Cara Mengatasi Tetanus Secara Alami


Penyakit tetanus pada dasarnya disebabkan oleh Clostridium tetanus yang merupakan salah satu jenis kuman yang menjadi penyebab tetanus.
Clostridium tetanus biasanya mudah ditemukan pada benda-benda yang kotor misalnya seperti tanah, paku yang berkarat atau bisa saja pada benda-benda yang tajam seperti kawat.
Jika tubuh Anda terkontaminasi oleh benda-benda tersebut yang mengandung Clostridium tetani, maka bisa Anda beresiko untuk mengalami gejala tetanus misalnya seperti tubuh kejang, kepala terasa pusing, otot perut menjadi kaku sampai demam.
Sebenarnya untuk mengenali penyakit tetanus tidak terlalu sulit, karena Anda hanya cukup melihat gejala yang tadi telah disebutkan.
Sebenarnya ada pengobatan medis yang bisa diberikan secara langsung pada penderita penyakit tetanus, tapi jika Anda lebih suka mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami maka inilah ramuannya :
  • Kencur manfaat-kesehatan-kencur
Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi tetanus, yaitu rimpang kencur.
Cara pertama yaitu cuci terlebih dahulu kencur dengan menggunakan air panas, lalu dilumatkan sampai menjadi halus.
Setelah itu letakkan kencur yang telah dihaluskan ke atas luka tetanus dan balut dengan menggunakan kain yang bersih.
Cara kedua yaitu lumatan kencur dicampur dengan 5 lembar daun dadap, 1/2 biji pinang dan asam kawak.
Haluskan semua bahan tersebut dan campur sampai merata kemudian letakkan di atas luka tetanus, kemudian balut dengan menggunakan kain yang bersih.
Lakukan perawatan tersebut dengan rutin, dimana ramuan sebaiknya diganti setiap 2 hari sekali.
  • Akar Mengkudu
Cara perawatan alami selanjutnya untuk mengatasi tetanus yaitu dengan menggunakan akar mengkudu.
Tanaman yang seringkali digunakan sebagai obat ini sebenarnya bukan hanya memiliki manfaat pada buahnya saja, melainkan juga pada bagian akarnya.
Caranya yaitu haluskan akar mengkudu sampai menjadi halus, kemudian rebus dengan menggunakan 3 gelas air bersih.
Tunggu sampai air menjadi mendidih dan tersisa menjadi setengahnya saja, kemudian saring dan sebaiknya minum ketika air rebusan masih dalam kondisi hangat.
Anda bisa melakukan perawatan ini secara teratur dan sebanyak 3 kali dalam sehari.
  • Daun Sirsak daun sirsak
Selain mengkudu, daun sirsak juga dikenal oleh masyarakat luas sebagai jenis tanaman yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi penyakit tetanus.
Caranya yaitu bersihkan terlebih dahulu daun sirsak dengan mencucinya dengan air bersih, kemudian rebus daun sirsak tersebut dengan menggunakan 3 gelas air bersih.
Tunggu sampai air rebusan daun sirsak menjadi mendidih dan menjadi tersisa 1 1/2 gelas saja.
Setelah itu saring air rebusan dan minum air rebusan tersebut ketika masih dalam kondisi hangat.
Lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari untuk mengatasi penyakit tetanus.
  • Asam Trengguli
Penggunaan asam trengguli untuk mengatasi penyakit tetanus sebenarnya sudah cukup populer di tengah masyarakat luas.
Namun Anda masih harus menggunakan bahan-bahan lain yang untuk membuat ramuan tradisional tersebut.
Caranya yaitu siapkan 10 lembar daun sembung, 5 lembar daun ngikolo, 1/2 rimpang bangle, 1/2 kencur, 3 buah asam trengguli, dan gula aren.
Masukkan semua bahan tersebut ke dalam panci, kemudian rebus dengan menggunakan 4 gelas air bersih hingga mendidih.
Setelah air rebusan mendidih, tunggu hingga air rebusan jadi tersisa 3 gelas saja, setelah itu air rebusan bisa diminum dalam kondisi hangat dan perawatan ini bisa Anda lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.
  • Akar Jarak
Anda bisa menggunakan akar jarak untuk mengatasi tetanus, caranya yaitu cuci akar jarak hingga bersih kemudian tumbuk hingga menjadi halus.
Masukkan hasil tumbukan akar jarak yang telah dihaluskan ke dalam 3 gelas air bersih kemudian rebus sampai mendidih.
Tunggu sampai air rebusan jadi tersisa menjadi setengahnya saja, kemudian air rebusan bisa diminum dalam kondisi hangat dan bisa diminum pada pagi, siang dan sore hari.
 
  • Gula Enau
Ramuan berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi tetanus yaitu dengan menggunakan ramuan yang terdiri dari gula enau yang dikombinasikan dengan bahan-bahan alami yaitu daun sembung, daun cekur, ngkilo, asam trengguli dan bangle.
Bersihkan seluruh bagian tanaman tersebut setelah itu masukkan ke dalam sebuah tempat yang berisi 3 gelas air bersih.
Setelah itu rebus semua bahan tersebut sampai terlihat mendidih dan air hanya tersisa setengahnya saja.
Minum ramuan tersebut, sebaiknya ketika dalam kondisi masih hangat dan lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam sehari untuk mencegah tetanus.
  • Daun Cekur daun cekur
Ramuan berikutnya masih menggunakan kombinasi dari bahan-bahan alami, adapun bahan pelengkap yang digunakan yaitu daun ngokilo, daun jinten dan gula enau.
Cuci semua bahan tersebut hingga bersih lalu masukkan ke dalam sebuah wadah yang berisi 3 gelas air bersih dan sediakan daun cekur di dalamnya.
Tunggu sampai air rebusan jadi mendidih dan air rebusan jadi tersisa setengahnya saja.
Minum ramuan tersebut ketika masih dalam kondisi hangat dan lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam sehari untuk menghilangkan tetanus.
 

Cara Pencegahan Penyakit Tetanus

Anda bisa melakukan salah satu dari cara-cara yang telah disebutkan di atas untuk mengatasi atau mencegah tetanus.
Meski berbagai cara yang telah disebutkan di atas cukup efektif untuk mengatasi tetanus, namun disarankan untuk segera melakukan vaksinasi tetanus.
  • Imunisasi
Pada umumnya tujuan dari diberikannya imunisasi dasar di Indonesia adalah untuk mencegah penyakit tetanus.
Adapun yang diberikan vaksinasi tetanus biasanya adalah bayi, anak-anak SD serta calon pengantin wanita.
Alasan dari diberikannya imunisasi pada calon pengantin wanita adalah untuk mencegah terjadinya penyakit tetanus pada bayi yang baru lahir, atau tetanus Neonatorum.
Karena jenis tetanus tersebut bisa memberikan dampak yang buruk terhadap bayi maka pada saat ini semua kaum wanita yang akan menikah diwajibkan untuk melakukan imunisasi ini.
 
  • Merawat Luka
 Ada kalanya penyakit tetanus bisa masuk ke dalam tubuh dikarenakan adanya infeksi atau kondisi luka yang tidak terawat dengan baik.
Maka dari itu untuk mencegah penyakit tetanus disarankan untuk melakukan perawatan dengan baik dan sebisa mungkin untuk selalu memperhatikan tingkat kebersihannya.
  • Meningkatnya Daya Tahan pada Tubuh
Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit tetanus yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, rutin olahraga dan istirahat dengan teratur.
Dengan memiliki tubuh yang sehat dan kuat maka Anda tidak akan mudah terkena penyakit tetanus.