Ciri-Ciri Jamur Beracun Dan Contoh Gambarnya

Jamur merupakan salah satu jenis tumbuhan yang bisa dikonsumsi dan bahkan bisa dijadikan sebagai bahan makanan andalan dari berbagai rumah makan ataupun restoran.

Namun sayangnya tidak semua jenis jamur bisa dikonsumsi karena ada sebagian diantaranya yang diketahui beracun dan bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi dengan berbagai efek kesehatan yang bervariasi mulai dari perut yang terasa mual hingga ada sebagian diantaranya yang bisa mengakibatkan kematian jika dikonsumsi.

Pada dasarnya jamur bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu jamur yang biasa kita konsumsi yang disebut dengan jamur Edible dan jamur herbal serta beracun yang disebut dengan jamur Non Edible.

Jangan mudah terkecoh dengan penampilan jamur sebelum anda berniat untuk mengonsumsinya karena ada juga jamur beracun yang memiliki bentuk fisik mirip dengan jamur yang biasa kita konsumsi.

Bahkan tidak sedikit kasus keracunan yang disebabkan oleh jamur beracun dikarenakan menganggap bahwa jamur tersebut aman untuk dikonsumsi karena bentuknya mirip dengan jamur yang biasa dimakan.

Ciri-Ciri Jamur Beracun Dan Contoh Gambarnya

Sebagian dari jenis jamur beracun diantaranya adalah jamur Amanita Verna, Amanita Whallodies, Amanita Muscaria, Trichaloma Virgatum dan Trichaloma Pardium.

Dengan demikian meskipun jamur memiliki manfaat kesehatan, ternyata sebagian diantaranya bisa menimbulkan dampak yang buruk kesehatan.

Meski demikian bukan berarti anda harus berhenti untuk mengonsumsi jamur dikarenakan takut mengalami keracunan, karena yang harus anda lakukan hanyalah bisa mengenali mana jenis jamur yang aman untuk dikonsumsi dan mana jenis jamur yang beracun sebelum mengonsumsinya.

Berikut ini adalah ciri-ciri jamur beracun, diantaranya :

  • Tubuh buah jamur memiliki warna yang bervariasi mulai dari kuning, merah, hitam legam, putih sampai ke jingga.
  • Jamur yang beracun biasanya tercium bau amonia.
  • Pada pangkal jamur beracun biasanya terdapat cawan atau cincin.
  • Jamur yang beracun biasanya tumbuh di daerah yang kumuh dan kotor.
  • Jamur yang beracun bila dipotong dengan menggunakan pisau yang terbuat dari stainless steel biasanya akan meninggalkan noda yang berwarna biru atau hitam pada pisau.
  • Jamur yang beracun bila dimasak biasanya warna akan menjadi berubah, sedangkan teksturnya menjadi sangat lunak.
  • Ketika jamur beracun dikonsumsi biasanya ada rasa pahit

Lingkungan tempat tumbuh dari jamur beracun memiliki andil yang sangat besar terhadap racun atau senyawa yang beracun di dalamnya.

Maka dari itu tingkat keparahan racun dari jamur beracun berasal dari jamur itu sendiri.

Jadi seandainya anda menanam jamur beracun di tempat yang bersih dan steril dari kotoran sekalipun maka tetap saja sifat beracun dari jamur beracun tersebut tidak akan berubah.

Selain dari lingkungan yang kurang bersih, penggunaan pestisida yang berlebihan pada suatu tempat bisa saja menjadi salah satu penyebab munculnya jamur beracun.

Jamur yang beracun bisa menimbulkan efek keracunan dengan cepat pada gastrointestinal, dengan demikian penderita dari jamur beracun biasanya akan mengalami mual, muntah, gangguan ginjal dan yang terparah adalah bisa menyebabkan kematian.

Maka dari itu disarankan untuk tidak mudah tergoda untuk langsung mengonsumsi jenis jamur yang baru dilihat, sebelum anda bisa memastikan keamanan dari jamur tersebut.

Disarankan juga untuk mengonsumsi jenis jamur yang selama ini aman dan sering dikonsumsi oleh masyarakat, misalnya seperti jamur kancing, jamur tiram, jamur enoki dan jamur shiitake.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat jamur beracun di bawah ini akan kami sebutkan beberapa jenis jamur beracun yang berbahaya dan tidak aman untuk dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa jenis jamur beracun, diantaranya :

  • Jamur Supa Kakabu Jamur Supa Kakabu

Jamur Supa Kakabu merupakan salah satu jenis jamur beracun yang tidak aman atau berbahaya untuk dikonsumsi karena beracun.

Jenis jamur beracun ini biasanya mudah tumbuh di tanah yang mengandung humus atau yang terdapat sekumpulan daun yang jatuh di tanah pekarangan ataupun kebun.

Ciri fisik dari jamur Supa Kakabu adalah memiliki ukuran yang besar dengan payung yang bulat, tebal dan biasanya berwarna coklat.

Jika anda menemukan jenis jamur ini maka jangan sampai memiliki niat untuk memetiknya untuk kemudian dikonsumsi karena jenis jamur ini beracun dan bahkan bisa mengakibatkan kematian jika dimakan.

 

  • Jamur Galerina Jamur galerina

Jamur galerina juga merupakan salah satu jenis jamur yang beracun dan tidak aman untuk dikonsumsi.

Jamur galerina berasal dari keluarga saprobic dimana jenis jamur ini memiliki bentuk fisik yang cantik dan menarik dengan bentuk dan ukuran yang memang terlihat sama dengan jenis jamur yang lain.

Namun tetap saja anda jangan terkecoh dengan penampilannya yang cantik karena kandungan racun a-amanitin di dalam jamur ini bisa membahayakan kesehatan manusia jika jamur ini dikonsumsi karena bisa mengakibatkan masalah kesehatan pada organ hati, ginjal dan sistem syaraf otak.

 

  • Jamur Amanita Jamur amanita

Jamur amanita yang merupakan jamur beracun memiliki bantuk fisik cantik dengan tudung payung yang berwarna merah dengan bintik-bintik putih.

Namun sayangnya dibalik wujudnya yang menarik ternyata jamur ini berbahaya karena mengandung racun.

Jamur ini biasanya tumbuh di atas dedaunan di atas tanah, bisa di pekarangan rumah ataupun di hutan.

 

  • Jamur Destroying Angel Jamur destroying angel

Jamur destroying angel memiliki warna putih yang sangat bersih sehingga wajar saja jika jamur ini diberi julukan “Angel” (malaikat).

Jamur destroying angel mengandung racun yaitu amatoxins, dimana jika jamur ini dikonsumsi maka bisa menimbulkan masalah kesehatan yang sangat berbahaya bagi tubuh yaitu kerusakan liver serta ginjal dengan waktu yang sangat cepat, dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

 

 

  • Jamur Laktarius jamur laktarius

Jenis jamur laktarius merupakan jamur yang beracun dan berbahaya dan tidak aman untuk dikonsumsi.

Ciri fisik dari jenis jamur ini yaitu memiliki bentuk payung yang menghadap ke atas dan terbuka, memiliki batang yang tebal serta berwarna coklat muda kekuningan, coklat putih serta biru muda dengan bintik hitam atau garis-garis yang terlihat memanjang. .

Jenis jamur ini biasanya tumbuh secara liar di pekarangan rumah, kebun dan hutan.

Tidak jauh berbeda dengan jenis jamur beracun yang lainnya karena jamur ini tidak aman untuk dikonsumsi dan bisa menimbulkan masalah kesehatan.