Cara Mengatasi Morning Sickness

Ibu hamil biasanya akan mengalami Morning sickness yang merupakan gejala umum kehamilan dimana Dr. Marjorier Greenfield menyebutkan bahwa pada usia awal kehamilan ada sekitar 50% ibu hamil yang akan mengalami mual sedangkan 70% ibu hamil akan mengalami mual pasca awal masa kehamilan.

Jadi anda tidak perlu merasa cemas jika anda mengalami morning sickness di masa awal kehamilan kecuali jika gejala morning sickness memang benar-benar parah.

Walaupun tidak terlalu mengganggu, namun tetap saja ibu hamil terkadang menjadi merasa tidak nyaman setelah mengalami gejala morning sickness.

cara-mengatasi-morning-sickness

Berikut ini adalah Cara Mengatasi Morning Sickness diantaranya :

  • Makan dengan porsi sedikit

Anda bisa melakukan langkah awal untuk mengatasi gejala morning sickness dengan makan namun dengan porsi sedikit.

Anda membutuhkan banyak nutrisi di masa kehamilan karena kebutuhan nutrisi tersebut bukan hanya untuk kesehatan anda namun juga untuk kesehatan janin dalam kandungan.

Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anda dan janin dalam kandungan dengan mengonsumsi makanan atau minuman.

Namun ibu hamil yang mengalami gejala morning sickness biasanya menjadi tidak nafsu makan padahal kebutuhan gizi dalam tubuh harus tetap terpenuhi.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi anda tidak perlu mengonsumsi makanan dengan porsi banyak, meski makan dengan porsi sedikit dan sering maka kebutuhan gizi anda bisa tetap terpenuhi.

Lagipula bila anda makan dengan porsi yang banyak biasanya akan membuat perut anda terasa penuh dan kenyang dimana kondisi ini bisa memicu rasa mual yang merupakan gejala morning sickness.

Makan dengan porsi sedikit bisa mencegah kenyang dan munculnya rasa mual, namun kebutuhan gizi masih tetap bisa terpenuhi.

 

  • Bangun dan santai di pagi hari bangun-dan-santai-di-pagi-hari

Jangan langsung beranjak dari tempat tidur jika anda bangun tidur di pagi hari, namun santailah sejenak dengan berbaring di tempat tidur lalu duduk dan bangun.

Disarankan untuk makan biskuit terlebih dahulu setelah bangun tidur untuk mencegah timbulnya rasa mual di pagi hari.

Namun tidak semua ibu hamil bisa makan di pagi hari, jika kondisi anda seperti ini maka anda cukup istirahat dan santai sejenak di atas tempat tidur sebelum beranjak bangun dari tempat tidur.

 

  • Hindari makanan yang berlemak dan pedas

Hindari makanan yang berlemak dan pedas di masa kehamilan karena kedua jenis makanan ini bisa memicu rasa mual pada ibu hamil.

Meskipun di siang hari anda sudah merasa tidak mual lagi namun makanan yang pedas dan berlemak memang tidak disarankan untuk ibu hamil dengan alasan selain bisa memperparah gejala morning sickness kedua jenis makanan ini juga bisa mengganggu kesehatan janin dalam kandungan.

 

  • Minum vitamin B6 dan vitamin zinc

Anda bisa mengonsumsi pil vitamin B6 dan vitamin zinc untuk mencegah rasa mual pada masa kehamilan yang disebabkan oleh morning sickness.

Untuk lebih jelasnya anda bisa bertanya ke dokter atau rumah sakit terdekat mengenai resep vitamin yang tepat untuk menjaga kondisi kehamilan anda.

 

  • Relaksasi dengan mendengarkan musik yang menenangkan relaksasi-dengan-mendengarkan-musik-yang-menenangkan

Pikiran yang tenang bisa mencegah timbulnya rasa mual dan anda bisa mendengarkan musik yang bersifat menenangkan untuk menenangkan pikiran anda.

Stres, rasa cemas dan tekanan batin bisa memicu rasa mual dan untuk menghilangkan itu semua anda bisa mencoba mendengarkan musik-musik kesayangan anda, atau mungkin anda juga bisa mendengarkan musik sambil bernostalgia mengenang masa-masa indah.

Organ telinga, mata dan perut bisa terkoneksi satu sama lain, contohnya adalah dimana pada saat anda mendengar kabar buruk atau melihat sesuatu yang menjijikkan maka perut anda akan ikut menjadi mulas.

Banyak pilihan warna musik yang bisa anda pilih untuk menenangkan hati dan pikiran anda misalnya musik jazz, musik klasik, atau musik pop.

 

  • Akupuntur

Kondisi mual setelah mengalami gejala morning sickness bisa diatasi dengan melakukan hal yang bisa membuat anda menjadi nyaman misalnya dengan melakukan akupuntur.

Akupuntur adalah pengobatan yang berasal dari Asia Timur dimana metode pengobatan ini menggunakan jarum khusus yang ditusukkan ke beberapa titik tubuh.

Di jaman yang modern seperti sekarang ada banyak rumah sakit di berbagai kota yang menyediakan layanan akupuntur dimana layanan ini bisa anda coba untuk mengatasi rasa mual akibat morning sickness.

 

  • Minum campuran teh dan cuka

Ibu hamil biasanya mengalami peningkatan air liur yang bisa memicu rasa mual yang merupakan gejala morning sickness.

Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan cuka yang bisa mengeringkan air liur pada mulut dan mengurangi resiko mual, caranya dengan minum teh yang dicampur dengan cuka.

Di pagi hari anda bisa menyediakan segelas teh hangat lalu masukkan 2 sendok teh ke dalam teh hangat tersebut, kemudian minum selagi hangat.

Masyarakat awam banyak yang mengira bahwa minum kopi bisa mengatasi rasa mual pada perut padahal kopi justru bisa membuat perut bergejolak dan menimbulkan rasa mual.

 

  • Jalan-jalan di taman ibu-hamil-jalan-jalan-di-taman

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat jalan-jalan santai di taman bisa mengatasi gejala morning sickness pada ibu hamil.

Anda bisa jalan-jalan santai di taman pada pagi hari sebelum kerja atau pada saat istirahat kerja untuk membuat pikiran anda menjadi lebih tenang.

Pemandangan alam di taman bisa menyuguhkan pemandangan yang bisa memberikan ketenangan di dalam hati dan pikiran.

Udara di taman jelas lebih segar daripada di tempat lain, selain itu pemandangan di taman juga bisa mengatasi rasa lelah atau stres.

 

  • Aromaterapi

Aromaterapi memiliki banyak manfaat selain untuk kecantikan juga bermanfat untuk kesehatan tubuh termasuk untuk mengatasi gejala morning sickness pada ibu hamil.

Aroma yang dihasilkan oleh aromaterapi bisa menenangkan hati dan pikiran anda, juga bisa mengatasi rasa mual dan stres.

Anda bisa menggunakan tisu aroma terapi dengan memilih aroma yang anda sukai untuk mengatasi gejala mual akibat morning sickness.