Cara Untuk Mengurangi Kalori Berlebih

pisang kaya akan potasium

pisang kaya akan potasium

Mengurangi jumlah kalori menjadi suatu hal yang sangat penting untuk mengurangi berat badan. Sebab, ketika kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak jumlahnya daripada kalori yang kita keluarkan, maka tubuh kita akan secara otomatis menyimpan kalori berlebihan tersebut untuk dijadikan cadangan energi dalam bentuk lemak.

Cara yang biasa dilakukan untuk mengurangi jumlah kalori dalam tubuh adalah dengan mengatur pola makan yang biasa disebut diet atau melakukan olahraga. Namun, kebanyakan orang-orang lebih suka untuk memilih salah satu dari kedua pilihan tersebut. Hal seperti ini sering terjadi karena masih banyak orang yang merasa kebingungan, manakah yang lebih efektif untuk mengurangi kalori berlebih dalam tubuh?

Untuk mengurangi jumlah kalori berlebih dalam tubuh kita, kita bisa melakukan diet dengan benar serta dikombinasikan dengan berolahraga secara rutin, untuk membakar kelebihan kalori yang ada dalam tubuh kita.

Sesungguhnya, cara yang paling efektif untuk mengurangi jumlah kalori yang berlebihan dalam tubuh kita adalah dengan cara diet. Dengan cara melakukan diet maka kita bisa mengendalikan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita sehingga kita dapat menurunkan berat badan karena adanya penumpukan kalori yang berlebihan dalam tubuh kita.

makanan berkalori tinggi

makanan berkalori tinggi

Namun, dengan melakukan diet, seseorang tidak akan secara otomatis dapat mengurangi berat badannya. Pada satu titik tertentu, berat badan seseorang tidak akan bisa lagi untuk diturunkan dengan cara melakukan diet, karena metabolisme tubuhnya menjadi semakin lambat.

Dengan cara melakukan diet untuk mengurangi asupan kalori maka sama saja dengan memperlambat metabolisme tubuh kita sendiri. Dengan metabolisme tubuh yang semakin lambat, maka semakin sedikit pula jumlah kalori yang terbakar dalam tubuh, sehingga lama kelamaan cara seperti ini jadi tidak efektif lagi.

Bila kita hanya melakukan olahraga saja untuk membakar semua kalori yang telah menjadi lemak dalam tubuh kita tanpa disertai dengan mengatur pola makannya, maka metabolisme tubuh kita akan semakin meningkat serta jumlah kalori yang terbakar semakin banyak.

Namun, bila jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh kita lebih banyak, kemungkinan jumlah kalori berlebih tersebut tidak dapat terbakar semua dengan cara melakukan olahraga.

Misalnya, bila kebutuhan kalori tubuh seseorang adalah 1800 kalori. Lalu orang tersebut melakukan olahraga seperti jogging selama 30 menit dengan kecepatan 8 km / jam maka kalori yang terbakar sebanyak 250 kalori. Saat orang tersebut mengasup kalori sebesar 2100, maka orang tersebut masih kelebihan kalori sebesar 50 kalori. Sehingga berat badannya tetap saja akan meningkat secara akumulatif.

Maka dari itu, untuk menurunkan berat badan dengan lebih sempurna, maka dengan cara melakukan diet serta olahraga penting sekali untuk dilakukan secara bersamaan. Saat asupan kalori yang masuk ke tubuh dapat dikurangi, sedangkan tubuh masih dapat membakar kalori dengan lebih banyak, maka hasilnya akan semakin efektif.

Menurut sebuah penilitian yang diterbitkan di dalam jurnal kesehatan Psychological Science, selain melakukan olahraga cara lain yaitu dengan menjauhi makanan yang mengandung kalori tinggi dalam menu makanan sehari-hari merupakan cara yang paling baik dalam menurunkan berat badan.

olahraga lari

olahraga lari

Saat tubuh kita mulai mengalami kelebihan berat serta berbagai penyakit mulai bermunculan, maka mengatur kalori yang masuk kedalam tubuh sangat perlu untuk diperhatikan. Banyaknya kalori yang masuk ke dalam tubuh tanpa diimbangi dengan pengeluaran kalori, maka perlu dilakukan cara untuk menurunkan berat badan, seperti melakukan diet serta berolahraga.

Sayangnya, masih banyak kesalahan yang terjadi di masyarakat karena masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam mengurangi kalori berlebihan dalam tubuhnya.

Orang-orang sering menjadikan berat badannya sebagai tolok ukur saat melakukan latihan fisik. Berat badan tidak dapat diturunkan dengan cepat dan mudah, sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama untuk membakar lemak serta menambah massa otot agar beran badan turun.

Kalori akan lebih cepat terbakar dengan menerapkan gaya hidup aktif. Modifikasi gaya hidup serta memperbanyak aktivitas agar tubuh banyak bergerak akan lebih baik untuk membakar kalori.

Selain banyak kesalahan dalam pola latihan, kesalahan yang masih sering ditemukan adalah dalam mengatur makanan. Kebanyakan orang-orang lebih sering melakukan cara menahan lapar atau membatasi konsumsi makanan yang berkalori untuk menurunkan berat badannya.

Padahal, cara menahan lapar maupun membatasi makanan tertentu yang berkalori akan menyebabkan konsumsi makanan jadi semakin meningkat serta dapat menyebabkan kalori yang masuk ke dalam tubuh jadi semakin banyak.

Hasilnya, bukannya kalori yang berlebihan yang berkurang, namun justru berat badan menjadi semakin bertambah karena kesalahan dalam mengatur kalori yang masuk maupun yang keluar.

Yang benar, asupan kalori yang masuk harus setara atau sesuai dengan kebutuhan tubuh kita akan kalori. Namun kenyataannya, asupan kalori sering kali jumlahnya berlebihan dan ditandai dengan berat badan yang terus bertambah. Padahal, kalori selalu ada dalam setiap makanan yang mengandung karbohidrat, protein serta lemak.

Sayangnya, masyarakat di Indonesia cenderung lebih akrab dengan makanan yang kaya akan karbohidrat serta lemak. Dengan pola makan yang tinggi karbohidrat serta lemak, maka agar tidak terjadi kelebihan kalori, masyarakat sebaiknya memilih metode diet lemak sedang.

Metode diet lemak sedang dapat mengurangi asupan kalori secara berlebihan yang berasal dari makanan berlemak serta angka kecukupan gizi tetap seimbang. Cara seperti ini bagus sekali untuk mempertahankan kesehatan tubuh kita dalam waktu yang lama.

Kunci keberhasilan dari merode diet lemak sedang adalah dengan memilih asupan makanan secara lebih bijaksana. Sebaiknya hindari makanan yang digoreng, makanan bersantan serta makanan olahan yang semuanya itu mengandung kalori yang sangat tinggi. Selain itu hindari konsumsi bagian dari hewan yang mengandung lemak, seperti kulit, kaki, iga, sayap, hati maupun ampela.

makanan rendah kalori

makanan rendah kalori

Makanan yang dikonsumsi sebaiknya makanan yang diolah tanpa kandungan kalori berlebihan seperti makanan yang diolah dengan cara di tumis, bakar, kuah, pepes maupun di tim. Makanan berkuah yang mengandung rendah kalori , adalah sup, rawon maupun semur. Untuk daging pilihlah daging yang tidak berlemak, seperti dada ayam tanpa kulit, tenderloin maupun daging kambing tanpa lemak.

Untuk menurunkan berat badan, sebaiknya kurangi asupan kalori serta dikombinasikan dengan olahraga. Cara seperti ini akan memaksa tubuh kita mengeluarkan cadangan lemak yang mengandung banyak kalori untuk diubah menjadi energi, sehingga berat badan pun akhirnya berkurang.

Setiap hari, manusia membutuhkan 1250 sampai 2000 kalori untuk menjalankan semua aktivitas sehari-hari. Kebutuhan kalori seseorang tegantung dari jenis kelamin, tinggi dan berat badan, usia, dan aktivitasnya dalam sehari-hari. Manusia tidak boleh kekurangan maupun kelebihan kalori.

Sebab, kalori merupakan bahan bakar yang paling utama dalam memenuhi kebutuhan energi yang kita keluarkan sehari-hari. Bila jumlah kalori dalam tubuh terlalu sedikit akan mengakibatkan penurunan berat badan serta munculnya malnutrisi. BIla kelebihan kalori maka akan mengakibatkan obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes serta tingginya lemak dalam tubuh seperti kolesterol maupun trigliserida.

Hal yang paling penting adalah bagaimana untuk mengatur asupan kalori agar tetap sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jenis makanan yang mengandung kalori dalam jumlah rendah adalah jenis sayuran hijau segar yang tidak diolah.

Untuk minuman yang rendah kalori adalah air putih, teh tawar tanpa gula dan air mineral. Selain tiga minuman tersebut, minuman lainnya sudah pasti mengandung kalori. Maka dari itu sebaiknya mulailah menyeimbangkan asupan makanan dengan tetap beraktivitas serta berolahraga setiap hari agar tubuh kita tetap sehat dan tidak kelebihan kalori.

1 comment for “Cara Untuk Mengurangi Kalori Berlebih

  1. Pingback: floyd

Comments are closed.