Cara Mengenali dan Menemukan Kutu Busuk

Ciri Fisik Kutu Busuk

Sepintas kutu busuk atau biasa dikenal dengan nama Bangsat merupakan hewan yang terlihat mirip seperti anak kecoa dimana kutu busuk dewasa bisa memiliki ukuran fisik dengan panjang tubuh mencapai 5 mm dengan lebar badan sekitar 2-3 mm.

Untuk kutu busuk jantan memiliki fisik yang lebih besar sedikit jika dibandingkan dengan kutu busuk betina.

Cara Mengenali dan Menemukan Kutu Busuk

Ciri fisik utama dari kutu busuk yaitu bagian atas badan memiliki warna coklat kemerahan yang terlihat mirip seperti kecoa, sedangkan area perut atau bagian bawah tubuh memiliki warna coklat tua atau muda.

Kutu busuk memiliki perut dengan ruas yang elastis dengan bentuk bulat pipih dimana pada saat hewan ini sedang mengonsumsi makanan maka bagian perutnya akan terlihat mengembang secara maksimal.

 

Habitat Kutu Busuk sarang kutu busuk

Kutu busuk sangat suka tinggal di tempat tidur atau area lipatan bantal dan masa pertumbuhannya bisa terjadi dengan lebih cepat dari semestinya jika daerah tempat tinggalnya merupakan tempat yang sangat lembab.

Dengan demikian jika anda ingin supaya tempat tinggal anda terhindar dari hewan kutu busuk maka pastikan supaya tempat tidur anda tidak terlalu lembab, misalnya dengan rutin menjemur kasur di tempat yang panas.

Disarankan untuk tidur dengan menggunakan kasur per atau busa jika dibandingkan dengan kasur kapas biasa hal ini dikarenakan kasur per mempunyai struktur serabut yang lebih rumit sehingga kutu busuk lebih sulit untuk bertahan hidup dan berkembang biak disana.

 

Makanan Kutu Busuk telur kutu busuk

Jika dilihat dari segi makanan maka hewan kutu busuk hampir sama dengan hewan nyamuk dimana makanan yang dikonsumsinya adalah juga sama-sama darah manusia.

Hanya saja alat hisap kutu busuk memiliki ukuran sekitar 5-15 mm dimana ketika taring kutu busuk sudah menggigit kulit manusia maka manusia yang digigit biasanya tidak akan merasakan apa-apa kecuali jika hewan kutu busuk telah puas menghisap darah lalu meninggalkan bekas ruam yang berwarna merah pada permukaan kulit yang biasanya diikuti dengan rasa gatal yang agak panas.

Kutu busuk yang masih dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan darah manusia untuk menunjang masa pertumbuhannya.

Darah manusia merupakan makanan lezat bagi kutu busuk karena dalam darah manusia terdapat protein yang dibutuhkan oleh kutu busuk.

Di dalam kondisi tertentu hewan kutu busuk bisa bertahan hidup hingga berbulan bulan lamanya dengan tanpa mengonsumsi apapun saat mengalami masa dorman di habitatnya.

 

Mengenali Tanda-Tanda Serangan Kutu Busuk

Kenali tanda-tanda serangan kutu busuk

tanda-tanda kutu busuk

 

Biasanya orang-orang mendeteksi serangan kutu busuk dengan melihat ada tidaknya ruam pada kulit mereka yang terlihat mirip seperti bekas gigitan nyamuk.

Biasanya kutu busuk menyerang atau menghisap darah manusia pada malam hari namun bukan berarti kutu busuk tidak menghisap darah manusia di siang hari.

Bekas gigitan kutu busuk tidak terlihat mirip dengan bekas gigitan serangga pada umumnya yang terlihat meluas dan menimbulkan bengkak.

Bekas gigitan kutu busuk biasanya terlihat mirip garis dan terasa agak perih pada kulit bekas gigitan kutu busuk.

Sedangkan bekas gigitan nyamuk terlihat bulat dan membentuk pola yang teratur.

 

Perhatikan tanda-tanda kutu busuk lainnya tempat tinggal kutu busuk

Aroma tempat tinggal kutu busuk yang berwarna coklat muda biasanya memiliki aroma yang mirip seperti buah raspberry busuk dan pada sepanjang jahitan kasur biasanya terlihat adanya bintik-bintik hitam.

 

Jangan kira kutu busuk hanya ada di tempat tidur

Selama ini kutu busuk identik hanya bertempat tinggal di kasur, sofa atau ranjang padahal kutu busuk juga bisa ditemukan di tempat lain seperti kursi rumah makan, meja kantor, komputer pribadi, bahkan di ranjang rumah sakit.

Kutu busuk juga bisa ditemukan di karpet rumah dan terkadang terjadi gesekan yang bisa membuat kutu busuk bisa berpindah tempat lalu terbawa hingga ke tempat lain yang jauh.

Dengan demikian pusat kerumunan massa termasuk dengan sarana transportasi juga bisa menjadi tempat berlalu lalang kutu busuk.

Bahkan kutu busuk juga bisa hinggap dan hidup di perabotan rumah tangga seperti kipas angin, AC, gorden rumah dan berbagai peralatan elektronik yang biasa kita gunakan  dalam kehidupan sehari-hari.

 

Jangan kira kutu busuk hanya hidup di rumah dan kawasan kumuh

Selama ini banyak masyarakat yang menganggap bahwa kutu busuk hanya tinggal di kawasan yang kumuh padahal kutu busuk juga bisa hidup dan berkembang biak di tempat yang bersih dan nyaman.

 

 

Menemukan Kutu Busuk menemukan kutu busuk

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menemukan kutu busuk di sekitar tempat tinggal anda diantaranya :

Bongkar tempat tidur Anda dan sandarkan seluruh bagiannya berdiri di dinding.

Setelah itu anda bisa mencari kutu busuk dengan kulit nimfa yang berwarna abu-abu muda, ciri lainnya yaitu di sepanjang jahitan kasur terdapat titik-titik hitam yang terlihat kotor dan mengering.

Ada kalanya anda harus terlebih dahulu melepas jahitan kasur supaya bisa melihat dengan lebih jelas mengenai ada atau tidaknya kutu busuk di dalam kasur anda.

Kutu busuk lebih menyukai hidup di dalam kasur dengan tulang yang terbuat dari kayu jika dibandingkan dengan kasur dengan tulang yang terbuat dari besi atau logam.

Terkadang anda harus membuang kasur yang telah terserang kutu busuk, meskipun terkadang anda harus bersusah payah untuk membersihkannya dari kutu busuk.

Anda bisa mengakalinya dengan membungkus kasur yang telah terjangkit kutu busuk dengan menggunakan sarung kasur anti kutu busuk.

Hal ini akan membuat kutu busuk terperangkap di dalam dan tidak bisa keluar sehingga cepat atau lambat kutu busuk akan terperangkap mati di dalam.

 

Kosongkan laci bufet dan rak lampu tidur

Anda bisa memeriksa bagian bawah kayu laci dan rak lampu tidur dengan teliti karena ada kalanya kutu busuk bersembunyi di celah-celah yang kecil sekalipun.

 

Periksa sofa dan kursi yang diberi bantalan kain

Jika anda sering menggunakan sofa sebagai tempat tidur sementara maka biasanya tempat ini merupakan tempat favorit kutu busuk untuk bersembunyi di dalamnya.

 

Gunakan senter untuk mencari kutu busuk

Seringkali petugas pembasmi kutu menyuntikkan “bahan pembilas” berbasis piretrum pada retakan atau celah-celah kecil untuk membantu menemukan di mana kutu busuk bersembunyi.