Cara Untuk Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

gambaran sistem pencernaan

gambaran sistem pencernaan

Di zaman modern seperti sekarang ini kita sepertinya terjebak dalam kesibukan kita masing-masing, sehingga banyak yang lupa tentang kondisi kesehatannya.

Karena kita terlalu sibuk dengan segala aktivitas kita, maka kita sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Ada juga yang karena terlalu sibuk beraktivitas, sehingga sering terlambat makan.  

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat serta sering terlambat makan sebenarnya mampu mempengaruhi kesehatan pencernaan dalam tubuh kita.

Sama seperti bagian lain dari tubuh kita, kesehatan system pencernaan kita dapat dipengaruhi oleh berbagai factor, seperti mental, fisik, fisiologis, emosi dan lain sebagainya. Sebenarnya ada banyak cara untuk memperbaiki dan bahkan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Untuk memastikan system pencernaan kita selalu sehat dan bekerja secara normal, maka kita perlu mempertimbangkan berbagai factor dalam kehidupan kita sehari-hari. Berbagai macam cata untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, meliputi:

  • Probiotik

Bila anda ingin agar system pencernaan anda bekerja secara lebih efisien, maka probiotik adalah solusi yang baik. Probiotik atau bakteri baik nantinya akan ikut menjaga kesehatan system pencernaan dengan meningkatkan penyerapan serta melindungi system pencernaan dari bakteri jahat. Dengan mengkonsumsi probiotik maka system pencernaan anda akan lebih baik dan lebih lancar.

  • Olahraga

Semua masalah kesehatan sebenarnya dapat dikurangi dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga akan meningkatkan denyut jantung dan mengurangi racun berlebihan melalui keringat. Olahraga juga akan meningkatkan aliran darah serta merangsang metabolism tubuh. Bahkan olahraga mampu membantu mengatur lapar, membakar kalori yang berlebihan, meningkatkan otot serta mengurangi obesitas. Semuanya itu nantinya akan ikut mempengaruhi kesehatan system pencernaan dan juga kesehatan anda secara menyeluruh.

  • Pisang
pisang

pisang

Pisang mengandung kalium yang baik sekali bagi kesehatan. Kalium merupakan vasodilator serta bersifat anti-inflamasi, yang nantinya akan ikut berperan dalam menjaga system  pencernaan tetap dalam kondisi sehat. Selain itu pisang juga kaya akan serat yang nantinya akan ikut membantu kelancaran kerja system pencernaan.

  • Berhenti merokok

Merokok mampu memperburuk kondisi kesehatan setiap bagian dari tubuh kita, termasuk system pencernaan. Rokok sebetulnya memiliki sifat astringent yang nantinya mampu membuat setiap sel dalam tubuh kita berkerut, penyempitan pada pembuluh darah serta mampu meningkatkan kemungkinan terjadinya peradangan. Apabila terjadi peradangan pada usus, nantinya akan berakibat buruk, seperti mulas, luka pada usus serta berbagai komplikasi usus lainnya.

  • Alpukat

Alpukat juga kaya akan kalium dan jugar serat alami. Hal ini nantinya akan ikut merangsang gerak peristaltic pada usus serta mengurangi peradangan dalam usus. Selain itu alpukat juga kaya akan antioksidan yang nantinya akan melindungi kesehatan tubuh serta system pencernaan dalam tubuh kita.

  • Kurangi alcohol

Sebaiknya kurangi konsumsi minuman beralkohol. Minuman beralkohol mampu mempengaruhi kesehatan dan kerja organ tubuh, termasuk organ dalam system pencernaan. mengkonsumsi minuman berlakohol secara berlebihan tidak hanya akan menyebabkan muntah, namun juga dapat penyebabkan munculnya peradangan pada organ system pencernaan dan juga merusak usus maupun lambung.

  • Bayam

Bayam mengandung serat larut dan juga serat yang tidak larut dalam air. Serat yang tidak larut dalam air pada dasarnya tidak dapat digunakan untuk membantu kelancaran kerja system pencernaan. Namun, serat tidak larut justru baik sekali untuk mengurangi gejala diare. Bayam mengandung lutein yang nantinya akan dipecah selama proses pencernaan dan nantinya akan ikut melindungi kesehatan organ pencernaan dari dalam.

  • Kurangi kopi

Kopi memang mampu membuat kita menjadi lebih berenergi di pagi hari. Namun, sebenarnya kopi memiliki sifat asam yang nantinya akan ikut meningkatkan keasaman perut kita. Hal ini akan semakin parah bila kita punya kebiasaan tidak pernah sarapan di pagi hari. Anda bisa mengganti kopi dengan teh atau mengurangi kebiasaan anda minum kopi, untuk meningkatkan kesehatan system pencernaan.

  • Kayu manis
kayu manis

kayu manis

Untuk memperbaiki kesehatan system pencernaan, anda juga bisa menggunakan kayu manis. Sebenarnya kayu manis memiliki sifat karminatif yang nantinya akan meringankan gas yang berlebihan dalam perut, bahkan mampu mencegah terjadinya keputihan pada wanita.

  • Kurangi stress

Berkurangnya kesehatan system pencernaan juga dapat disebabkan karena adanya stress. Ketika kita mengalami stress, maka hormone stress dalam tubuh meningkat dan akan mempengaruhi berbagai system dalam tubuh kita, termasuk system pencernaan. Tentunya anda pernah merasa perut anda seolah-olah terasa kaku tidak nyaman saat anda mengalami stress. Dengan mengurangi stress yang anda alami, maka system pencernaan anda akan normal kembali.

  • Jintan

Jintan telah digunakan sejak zaman dahulu untuk memperbaiki masalah pencernaan khususnya mengurangi mulas. Munculnya heartburn atau rasa panas pada bagian dada karena adanya penumpukan asam di kerongkongan, merupakan hasil dari mengkonsumsi makanan pedas maupun asam. Anda bisa mengurangi heartburn dengan cara mengunyah beberapa biji jintan atau mencampurnya dalam makanan anda.

  • Merica

Merica khususnya yang berwarna hitam, atau biasa disebut black pepper, mengandung piperin. Piperin ini nantinya akan ikut meningkatkan jumlah cairan pencernaan. Peningkatan jumlah cairan pencernaan nantinya akan merangsang pencernaan serta meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. Jika anda ingin system pencernaan anda selalu dalam keadaan baik, cobalah untuk menggunakan black pepper atau merica dalam makanan anda. Hal ini juga mampu mengurangi sembelit.

  • Jahe

Jahe sebenarnya telah lama digunakan untuk menenangkan perut serta mampu mengurangi terjadinya peradangan dalam usus. Jahe juga bisa diambil dalam jumlah yang lebih besar untuk dijadikan obat pencahar alami, yang nantinya akan membersihkan semua racun yang terperangkap dalam system pencernaan dan juga mampu menghilangkan sembelit.

  • Minum air putih
air putih

air putih

Salah satu cara yang paling mudah da sederhana untuk menjaga kesehatan system pencernaan adalah minum air putih. Air yang kita minum nantinya akan dirubah menjadi cairan pencernaan dan ikut membantu kelancaran proses pencernaan. Bila anda mengalami sembelit maupun sakit pada usus, perbanyak minum air putih. Cara seperti nantinya akan melancarkan pergerakan dan proses pencernaan dalam tubuh kita.

  • Almond

Kacang almond ternyata juga mampu digunakan sebagfai agen probiotik dalam tubuh kita. Kacang almond yang kita konsumsi nantinya akan ikut merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam organ pencernaan, sehingga nantinya akan ikut memperbaiki kondisi usus dan system pencernaan lainnya. Almond juga kaya akan serat yang dapat meningkatkan pencernaan serta mengurangi sembelit.

  • Teh

Cobalah untuk minum teh setelah makan malam. Mengkonsumsi teh setelah makan malam akan ikut membantu kelancaran kerja organ pencernaan serta menenangkan perut. Setiap jenis teh memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Sebaiknya minumlah teh hijau atau teh oolong yang kaya akan polifenol yang baik sekali untuk kesehatan system pencernaan.