Cara Menjaga Kesehatan Alis

Alis mata merupakan salah satu bagian tubuh yang menarik, hal ini dikarenakan alis memiliki berbagai macam model yang bahkan bisa menunjang kecantikan atau ketampanan seseorang.

Contoh yang paling sederhana adalah, ada banyak wanita yang bahkan rela mencukur habis bulu alisnya hanya karena ingin menggambar bentuk alis sesuai dengan model yang diinginkan.

Ada juga yang bahkan rela mengeluarkan uang banyak untuk melakukan tato atau sulam alis, padahal fungsi alis mata adalah untuk melindungi mata.

Bisa jadi perawatan kesehatan alis tidak dianggap terlalu penting seperti halnya menjaga kesehatan mata dan bibir karena kedua bagian tubuh ini bisa memberikan kesan yang cantik dan menarik.

Padahal bila Anda merawat alis dengan baik maka Sama artinya dengan Anda memberi nilai tambah pada penampilan wajah Anda.

Maka dari itu Anda bisa mulai melakukan perawatan terhadap alis supaya penampilan Anda terlihat lebih baik dari sebelumnya.

Kesehatan alis juga harus tetap diperhatikan dengan baik melalui perawatan supaya penampilan alis dan wajah secara keseluruhan juga tetap terjaga dengan baik, misalnya mencegah serangan jamur, alis rontok, serangga dan sebagainya.

Menjaga kesehatan alis sebenarnya tidak terlalu susah kok, karena yang terpenting adalah Anda memiliki kemauan dan usaha yang kuat.

Cara Menjaga Kesehatan Alis

Berikut ini adalah Cara Menjaga Kesehatan Alis, diantaranya :

  • Pijatan Lembut Pada Alis

Supaya Alis menjadi lebih lebat, sehat dan bisa tumbuh dengan lebih cepat dan sehat maka Anda bisa melakukan pijatan yang dilakukan secara lembut, dimana hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah pada daerah alis.

Lakukan pijatan seperti ini selama 5 menit setiap hari, dan hasilnya akan menjadi lebih baik lagi jika Anda oleskan minyak almond atau minyak zaitun pada alis ketika melakukan pemijatan.

 

  • Menjaga Asupan Nutrisi Tubuh

Supaya tubuh senantiasa sehat maka tentunya Anda harus bisa menjaga kesehatan yang bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Begitu pula dengan kesehatan alis yang juga bisa dipengaruhi oleh nutrisi yang diperoleh oleh tubuh, seperti tembaga, seng, kalsium, vitamin, mineral, protein, dan zat besi..

Anda bisa mendapatkan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat misalnya seperti buah-buahan, sayur, daging, susu dan sebagainya.

 

  • Merapikan Bentuk Alis 

Anda bisa mengamati alis Anda, kemudian perhatikan apakah pertumbuhan alis Anda masih teratur atau tidak teratur.

Ada kalanya alis tumbuh dengan tidak teratur sehingga cukup sulit untuk membuatnya terlihat rapi.

Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan gel tertentu untuk membuat bentuk alis Anda menjadi lebih rapi, namun ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

 

    • Kebutuhan Cairan Tubuh Tercukupi

alis yang sehat

Supaya tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi dan tidak kekurangan cairan tubuh maka Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih dalam setiap harinya.

Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh maka hal ini akan membantu menjaga sistem imunitas tubuh serta bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga akan menjadi lebih lebat dan sehat, termasuk dengan rambut alis.

 

  • Tidak Mencabut Alis Secara Sembarangan

Ada sebagian kaum wanita yang terkadang mencabut alisnya kemudian menggantinya dengan tato alis.

Sebenarnya ketika bulu alis tercabut, maka pori-pori kulit yang ada pada area alis akan menjadi terbuka dan hal ini bisa menyebabkan masalah pada kulit area mata.

Dengan demikian sebaiknya jangan mencabut bulu alis secara sembarangan, lagipula hal ini justru akan menghilangkan atau mengurangi aura kecantikan Anda.

 

  • Menggunakan Pensil Alis

Sebagian besar kaum wanita seringkali menggunakan pensil alis, terutama ketika akan menghadiri acara-acara yang dianggapnya penting.

Fungsi pensil alis adalah untuk menambah kesan tebal dan lebat pada alis, atau bisa juga digunakan untuk menutupi alis mata yang mengalami kerontokan.

Jika Anda menggunakan pensil alis, maka disarankan untuk menyesuaikan warna pensil alis dengan alis Anda supaya lebih terlihat alami.

Namun supaya alis tetap senantiasa sehat dan bersih maka pastikan bahwa Anda membersihkan pensil alis yang menempel pada alis menjelang sebelum tidur malam.

 

  • Berkonsultasi Dengan Ahlinya

Alasan kenapa bentuk alis harus sesuai dengan bentuk wajah adalah untuk menghindari kesan norak atau tidak pantas.

Anda bisa melakukan konsultasi pada ahlinya supaya Anda bisa mendapatkan tips serta cara penanganan yang tepat terhadap alis Anda.

Anda juga bisa berkonsultasi pada ahli tersebut mengenai model alis Anda, apakah sesuai dengan wajah dan penampilan Anda secara keseluruhan.

 

  • Merapikan Alis mencabut bulu alis

Anda bisa merapikan bentuk alis Anda, misalnya dengan mencukur atau mencabut bulu alis.

Anda bisa mencukur atau mencabut bulu alis supaya terlihat lebih rapi ketika Anda sudah mendapatkan bentuk alis yang telah Anda inginkan.

Cara mencukur alis yang baik yaitu sisir alis Anda dengan menggunakan sikat alis, lalu akan terlihat rambut yang tidak sesuai dengan alis yang telah terbentuk.

Setelah itu gunakan pencabut alis untuk mencabut rambut yang terlihat tadi.

Namun Anda juga harus memperhatikan frekuensi mencabut bulu alis dan disarankan untuk mencabut bulu alis tidak lebih dari 1 kali dalam seminggu.

Bila Anda memaksakan diri untuk mencabut bulu alis lebih dari 1 kali dalam seminggu maka hasilnya akan membuat penampilan alis Anda menjadi tidak terlihat alami.

 

  • Perlakuan alis setelah dicukur 

Merawat alis yang tepat adalah apabila setelah melakukan pencukuran alis maka tunggulah beberapa saat hingga rasa sakit yang ditimbulkan akibat pencabutan hilang.

Setelah rasa sakit itu benar–benar hilang maka oleskan Vit E pada area alis, setelah itu Anda bisa juga mengoleskan concealer jika Anda ingin berpergian ke suatu tempat atau acara tertentu.

 

  • Gunakan Waktu Luang Untuk Merawat Alis

Melakukan perawatan alis pastinya membutuhkan ketelatenan serta ketelitian, maka dari itu gunakan waktu luang Anda untuk melakukan perawatan rambut alis supaya penampilan alis Anda menjadi terlihat lebih baik dan sempurna.

Alis yang sehat dan terawat akan menjadikan penampilan lebih menarik dan pastinya hal ini akan mendongkrak kepercayaan diri Anda.