakan akar delima untuk mengatasi penyakit cacingan pada anak yaitu dengan menyiapkan 7 gr akar delima yang telah dicuci bersih dengan menggunakan air bersih yang mengalir.
Setelah itu potong kecil-kecil kemudian rebus dengan air sebanyak 1 gelas dan tunggu selama 15 menit, setelah itu minum air rebusan ini setiap hari satu kali hingga anak benar-benar sembuh.

 

  • Kulit buah mangga kulit buah mangga

Buah mangga dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan memiliki rasa yang manis sekaligus masam, siapa sangka bahwa ternyata kulit mangga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit cacingan.

Kulit buah mangga bersifat antelmintik yang cukup efektif untuk mengatasi larva dan cacing sekaligus membunuh kuman yang ada di dalam saluran pencernaan.

Caranya yaitu siapkan kulit mangga secukupnya kemudian rebus bersama dengan 2 gelas air, setelah itu tunggu selama 15 menit.

Proses perebusan ini dilakukan untuk mengeluarkan zat antelmintik yang ada di dalamnya, dan anda bisa meminumkannya ketika dalam kondisi masih hangat pada anak yang sakit cacingan.

 

  • Biji jeruju biji jeruju

Anda bisa mengatasi penyakit cacingan pada anak dengan menggunakan bahan alami lain yaitu biji jeruju.

Caranya siapkan 5 biji jeruju kemudian tumbuk hingga menjadi halus kemudian seduh dengan menggunakan setengah gelas air panas.

Minumkan air seduhan ini pada anak yang menderita sakit cacingan dan anda bisa melakukan pengobatan ini setiap hari hingga anak benar-benar menjadi sembuh.

 

  • Biji pepaya

Buah pepaya selain bisa dikonsumsi langsung sebagai makanan, juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk menghaluskan kulit wajah.

Selain itu biji pepaya juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah penyakit cacingan pada anak.

Caranya yaitu siapkan beberapa biji pepaya kemudian jemur sampai menjadi kering, setelah itu anda bisa menumbuk biji pepaya yang telah kering tersebut sampai menjadi bubuk.

Anda bisa menyeduh biji pepaya yang telah halus tersebut dengan 1 gelas air hangat yang telah diberi madu murni secukupnya, kemudian minumkan ramuan ini pada anak yang cacingan pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

 

  • Tanaman krokot tanaman krokot

Anda bisa memanfaatkan tanaman krokot untuk mengatasi penyakit cacingan pada anak yaitu dengan cara menyiapkan 1 genggam tanaman krokot, setelah itu cuci dengan menggunakan air bersih.

Rebus dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tersisa setengahnya, kemudian angkat.

Minumkan air rebusan tersebut dalam kondisi hangat pada anak yang memiliki penyakit cacingan pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

 

  • Akar melati dan daun pepaya

Pada anak yang mengalami penyakit cacing kremi anda bisa menggunakan 2 bahan alami untuk mengatasinya.

Caranya yaitu dengan menyiapkan 1 lembar daun pepaya dan 15 gr akar melati yang telah dicuci bersih dengan air yang mengalir.

Setelah itu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa setengahnya, kemudian minumkan ramuan ini pada anak yang terkena cacing kremi dalam kondisi masih hangat pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

 

  • Ketumbar dan bangle tanaman bangle

Anda juga bisa mengatasi penyakit cacingan pada anak dengan menggunakan bumbu dapur seperti ketumbar dan bangle.

Caranya yaitu siapkan lima tangkai daun sirih, 10 gr ketumbar, 25 gr bangle dan 25 gr temu hitam.

Rebus semua bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih kemudian tunggu hingga airnya tersisa sekitar setengahnya.

Kemudian angkat, minumkan ramuan tersebut pada anak yang cacingan secara rutin pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

 

  • Bawang putih dan akar pepaya

Cacingan pada anak yang disebabkan oleh cacing kremi, juga dapat diobati dengan bawang putih. Ambil 25 gram akar pepaya dan 3 siung bawang putih. Rebus kedua bahan ini bersama 600 ml air, tambahkan sedikit gula aren. Biarkan airnya susut 300 ml, kemudian angkat. Minum airnya saat masih hangat, 2 kali dalam sehari.

 

Cara Mengobati Cacingan pada Orang Dewasa

Sedangkan pengobatan berikut bisa diterapkan pada orang dewasa yang mengalami penyakit cacingan.

  • Wortel dan santan

Anda bisa menggunakan wortel untuk mengatasi penyakit cacingan pada orang dewasa, yaitu dengan cara memarut wortel secukupnya kemudian tambahkan sedikit garam dapur dan 1 cangkir santan kelapa.

Anda bisa meminumkan ramuan ini setiap hari secara pada orang dewasa yang terkena penyakit cacingan hingga benar-benar sembuh.

 

  • Petai Cina petai cina

Gejala yang biasa dirasakan ketika mengalami penyakit cacing yang disebabkan oleh cacing pita adalah perut yang terasa sakit dan tidak nyaman.

Untuk mengatasi penyakit tersebut anda hanya cukup mengonsumsi petai cina dalam jumlah yang banyak.

.

  • Bawang putih dan madu

Ada kalanya penyakit cacing tidak akan menunjukkan gejala yang bisa dirasakan langsung dimana hal ini biasanya disebabkan oleh cacing gelang.

Sedangkan jenis cacing seperti Toxocara canis bisa menimbulkan masalah penglihatan bagi penderitanya.

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan cara menyiapkan 7 siung bawang putih, cuci bersih dengan air mengalir setelah itu diparut.

Supaya rasanya tidak terlalu getir anda bisa menambahkannya dengan madu murni lalu diaduk hingga merata, kemudian minum ramuan ini tiga kali dalam sehari secara teratur.