Cara Mengatasi Ngompol Pada Orang Dewasa

Memiliki kebiasaan ngompol walaupun kita sudah dewasa tentunya akan menjadikan kita merasa malu, minder dan terkadang bisa membuat depresi.

Ada kalanya bagi seseorang yang memiliki kebiasaan tersebut seringkali menolak ajakan untuk menginap di tempat tertentu yang dihuni oleh orang banyak karena takut ketahuan jika ternyata dirinya memiliki kebiasaan ngompol.

Bahkan dalam hal pernikahan, biasanya akan lebih merasa malu lagi karena sebelum menjadi pengantin sudah harus memberikan pengakuan bahwa dirinya memiliki kebiasaan buruk tersebut kepada pasangannya.

Bila anda memiliki kebiasaan ngompol maka jangan terlalu khawatir karena kebiasaan buruk tersebut bisa dihilangkan, tentunya selama anda memiliki keinginan yang kuat untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Berikut ini adalah Cara Mengatasi Ngompol Pada Orang Dewasa diantaranya :

  • Mengonsumsi Biji Labu

    biji labu

    biji labu

Para peneliti kesehatan dari Jepang memberikan informasi bahwa ternyata ekstrak biji labu bisa mengurangi resiko ngompol sebesar 80% dan bahkan bisa mengurangi kebiasaan buang air kecil sebesar 70%.

Hal itu bisa terjadi karena biji labu bisa menjaga kesehatan ginjal serta memperkuat otot-otot dasar panggul.

Bukan hanya itu karena biji labu mengandung sterol dan asam lemak yang bisa melindungi prostat dan meningkatkan kapasitas kandung kemih dengan lebih maksimal.

 

  • Mengonsumsi Cranberry

Buah cranberry merupakan buah yang memiliki warna merah dengan bentuk yang kecil dan rasanya asam dimana jenis buah ini berasal dari Amerika.

Dalam setiap buah cranberry terdapat 4 rongga udara dimana jika buah cranberry diletakkan di atas air maka buah ini akan terapung dan jika jatuh ke lantai maka akan melenting.

Buah cranberrry mengandung proanthocyanidin yang diketahui sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi saluran kencing.

Selain itu buah cranberry juga diketahui bisa mencegah diabetes, meningkatkan kinerja ginjal menjadi lebih baik dan membuang bakteri dan kuman melalui buang air kecil.

Jika anda ingin menghilangkan kebiasaan ngompol maka ada baiknya untuk mengonsumsi buah cranberry setidaknya 300-400 mg per hari.

 

  • Senam Kegel senam kegel

Menurut ilmu medis dari Timur kebiasaan ngompol terjadi karena ketidaksempurnaan dari kemampuan untuk mengendalikan keluarnya air kemih.

Air kemih yang keluar tidak bisa dikendalikan dengan baik karea panggul, bagian bawah badan memiliki hawa “dingin”.

Sedangkan senam kegel merupakan jenis senam yang memiliki fungsi untuk memperkuat otot panggul.

Dengan rutin melakukan senam kegel maka otot-otot panggul anda akan menjadi lebih kencang dan kuat sehingga anda akan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengendalikan keluarnya urine.

 

  • Berjemur Matahari Pagi

    matahari pagi

    matahari pagi

Tulang membutuhkan asupan vitamin D yang bisa berasal dari makanan namun anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan cara berjemur di sinar matahari pagi.

Semua bagian tulang anda termasuk tulang panggul akan menjadi lebih kuat, dimana nantinya tulang panggul anda akan menjadi lebih kuat untuk menahan dan mengendalikan keluarnya urine.

 

  • Menggunakan Telur Ayam Kampung

Anda bisa memanfaatkan telur ayam kampung untuk menghilangkan kebiasaan ngompol.

Caraya cukup mudah yakni siapkan sebutir telur ayam kampung yang masih segar kemudian salah satu ujung telur lubangi lalu masukkan tujuh butir lada ke dalam telur.

Tutup lubang telur tadi lalu kukus atau rebus hingga matang, kemudian anda bisa mengonsumsi telur rebus tersebut untuk menghilangkan kebiasaan ngompol ataupun untuk mengurangi kebiasaan buang air kecil di malam hari.

 

  • Menggunakan Buah Jamblang

    Plum

    Plum

Anda bisa memanfaatkan buah jamblang untuk menghilangkan kebiasaan ngompol.

Caranya cukup mudah yakni siapkan delapan buah jamblang lalu siapkan daun pisang dan garam dapur secukupnya.

Kemudian buah jamblang dicampur dengan garam lalu dibungkus dengan daun pisang kemudian kukus sampai air terlihat mendidih.

Anda bisa minun air rebusan buah jamblang tersebut untuk menghilangkan kebiasaan ngompol.

 

  • Memanfaatkan Rosa Multifona Rosa Mltifona

Anda bisa memanfaatkan Rosa Mltifona untuk menghilangkan kebiasaan ngompol.

Caranya cukup mudah yakni siapkan 30 gr akar tumbuhan rosa multifona kemudian masak akar tersebut dengan air dan daging sapi hingga daging terlihat matang dengan merata.

Anda bisa minum air rebusan tersebut untuk menghilangkan kebiasaan ngompol, sedangkan dagingnya bisa anda konsumsi untuk menu makan sehari-hari.

 

  • Menggunakan Tulang Cumi

Anda bisa memanfaatkan tulang cumi untuk menghilangkan kebiasaan ngompol.

Caranya cukup mudah yakni siapkan lima butir ginkgo biloba yang kulitnya telah dipecah lalu diambil isinya dan 10 gr tulang cumi.

Tulang cumi dan ginkgo biloba bisa anda sangrai lalu beri tambahan air garam, kemudian pisahkan.

Setelah itu tambahkan 1/2 jari kayu manis dan dua butir cengkeh, lima butir kurma tiongkok (angco).

Semua bahan yang telah disebutkan di atas bisa anda rebus dengan menggunakan 300 cc air kemudian angkat ketika air rebusan tersisa setengahnya (150 cc).

Anda bisa minum air rebusan tersebut untuk menghilangkan kebiasaan ngompol dan untuk memperoleh manfaat terbaiknya disarankan untuk minum air rebusan tersebut ketika air dalam kondisi hangat kuku.

 

  • Menggunakan Adas Pulasari adas pulasari

Anda bisa memanfaatkan adas pulasari untuk menghilangkan kebiasaan ngompol.

Caranya cukup mudah yakni siapkan empat buah adas pulasari dan tujuh butir buah jamblang yang telah dipotong-potong menjadi berukuran kecil serta sepotong gula jawa.

Kemudian rebuslah semua bahan tersebut dengan air sebanyak 300 cc hingga air terlihat mendidih dan tunggu hingga air berkurang menjadi setengahnya atau 150 cc

Tunggu air rebusan menjadi dingin setelah itu minum air rebusan tersebut pada saat menjelang tidur dan lakukan selama 3-4 hari berturut-turut.

 

  • Memanfaatkan Biji Kucai

Anda bisa memanfaatkan biji kucai untuk menghilangkan kebiasaan ngompol.

Caranya cukup mudah yakni siapkan 10 gr biji kucai dan lima butir ginkgo biloba yang kulitnya telah dipecah lalu diambil isinya.

Kemudian sangrai kedua bahan tersebut dan beri tambahan air garam lalu tunggu hingga terlihat berwarna kekuningan.

Setelah itu rebus dengan 300 cc air dan tunggu hingga air rebusan tersisa hingga setengahnya atau 150 cc.

Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya disarankan untuk minum air rebusan tersebut dalam kondisi hangat kuku.

Cara Mengatasi Ngompol Pada Orang Dewasa

Catatan :

  • Dari sekian banyak resep yang telah disebutkan di atas sebaiknya anda hanya menggunakan salah satu resep saja.
  • Hasil rebusan dari semua resep yang telah disebutkan di atas bisa anda minum pada pagi dan malam hari menjelang tidur.
  • Biji kucai, tumbuhan chiang wui (Rosa multifona) dan pek ko atau ginkgo biloba bisa anda peroleh di toko obat cina.