Cara Sehat Agar Tidak Merasa Lemas Ketika Berpuasa

Puasa

Puasa

Puasa itu ibarat menunda waktu makan. Bila tubuh kita tidak kita persiapkan dengan baik untuk menunda makan selama 14 jam, pastinya kita akan merasa kelaparan yang sangat.

Akibatnya, kita akan merasa lapar dan sering  seperti orang kalap ketika berbuka puasa maupun makan sahur, sehingga tanpa kita sadari kita jadi memperbanyak porsi nasi untuk menghentikan rasa lapar yang kita rasakan.

Padahal, kebutuhan kalori selama kita berpuasa sebetulnya tidak berbeda dengan kebutuhan kalori seperti hari-hari biasa. Umumnya, orang Indonesia membutuhkan asupan kalori sebanyak 1700 sampai 2000 kalori per hari. Pembagian kalori yang baik ketika kita berpuasa adalah sebanyak 40 % pada saat makan sahur, 50% ketika berbuka puasa serta 10% setelah salat Tarawih.

Yang membedakan puasa dengan hari-hari biasa hanyalah pada jam makan serta porsinya. Penelitian telah membuktikan bahwa tubuh manusia bisa menyesuaikan diri dengan kondisi seperti ini. Pada minggu-minggu pertama puasa kemungkinan terasa begitu berat bagi sistem tubuh kita, namun perlahan-lahan tubuh kita akan merasa nyaman.

Yang perlu kita perhatikan adalah memilih jenis makanan yang akan kita konsumsi. Kita perlu asupan sumber karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah serta cairan bagi kesehatan kita selama berpuasa. Jadi, sebaiknya jangan memperbanyak jumlah karbohidrat saja, seperti nasi. Memilih sumber karbohidrat kompleks seperti kentang, nasi merah, roti gandum, singkong, ubi maupun oatmeal akan lebih baik bagi kesehatan.

Ketika kita berbuka puasa, tidak ada salahnya untuk menyajikan makanan maupun minuman yang manis seperti kolak maupun teh manis. Namun sebaiknya konsumsilah dalam porsi yang sewajarnya saja. Mengkonsumsi makanan maupun minuman manis secara berlebihan hanya akan membuat tubuh kita menjadi semakin lemas serta gampang merasa haus. Selain itu, kalori yang masuk ke dalam tubuh kita juga semakin meningkat.

Maka dari itu, kita perlu mengatur strategi untuk makan serta minum di bulan puasa ini agar tubuh kita tidak merasa lemas saat berpuasa. Dengan cara seperti ini maka ibadah puasa kita jadi semakin lancar.

lemas

lemas

Keadaan cuaca di bulan puasa umumnya terasa panas dan terik. Tenggorokan terasa kering serta tubuh menjadi terasa lemas karena tidak ada asupan makanan serta minuman saat kita menjalankan ibadah puasa. Padahal, aktivitas kita dibulan puasa masih tetap berjalan seperti biasanya. Karena rasa lemas ketika berpuasa, umumnya waktu berbuka puasa jadi seperti balas dendam.

Balas dendam dengan cara mengkonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan ketika berbuka puasa maupun sahur justru tidak sesuai dengan makna dari puasa serta dapat membahayakan tubuh kita sendiri nantinya. Di bulan puasa, kita justru diharuskan untuk mengendalikan semua nafsu kita.

Balas dendam ketika berbuka puasa maupun saat makan sahur nantinya akan membuat kadar gula dalam tubuh kita semakin melonjak. Untuk menormalkan kembali kadar gula dalam tubuh kita, maka kadar insulin dalam tubuh kita juga ikut-ikutan meningkat.

Setelah kadar gula dalam tubuh kita mulai berkurang, maka kita jadi semakin lapar dalam waktu yang relatif cepat. Maka dari itu, puasa jadi terasa semakin berat karena kita sudah merasa lapar sebelum waktunya.

Makanan-makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi padang maupun nasi goreng akan berpotensi untuk meningkatkan kadar gula dalam tubuh kita dengan cepat.

Selain itu, makanan yang mengandung tepung dan gula seperti kue serta makanan berlemak seperti gorengan juga dapat membuat kadar gula dalam tubuh kita meningkat dengan cepat. Makanan seperti ini juga justru membuat kita merasa tidak kenyang, sehingga tanpa kita sadari kita telah mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Untuk mengatasi rasa lemas ketika kita berpuasa, sebaiknya lakukan dua langkah seperti dibawah ini:

  • Pilih makanan berserat
berbuka puasa

berbuka puasa

Mengkonsumsi makanan secara bijak merupakan hal yang paling utama untuk menghindari lemas ketika berpuasa. Makanlah makanan yang kaya akan serat serta perbanyak konsumsi air putih ketika berbuka puasa maupun ketika makan sahur. Misalnya, konsumsi nasi secukupnya saja dengan sup sayuran ketika makan sahur akan membuat perut merasa kenyang lebih lama  ketika kita berpuasa.

Konsumsi serat dan memperbanyak minum air putih merupakan hal yang baik untuk mencegah terjadinya lemas serta rasa mudah lapar ketika berpuasa. Serat dan air akan lebih lama berada di dalam usus sehingga tubuh kita tidak segera mengirim sinyal lapar ke organ otak. Selain sayuran kita juga perlu menambah asupan buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh kita selama berpuasa.

Agar kita dapat merasa kenyang lebih lama, usahakan makan sahur pada jam tiga pagi yang menunya setara dengan menu makan pagi atau sarapan. Menu makan sahur yang baik dan mengenyangkan adalah nasi, sup ayuran ditambah dengan telur sebagai asupan protein. Disusul dengan konsumsi potongan buah serta perbanyak minum air putih ketika waktu mulai mendekati Imysak.

  • Makanan selingan yang menyehatkan

Karena kita sedang berpuasa, maka waktu makan siang dialihkan menjadi jam 6 petang yang kita sebut berbuka puasa. Kita tidak dilarang untuk mengkonsumsi makanan yang berat. Namun sebaiknya awali dengan minum air putih dan mengkonsumsi 3 potong kurma atau beberapa potong buah segar agar pencernaan kita tidak “kaget”. Umumnya makanan berat baru dikonsumsi setelah salat Magrib. Setelah salat Tarawih kita juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan selingan sebelum tidur.

Sebaiknya kita memilih makanan selingan yang menyehatkan. Kita diperbolehkan mengkonsumsi yang manis-manis, namun sebaiknya jangan berlebihan. Makanan selingan yang kaya akan tepung, gula maupun lemak akan membuat gula darah meningkat secara drastis.

Salad sayuran maupun salad buah sangat cocok untuk dijadikan makanan selingan setelah salat Tarawih. Kita juga bisa mengkonsumsi sup sayuran maupun susu agar perut kita terasa kenyang lebih lama sebelum tidur.

Dengan mengkonsumsi makanan secara bijaksana, maka segala manfaat yang baik dari berpuasa bagi kesehatan kita akan benar-benar dapat kita rasakan. Dengan memperbanyak asupan  sayur dan buah, maka proses detoksifikasi tubuh kita akan berjalan dengan optimal selama berpuasa dan kita tidak merasa lemas lagi saat berpuasa.