Cara Mengobati Cacar Secara Alami

gambaran penyakit cacar

gambaran penyakit cacar

Umumnya cacar adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster, dan sering terjadi pada anak-anak. Anak-anak yang sudah pernah mengalami cacar tidak akan mengalaminya lagi saat tumbuh dewasa, walaupun ada juga yang mengalami cacar sampai dua atau tiga kali dalam seumur hidup.

Bentuk awal dari cacar adalah adanya ruam kemerahan pada kulit, yang nantinya akan berubah menjadi luka atau bopeng pada kulit tubuh maupun kulit kepala. Sehingga mempengaruhi kondisi kulit pada seseorang.

Ruam yang muncul karena virus akan muncul hingga beberapa hari sampai beberapa minggu. Sayangnya, penyakit cacar memiliki sifat yang menular. Maka dari itu, pengidap cacar sering dikarantina untuk mencegah terjadinya penyebaran. Selain itu, penyebaran virusnya bisa dikatakan sangat cepat.

Saat tubuh terserang virus penyebab cacar, maka tubuh akan mengembangkan gen tertentu untuk memerangi virus tersebut. Sebenarnya ada beberapa solusi alami untuk mengobati cacar, seperti:

  • Baking soda

Salah satu obat yang paling popular dalam hal mengobati cacar adalah baking soda. Campurkan baking soda dengan air dan buatlah semacam pasta. Terapkan pasta baking soda pada bagian kulit dan biarkan sampai kering. Berbagai komponen yang terkandung dalam pasta mampu mengurangi rasa gatal dan juga nyeri pada bagian kulit. Hal ini nantinya juga akan mengurangi terjadinya luka pada kulit karena digaruk.

  • Ketumbar
daun ketumbar

daun ketumbar

Ketumbar juga bisa digunakan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit cacar. Ketumbar memiliki efek antivirus yang bagus sekali untuk memerangi virus penyebab cacar. Cobalah untuk memasukkan daun ketumbar dalam sup hangat dan dikonsumsi setiap hari.

  • Madu

Madu merupakan obat alami yang manis dan memiliki banyak fungsi. Madu kaya akan berbagai senyawa alami yang mampu mengurangi peradangan maupun iritasi. Madu juga memiliki sifat antibakteri yang alami, sehingga akan membantu melindungi pengidap cacar dari terjadinya infeksi sekunder yang sering terjadi karena menggaruk ruam yang muncul di kulit. Oleskan madu pada kulit dan biarkan selama beberapa menit, lalu bilaslah.

  • Oatmeal

Sejak jaman dahulu, oatmeal sudah digunakan untuk mengobati penyakit cacar secara alami, sehingga sering dianggap sebagai obat klasik dalam penyembuhan cacar. Tumbuklah oatmeal hingga halus dan campur dengan air hingga berbentuk pasta. Cara seperti ini dipercaya mampu menenangkan kulit, mengurangi iritasi dan mempercepat proses penyembuhan cacar. Hal seperti ini memang terdengar aneh, tapi cara seperti ini sudah dilakukan secara bertahun-tahun yang lalu.

  • Daun neem

Daun neem sering digunakan dalam metode pengobatan timur. Salah satu manfaat dari daun neem adalah mampu mengobati cacar. Tumbuklah daun neem dan beri sedikit air. ramuan seperti ini bisa langsung dioleskan ke kulit atau dicampur dengan air untuk mandi orang yang mengalami cacar. Cara seperti ini mampu memperbaiki kondisi kulit serta mempercepat proses penyembuhan cacar.

  • Garam Epsom
garam epsom

garam epsom

Garam Epsom adalah garam khusus untuk mengobati dan memperbaiki kondisi kulit. Tambahkan sedikit garam Epsom dalam air dan gunakan air tersebut untuk berendam selama 20 menit. Berendam dengan air yang dicampur dengan garam Epsom mampu memperbaiki kondisi kulit serta mengeringkan bekas luka. Cara seperti ini juga mampu mengurangi gatal serta peradangan pada kulit yang disebabkan oleh virus cacar.

  • Melati

Bunga dan daun melati juga bisa digunakan untuk mengobati cacar. Ambil beberapa helai daun melati kemudian keringkan dan seduh dengan air hangat. Teh daun melati mampu mengurangi peradangan pada bagian kulit. Anda juga bisa mengambil beberapa helai daun dan bunga melati dan masukkan ke dalam air hangat. Gunakan air tersebut untuk berendam selama beberapa menit. Cara seperti ini juga mampu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa gatal pada kulit.

  • Berjemur

Berjemur untuk mendapatkan sinar matahari di pagi hari sangat baik untuk mengidap cacar. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D. Vitamin D mampu mempercepat proses penyembuhan dari penyakit cacar. Vitamin D merupakan nutrisi yang paling baik untuk kesehatan kulit. Selain berjemur, anda juga bisa menambahkan asupan makanan yang kaya akan vitamin D.

Meskipun cacar tampak tidak begitu berbahaya, namun dapat menyebabkan komplikasi yang serius pada kulit. Selain menggunakan obat-obat alami untuk menyembuhkan cacar, sebaiknya anda tetap memeriksakan kondisi anda pada dokter ahli.