Cara Mengatasi Ngiler

Ada kalanya di era yang serba sibuk seperti sekarang anda dituntut untuk memiliki mobilitas yang tinggi dalam bekerja, sehingga tidak jarang harus naik angkutan umum dan menempuh perjalanan yang jauh.

Tidak jarang dengan banyaknya aktifitas yang telah anda lakukan hingga membuat anda tak sengaja tertidur di angkutan umum seperti bis kota atau kereta api.

Lebih parahnya lagi ternyata selama tertidur di angkutan umum anda ngiler, tentu malu rasanya jika hal ini dilihat oleh orang banyak di atas angkutan umum.

Atau bisa jadi setelah anda bangun tidur di atas ranjang, anda baru menyadari bahwa ternyata bantal anda basah karena anda tertidur sambil ngiler.

Jangan cemas karena kebiasaan ngiler selama tidur bisa anda hilangkan, lalu hal-hal apakah yang harus anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini ??

cara-mengatasi-ngiler

Berikut ini adalah Cara Mengatasi Ngiler yang bisa anda praktekkan sendiri diantaranya :

  • Tidur Telentang

Ganti posisi tidur anda menjadi posisi terlentang karena posisi tidur menyamping lebih beresiko tinggi untuk ngiler saat anda tertidur.

 

  • Bernapas Menggunakan Hidung

Tutup mulut anda pada saat menjelang tidur karena tidur dengan mulut yang terbuka akan membuat anda bernafas lewat mulut dan hal ini akan membuat mulut anda lebih cepat kering dan beresiko tinggi untuk ngiler.

Jika anda ingin menghilangkan kebiasaan bernafas lewat mulut saat tidur maka anda bisa mencoba untuk mengolesi bagian bawah hidung anda dengan wewangian.

 

  • Menambah Ketinggian Bantal

Tidur dengan terlentang ditambah dengan mengatur ketinggian bantal yang pas yang membuat tidur anda terasa nyaman sehingga anda tidak mudah ngiler ketika tidur.

 

  • Mengoleskan Minyak Esensial

Anda bisa mengoleskan minyak esensial seperti Rose dan Eucalyptus pada bagian bawah hidung anda untuk membuat anda menjadi lebih rileks dan tenang sehingga anda bisa tidur dengan lebih nyenyak.

 

  •  Mandi Uap Panas mandi-uap-panas

Anda bisa menggunakan uap panas sebagai shower untuk mandi saat menjelang tidur dimana hal ini akan bermanfaat untuk membersihkan sinus anda dan mencegah anda untuk bernafas lewat mulut.

 

  • Melatih Pernapasan

Sistem pernafasan yang kurang baik akan membuat produksi air liur menjadi terganggu dan memicu anda untuk ngiler pada saat tidur.

Dengan melatih pernafasan misalnya melalui olahraga ringan yang dilakukan secara teratur maka secara tidak langsung anda sudah melakukan upaya untuk mencegah stres dan menghindari ngiler pada saat tidur.

 

  • Istirahat Cukup dan Teratur

Tidur dengan kondisi tubuh yang kecapekan juga bisa meningkatkan resiko untuk tidur dalam kondisi ngiler dan mudah untuk mengorok.

Dengan istirahat yang dilakukan dengan cukup dan teratur maka anda sudah melakukan pencegahan untuk tidur dengan kondisi ngiler.

 

  • Menghindari Obat-obatan Tertentu

Jika selama ini anda sering ngiler ketika tidur dan di sisi lain anda juga memiliki kebiasaan mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu sebelum tidur maka bisa jadi jenis obat yang anda konsumsi memiliki efek samping meningkatkan kelenjar air liur.

 

  • Minum 1 Gelas Air Putih air lemon hangat

Kondisi mulut yang kering bisa memicu meningkatnya resiko untuk tidur ngiler sehingga untuk mencegah masalah ini anda bisa minum 1 gelas air putih sebelum tidur.

 

  • Mengenali dan Menyembuhkan Penyakit

Ada kalanya kebiasaan ngiler ketika tidur berasal dari jenis penyakit tertentu yang sedang anda alami seperti infeksi gigi, gusi, tenggorokan, telinga, hidung juga penyakit panas dalam.

Namun jika penyakit anda telah sembuh namun anda masih saja memiliki kebiasaan ngiler pada saat tidur maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter terdekat supaya segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

  • Menjauhi Makanan Asam

Mengonsumsi makanan yang memiliki rasa asam bisa meningkatkan produksi air liur dan hal ini bisa meningkatkan resiko tidur dalam kondisi ngiler.

Untuk menghindari hal ini anda bisa berhenti mengonsumsi cemilan terutama yang memiliki rasa asam sebelum tidur.

 

  • Menjauhi Makanan Pedas

    cabai merah

    cabai merah

Selain makanan yang memiliki rasa asam, makanan dengan rasa pedas juga bisa meningkatkan produksi kelenjar air liur.

Selain itu mengonsumsi makanan yang pedas sebelum tidur bisa membuat air liur menjadi lebih kental dan lebih banyak sehingga anda mudah ngiler pada saat tidur.

Kalaupun anda masih ingin mengonsumsi makanan cemilan sesaat sebelum tidur maka hindari makanan cemilan dengan rasa pedas dan asam.

 

  • Ke Dokter

Jika anda sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi ngiler namun masalah anda tidak kunjung selesai maka anda bisa segera berkunjung ke dokter terdekat.

Dokter akan segera melakukan diagnosa untuk mengetahui kondisi kesehatan anda lalu akan resep obat yang tepat untuk mengatasi masalah anda.

Resep obat yang diberikan oleh dokter biasanya akan bersifat mengurangi produksi air liur anda, dan sebaiknya anda benar-benar mematuhi aturan konsumsi obat yang diberikan oleh dokter supaya keluhan anda bisa segera diatasi.

 

  • Tidak Tidur Tengkurap

Demi alasan kesehatan tidur dengan posisi tengkurap atau menyamping tidak disarankan, apalagi biasanya orang yang tidur dalam keadaan tengkurap mulutnya cenderung mudah terbuka sehingga mulut lebih mudah mengering dan meningkatkan produksi air liur.

Selain itu orang yang tidur dalam kondisi tengkurap kepalanya dalam kondisi miring sehingga akan meningkatkan resiko ngiler.