Cara Untuk Mencegah Dan Mengatasi Dehidrasi

cuaca panas

cuaca panas

Cuaca yang panas dan terik seperti di wilayah Asia, khususnya di Indonesia dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah mengalami dehidrasi. Seperti yang kita ketahui bersama, dehidrasi bisa terjadi pada siapa saja baik tua maupun muda.

Kondisi dehidrasi disebabkan oleh hilangnya atau berkurangnya cairan dalam tubuh kita sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti pusing, hilangnya konsentrasi, gemetar, kulit kering dan lain sebagainya.

Dehidrasi seringkali menyebabkan lapisan kulit menjadi tipis sehingga kulit menjadi tampak berkerut yang nantinya dapat menimbulkan penuaan dini.

Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi, meliputi:

  • Minumlah air dalam jumlah yang banyak. Normalnya, kita disarankan untuk minum air paling tidak sebanyak 8 gelas atau sekitar 2,5 sampai 3 liter air setiap hari untuk mencegah munculnya dehidrasi.
  • Minum minuman berenergi. Minuman berenergi mengandung rasa serta sodium yang justru dapat mendorong seseorang menjadi lebih banyak mengkonsumsi cairan. Sselain itu, minuman berenergi juga mengandung unsur vitamin dan mineral yang dapat menggantikan ion dalam tubuh yang hilang.
  • Hindari minuman yang mengandung kafein serta minuman yang mengandung alkohol. Minuman yang mengandung kafein serta alkohol karena justru dapat menyebabkan dehidrasi berat.
  • Jangan minum minuman bersoda. Minuman bersoda mengandung  gula yang tidak baik untuk kesehatan serta mengandung soda yang justru dapat mencegah masuknya cairan dalam tubuh kita.
  • Sebisa mungkin pakailah pakaian yang yang berwarna terang dan dapat menyerap keringat. Pakaian yang berwarna gelap justru membuat kita semakin terasa panas sehingga menyebabkan semakin banyak cairan yang keluar.
  • Usahakan untuk berada di tempat yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari. Sebisa mungkin gunakan sunblok agar kulit tetap terjaga kelembabannya.

Orang yang beraktivitas di bawah sinar matahari yang panas dapat menimbulkan dehidrasi hanya dalam waktu 15 menit saja.

minum air

minum air

Bila anda mulai merasakan berbagai gejala yang timbul karena dehidrasi, ada bainya untuk menghentikan segala aktivitas serta segera berisitirahat di tempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari. Kemudian segera ganti cairan tubuh yang hilang dengan cara minum air dalam jumlah yang banyak.

Saat kita merasa haus, minum segelas minuman dingin akan terasa sangat menyegarkan. Cara seperti ini relatif bagus untuk mengatasi dehidrasi, namun anda perlu ingat, jangan minum minuman bersoda atau mengandung gula dalam jumlah banyak. Air putih yang dingin lebih cocok untuk mengatasi dehidrasi.

Selain dengan cara minum air, untuk mengatasi dehidrasi, kita juga bisa mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang mengandung air yang dapat menggantikan cairan yang kita keluarkan.

130426_health

Jenis makanan yang dapat menggantikan cairan yang kita keluarkan, umumnya adalah dari buah maupun sayuran yang memang banyak mengandung air. Meskipun kadar air dalam buah maupun sayuran tidak terlalu banyak, namun bisa juga digunakan untuk menggantikan cairan tubuh.

Ada banyak jenis makanan yang dapat memuaskan dahaga sehingga kita dapat terhindar dari bahaya dehidrasi.

Beberapa jenis buah serta makanan lain yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi, adalah sebagai berikut:

  • Kelapa

Kelapa terutama air kelapa dapat dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi. Selain memiliki rasa yang manis dan segar, air kelapa dapat mengembalikan ion-ion tubuh yang hilang sehingga tubuh menjadi terasa semakin segar.

  • Berries
Raspberry dan blueberry

Raspberry dan blueberry

Buah dari keluarga berries seperti blackberry, raspberry, blueberry maupun strawberry mengandung air sebanyak 90%. Saat anda merasa haus, anda bisa mengkonsumsi buah berries yang selain dapat menjauhkan kita dari bahaya dehidrasi juga dapat memberikan berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh kita.

  • Semangka

Semangka mengandung banyak sekali air. Selain dapat mengatasi dehidrasi, semangka juga mengandung berbagai nutrisi seperti betacaroten, likopen serta vitamin C yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Semangka dapat menggantikan ion tubuh yang keluar bersama keringat dan juga dapat menjaga kesehatan organ ginjal karena memiliki sifat diuretik.

  • Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan air sebanyak 88%. Selain dapat mengatasi dehidrasi, dengan mengkonsumsi yoghurt anda akan mendapatkan kalsium, vitamin D, protein serta probiotik yang baik untuk menjaga sistem pencernaan. Selain itu yoghurt juga mengandung natrium serta kalium yang dapat menggantikan ion tubuh yang keluar bersama keringat.

  • Oatmeal

Mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan pagi, dapat mencegah kita mengalami dehidrasi. Oatmeal dapat menyerap air dalam jumlah yang lebih banyak dan setelah dicerna di dalam perut sehingga dapat mencegah munculnya dehidrasi. Selain itu oatmeal juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

  • Pear

untitled-107100907

Buah pear pengandung air yang dapat kita konsumsi untuk mencegah bahaya dehidrasi. Selain itu, pear juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

  • Ketimun

Ketimun kaya akan air serta mengandung vitamin C yang selain dapat mencegah bahaya terjadinya dehidrasi, juga dapat menjaga daya tahan tubuh serta menjaga kelembaban kulit. Selain itu, timun juga kaya akan serat yang dapat menetralkan racun dalam sistim pencernaan yang nantinya akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

  • Kiwi
manfaat buah kiwi

manfaat buah kiwi

Kiwi juga dapat kita konsumsi untuk mengatasi dehidrasi. Selain mengandung air, kiwi juga bagus untuk kesehatan tubuh serta dalam menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi kiwi setiap hari akan membuat tubuh dan kulit kita semakin sehat.

  • Apel

Buah apel juga dapat kita konsumsi untuk mencegah munculnya dehidrasi. Sebutir buah apel mengandung banyak air,serta berbagai macam vitamin serta mineral yang baik untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh.  Mineral yang terkandung di dalam apel, meliputi potasium, magnesium, zat besi serta kalsium.

  • Blewah

Blewah mengandung banyak air yang dapat mengatasi dehidrasi dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, blewah juga baik dapat dikonsumsi untuk mengurangi uric acid atau asam urat yang berlebihan dalam tubuh kita sehingga kita terbebas dari penyakit asam urat.

2 comments for “Cara Untuk Mencegah Dan Mengatasi Dehidrasi

  1. Pingback: Bryan
  2. Pingback: Alan

Comments are closed.