Cara Yang Baik Untuk Mengatasi Batuk Pilek Pada Anak

batuk pilek

batuk pilek

Bila anda membawa anak anda kedokter karena terserang penyakit seperti batuk pilek, seringkali dokter memberikan resep obat dan disertai dengan antibiotik. Bahkan bila resep yang diberikan oleh dokter tadi tidak disertai dengan antibiotik, tidak jarang orang tua membeli sendiri antibiotik.

Padahal, pemberian antiobiotik untuk penyakit tertentu seringkali dinilai sebagai tindakan yang terlalu berlebihan. Dr. Purnawati Pujiarto, seorang dokter spesialis anak serta aktivis dari YOP atau Yayasan Orangtua Perduli menyatakan bahwa, bila anak terserang suatu penyakit misalnya batuk pilek, maka kita perlu memeriksa apa penyebab dari batuk pilek tersebut.

Penyakit seperti batuk pilek bisa saja terjadi karena infeksi atau karena hal yang lainnya. Bila memang batuk pilek terjadi karena adanya infeksi, kita juga perlu mengetahuinya lebih lanjut lagi. Apakah infeksi tersebut karena bakteri atau karena virus.

Batuk pilek yang disebabkan oleh virus sebenarnya tidak memerlukan antibiotik. Karena, antibiotik tidak didesain untuk membasmi virus. Antibiotik didesain khusus untuk membasmi bakteri. Dengan pemberian antibiotik, semua bakteri baik yang berguna maupun tidak dalam tubuh si anak akan mati. Bila pemberian antibiotik terjadi secara terus menerus, lama kelamaan akan terjadi resistensi.

Penyakit pada anak-anak seperti batuk pilek, sebenarnya tidak memerlukan pengobatan khusus apalagi disertai dengan antibiotik. Penyakit pilek yang umum terjadi pada anak-anak meliputi gejala seperti peningkatan produksi lendir, batuk-batuk serta pusing.

Penyakit batuk pilek pada anak sebenarnya akan sembuh dengan sendirinya. Pemberian obat-obatan hanya bertujuan untuk memberikan kenyamanan serta meringankan gejala dari batuk pilek yang dialami oleh anak-anak.

pilek pada anak

pilek pada anak

Penyakit batuk pilek merupakan penyakit yang umum dan sering terjadi pada anak-anak. Anak yang terserang penyakit seperti batuk pilek bahkan sudah dianggap wajar. Penyakit batuk pilek pada anak justru akan memacu daya tahan tubuh anak itu sendiri nantinya.

Maka dari itu orang tua tidak perlu terlalu khawatir tentang kesehatan si anak bila si anak mulai bermain hujan-hujanan. Sebab kegiatan seperti ini nantinya justru akan membuat si anak menjadi semakin kebal terhadap serangan penyakit seperti batuk pilek.

Di cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, banyak anak-anak yang terserang penyakit seperti batuk pilek. Sebenarnya, batuk pilek bukanlah suatu penyakit. Batuk pilek merupakan gejala dari penyakit influenza atau flu.

Dibawah ini adalah beberapa cara yang baik untuk mengatasi batuk pilek pada anak:

  • Beri waktu pada anak anda untuk beristirahat. elain itu beri minum dalam jumlah yang lebih banyak pada anak anda ketika mengalami batuk pilek. Cara seperti ini akan sangat berguna untuk mengencerkan dahak sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah.
  • minum obat

    minum obat

    Berikan obat batuk pilek untuk meredakan batuk pilek pada anak anda yang sesuai dengan gejala yang muncul. Pastikan bahwa obat tersebut diformulasikan khusus untuk anak-anak serta mempunyai zat aktif yang dapat mengobati batuk pilek pada anak anda.

  • Biasakan kegiatan cuci tangan pada anak anda, khususnya bila anak anda selesai memegang hidungnya. Kebiasaan mencuci tangan juga berlaku bagi siapa saja, baik itu orang tua maupun pengasuh anak, khususnya jika tangannya bersentuhan dengan dengan benda apapun yang telah dipegang anak anda.
  • Berikan makanan yang bergizi serta perbanyak konsumsi buah, khususnya buah-buahan yang mengandung vitamin C pada anak anda. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C, meliputi jambu biji, kiwi, jeruk serta mangga. Buah-buahan yang mengandung vitamin C ini nantinya akan meningkatkan daya tahan tubuh anak anda sehingga anak anda mampu untuk menyembuhkan penyakitnya sendiri. Penyakit flu yang memiliki gejala seperti batuk pilek merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit yang disebabkan oleh virus sebenarnya akan sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh yang kuat.
  • Jangan beri makanan dan minuman yang justru merangsang produksi lendir. Makanan seperti gorengan akan memproduksi lendir lebih banyak, minum dingin maupun es krim juga dapat merangsang produki lendir. Berikan makanan yang hangat, mengandung banyak kalori dan protein serta mudah untuk dicerna, seperti sup ayam atau sup daging.
  • Batuk pilek merupakan gejala dari influenza atau flu. Penyakit flu merupakan penyakit yang mudah sekali menular pada orang lain. Maka dari itu, untuk sementara waktu hindari kontak langsung si anak dengan kakak atau adiknya karena nantinya akan menular ke orang lain.