Cara Mengatasi Wajah Kusam


Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab dari kulit wajah yang terlihat kusam.

Pada umumnya penyebab dari kulit wajah kusam bisa dibedakan menjadi dua faktor bagian, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Untuk penyebab kulit kusam yang disebabkan oleh faktor internal, kulit yang kusam biasanya disebabkan oleh seseorang yang kurang mendapatkan asupan gizi atau nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan kulit.

Maka dari itu kondisi kulit termasuk dengan sel kulit mati, faktor gen, kulit yang berminyak dan jerawat bisa menjadi pemicu dari kulit yang terlihat kusam. wajah kusam

Untuk penyebab kulit kusam yang disebabkan oleh faktor eksternal, ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu dari kulit yang terlihat kusam namun yang paling utama adalah gaya hidup dari seseorang, misalnya seperti penggunaan dari produk kosmetik tertentu yang tidak sesuai dengan jenis kulitnya atau bisa juga disebabkan oleh pengaruh dari lingkungan yang terlalu banyak debu atau polusi serta terlalu sering terkena sinar matahari.

Kaum pria ataupun wanita, keduanya memiliki peluang yang sama untuk memiliki kondisi kulit yang kusam, komedo, jerawat, dan flek hitam.

Tentunya dengan penampilan wajah yang sudah mulai terlihat kusam, maka hal itu sudah bisa Anda jadikan sebagai penanda bahwa sudah saatnya Anda melakukan perawatan yang lebih intensif terhadap tubuh atau kulit Anda.

Walaupun pada saat ini Anda sudah terlanjur memiliki kondisi kulit yang kusam, namun bukan berarti sudah terlambat bagi Anda untuk segera memperbaiki penampilan Anda yang sudah terlihat kusam.

Cara Mengatasi Wajah Kusam

Berikut ini merupakan Cara Mengatasi Wajah Kusam, diantaranya :

  • Olahraga

Rutin melakukan olahraga bisa membuat tubuh Anda mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sehingga hasilnya akan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dari sebelumnya.

Rutin melakukan olahraga juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga kulit bisa melakukan regenerasi dengan lebih baik pula.

 

  • Kacang almond

Anda bisa mengonsumsi makanan olahan dalam bentuk pasta yang terbuat dari kacang almond.

Kalau Anda kesulitan untuk mencarinya di pasaran maka Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, caranya yaitu rendam kacang almond selama semalam.

Kemudian lapisan luar kacang almond (kulit), lalu campurkan dengan 2 sendok makan susu.

Setelah keduanya tercampur rata, Anda bisa oleskan keduanya pada wajah dan biarkan selama 30 menit.

 

  • Susu 

    manfaat madu dan susu untuk kesehatan

    manfaat madu dan susu untuk kesehatan

Anda bisa menggunakan susu sebagai bahan pengobatan alami untuk mengatasi wajah yang terlihat kusam.

Selain bisa diminum dan memiliki rasa yang nikmat, Anda bisa menggunakan susu sebagai pembersih yang bentuknya terlihat mirip seperti minyak alami.

Pada saat Anda membersihkan wajah Anda dengan menggunakan susu maka pada saat itulah susu menyingkirkan zat-zat yang membuat wajah terlihat kusam, dan tidak lama kemudian Anda bisa merasakan bahwa wajah Anda akan terlihat lebih indah dan bercahaya.

 

  • Madu

Wajah Anda bisa menjadi terlihat lebih indah dan bercahaya jika Anda mau meluangkan sedikit waktu untuk membuat ramuan yang menggunakan bahan madu.

Caranya yaitu oleskan madu pada seluruh bagian wajah kemudian biarkan selama sekitar 1 jam, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

Dengan melakukan perawatan seperti itu maka akan menjadikan kulit Anda lebih kenyal dan terlihat lebih bercahaya dari sebelumnya.

 

  • Makanan sehat Awet Muda Dengan Buah

Anda bisa menjadikan kulit Anda terhindar dari masalah seperti kusam, dengan sering mengonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan salmon dan biji rami.

Makanan-makanan sehat tersebut mengandung asam minyak alami yang bisa meningkatkan pembentukan sel baru serta kolagen dalam tubuh.

 

  • Pelembab

Tidak disarankan untuk menggunakan kosmetik dalam jumlah yang terlalu banyak untuk mengatasi kulit kusam.

Bilamana kulit Anda terlalu banyak terkena bahan kimia dari kosmetik yang Anda gunakan maka kulit Anda akan menjadi lebih mudah untuk sakit.

Anda bisa menggunakan pelembab untuk membuat permukaan kulit Anda menjadi bernafas dengan baik, namun ada baiknya jika sebelumnya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan produk kosmetik baru.

 

  • Tabir surya

Sering terkena sengatan sinar matahari secara langsung bisa membuat kulit terlihat kusam.

Maka dari itu bilamana Anda harus keluar dari ruangan pada siang hari, ada baiknya untuk terlebih dahulu menggunakan tabir surya.

 

  • Pembersih kulit

Cleanser atau pembersih merupakan salah satu cara termudah pertama yang bisa membuat wajah Anda terlihat tidak kusam lagi.

Pembersih akan menjadikan wajah Anda terlihat lebih bercahaya, sekaligus menghilangkan minyak berlebih serta kotoran yang menempel pada kulit sehingga tidak akan menimbulkan jerawat.

Anda bisa mencoba untuk membeli produk pembersih wajah yang cocok dengan kulit Anda kemudian terapkan produk tersebut sebanyak dua kali sehari pada tahap-tahap awal.

 

  • Air putih minum air minum botol plastik

Salah satu penyebab utama dari wajah yang terlihat kusam adalah tubuh kekurangan asupan air putih atau cairan.

Maka dari itu dengan mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh, yakni 8 gelas per hari maka wajah Anda yang kusam akan segera hilang.

 

  • Jauhi Ponsel di Malam Hari

Hasil penelitian di Rensselaer Polytecnic Institute yang telah dilakukan oleh Lighting Research, hasilnya menunjukkan bahwa seseorang yang mengggunakan gadget dengan lampu LED dan menghabiskan minimal 2 jam dalam sehari memiliki kadar melantonin yang berkurang di dalam tubuhnya.

Melantonin merupakan hormon yang bisa memicu munculnya rasa kantuk, maka dari itu ada baiknya untuk menghindari ponsel pada malam sebelum tidur.

 

  • Mengkonsumsi Buah-buahan

Seseorang yang sering mengonsumsi jenis makanan yang tinggi akan kandungan gula cenderung memiliki gerak tubuh yang lamban di pagi hari.

Dengan demikian ada baiknya untuk mengonsumsi buah-buahan yang tinggi akan kandungan vitamin C yang bisa memberikan suplai energi dan menjadikan wajah terlihat segar, misalnya buah seperti jeruk, kiwi dan anggur.

Inti dari mengatasi wajah yang kusam adalah dengan memiliki gaya hidup yang sehat, misalnya seperti rutin berolahraga, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, tidak merokok dan menghindari polusi.

Yang tidak kalah penting adalah dengan sering melakukan perawatan wajah, misalnya seperti sering mencuci wajah dengan air bersih.