Cara Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

organ otak

organ otak

Seperti otot dalam tubuh kita, otak juga membutuhkan latihan. Bila anda sering menggunakan otak untuk berpikir maka anda akan menjadi seorang pemikir yang terampil serta akan meningkatkan kemampuan anda dalam berkonsentrasi.

Namun, bila anda jarang bahkan tidak pernah menggunakan otak anda untuk berpikir, tentunya kemampuan dalam berpikir maupun belajar akan semakin memburuk.

Tidak semua orang ditakdirkan untuk memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Namun, masih ada peluang untuk bisa memiliki kecerdasan yang baik, dan semua itu bisa diraih dengan berbagai cara.

Meningkatkan kecerdasan otak merupakan sesuatu yang wajib untuk dilakukan oleh semua orang. Ada begitu banyak cara yang bisa kita lakukan untuk merangsang perkembangan otak yang nantinya akan meningkatkan kecerdasan otak.

Berbagai cara untuk meningkatkan kecerdasan otak, meliputi:

  • Sarapan makanan yang bergizi

Tubuh kita ibaratnya sama seperti mobil. Mobil tidak akan bisa jalan bila tidak ada bahan bakar. Maka dari itu, kita perlu sarapan makanan yang bergizi untuk bahan bakar kita dalam menjalankan semua aktivitas sehari-hari. Makan sarapan yang bergizi akan membuat tubuh kita semakin sehat, mampu meningkatkan kecerdasan otak serta mamperbaiki kondisi mental.

  • Kurangi gula

Gula mampu membuat anda menjadi cepat lelah serta membuat anda merasa malas. Berbagai makanan maupun minuman yang kaya akan gula akan membuat anda sulit untuk berpikir dengan baik. Konsumsi makanan maupun minuman yang kaya akan gula akan membuah kandungan insulin dalam darah menjadi lebih banyak untuk memproses gula yang masuk. Semakin banyak insulin yang terkandung dalam darah dan tubuh membuat kita menjadi malas serta cepat lelah.

  • Konsumsi makanan yang baik untuk otak
makanan sehat

makanan sehat

Ada begitu banyak makanan yang baik untuk otak, seperti sayur-sayuran yang berwarna hijau tua, minyak ikan maupun kacang-kacangan. Masukkan berbagai jenis makanan tersebut kedalam diet anda sehari-hari untuk meningkatkan kecerdasan otak anda.

  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Semua organ dalam tubuh kita sangat membutuhkan cairan, begitu juga dengan organ otak. Sel-sel otak memerlukan keseimbangan yang baik antara cairan dengan elemen-elemen lain untuk dapat bekerja secara lebih efisien. Maka dari itu, sebaiknya cukupilah kebutuhan cairan tubuh anda sehari-hari untuk meningkatkan kecerdasan serta konsentrasi anda.

  • Mendengarkan music

Mendengarkan music kesukaan anda, mampu meningkatkan kecerdasan serta daya ingat dari otak anda. Music klasik sering digunakan sebagai terapi untuk mencerdaskan anak maupun janin. Padahal masih banyak jenis music lainnya yang dapat kita dengarkan untuk meningkatkan kerja otak kita.

  • Otak yang selalu aktif

Otak kita sebaiknya selalu aktif, kecuali ketika anda sedang tidur maupun dengan berisitirahat. Otak yang selalu aktif dan selalu digunakan untuk berpikir maupun mengingat akan membuat kita semakin cerdas.

  • Rajin berolahraga

Bila kita rajin berolahraga, maka aliran darah dalam tubuh kita semakin lancar. Aliran darah yang lancar tentunya akan melancarkan oksigen yang diperlukan oleh semua organ tubuh kita, termasuk otak. Otak yang selalu dalam kondisi cukup oksigen akan selalu dalam kondisi sehat.  Dengan begitu, maka akan tercipta sel-sel otak yang baru yang nantinya akan meningkatkan kecerdasan kita.

  • Kurangi menonton acara televisi yang tidak mendidik

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, terlalu banyak menonton acara televisi yang tidak mendidik, akan menurunkan kecerdasan otak. Terlebih lagi bila kita tonton secara berlebihan. Kurangi menonton acara televisi yang tidak mendidik dan gantilah dengan acara televisi yang lebih mendidik, seperti ilmu pengetahuan maupun film documenter.

  • Banyak membaca
membaca buku

membaca buku

Kecerdasan dimulai dengan membaca. Semakin banyak bahan bacaan yang kita baca, maka akan semakin banyak informasi yang masuk kedalam otak kita. Dengan begitu otak kita akan menjadi semakin cerdas.

  • Menulis

Menulis merupakan suatu aktivitas yang baik untuk membuat kita selalu berpikir. Anda bisa menulis semua yang anda rasakan atau anda lakukan dalam sebuah secarik kertas. Dengan begini anda akan mengingat kembali apa saja yang sudah anda lakukan. Pelan tapi pasti, cara seperti ini akan membuat otak anda lebih terasah dan menjadi lebih cerdas.

  • Mencoba berbagai hal baru

Pada kenyataannya, otak kita sangat menyukai hal-hal yang baru. Cobalah berbagai hal yang baru, seperti mencoba makanan yang baru yang belum pernah anda makan, melewati rute perjalanan yang baru saat hendak ke kantor dan lain sebagainya. Dengan bertambahnya hal-hal baru serta pengalaman baru, maka sel-sel otak kita akan semakin cepat bekerja dan membuat kita semakin cerdas.

  • Tidur yang cukup

Tidur adalah cara untuk mengistirahatkan otak. Dengan tidur, maka semua sel dan jaringan dalam tubuh kita akan melakukan regenerasi serta membuang segala racun yang menumpuk dalam tubuh kita. Orang dewasa memerlukan waktu untuk tidur selama 7 sampai 8 jam setiap hari.

  • Berpikir positif

Kecemasan serta stress merupakan hal yang sangat merusak sel-sel otak serta mampu menghalangi proses produksi neuron dalam otak anda. Bila kondisi seperti cemas, panic maupun stress selalu terjadi secara terus menerus, maka otak kita semakin cepat tumpul. Bila anda sering berpikir positif, sel-sel otak maupun neuron dalam otak kita akan semakin baik dan selalu dalam kondisi prima. Dengan berpikir positif maka otak kita akan semakin cerdas.

  • Bermain puzzle

Bermain puzzle mampu meningkatkan kecerdasan. Karena, dalam bermain puzzle kita memerlukan daya ingat yang tinggi. Selain bermain puzzle anda juga bisa melatih otak anda dengan mengisi teka teki silang.