Dampak Negatif Makan Mie Dengan Nasi

Sebagian masyarakat Indonesia memiliki mindset bahwa “jika belum makan nasi maka anda belum makan”.

Contohnya adalah walaupun anda makan 2 bungkus mie instan sekaligus, selama tidak dicampur dengan nasi putih maka artinya sama saja anda belum makan.

Sudah menjadi anggapan masyarakat bahwa “makan” adalah makan nasi, sedangkan makan selain nasi dianggap “cemilan”.

Mie instan yang dicampur dengan nasi memang rasanya masih tetap nikmat, bahkan sebagian masyarakat lain biasanya menambahkannya dengan krupuk atau pilus sebagai variasi.

Namun anda harus tahu bahwa sebenarnya makan nasi putih yang dicampur dengan mie instan sebenarnya tidak baik bagi kesehatan.

dampak-negatif-makan-mie-dengan-nasi

Berikut ini adalah Dampak Negatif Makan Mie Dengan Nasi diantaranya :

1. Terlalu banyak karbohidrat

Nasi dan mie instan sama-sama tinggi akan kandungan karbohidrat dimana jika anda mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat maka rasa lapar mudah hilang.

Namun sayangnya hal ini biasanya akan membuat perut sudah merasa kenyang sehingga tidak akan mengonsumsi jenis makanan lain dan akibatnya kekurangan nutrisi lain seperti mineral, lemak, dan protein.

 

2. Meninggikan hormon insulin

Mengonsumsi mie instan dan nasi sekaligus akan menghasilkan kurang lebih 750 kalori dimana jumlah sebanyak ini tidak disarankan untuk kesehatan.

Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan akan dicerna lalu berproses menjadi amilum atau gula.

Hasil dari proses pencernaan ini akan masuk ke dalam pankreas lalu diolah menjadi hormon insulin.

Semakin banyak porsi mie instan dan nasi yang dikonsumsi maka jumlah produksi hormon juga akan menjadi semakin banyak.

 

3. Merusak pankreas

Hasil produksi gula dari banyaknya karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan diproses hingga menjadi hormon insulin dalam pankreas dimana hal ini akan membuat pankreas bekerja dengan lebih keras dari biasanya yang dalam jangka panjang bisa mengakibatkan kelelahan dan kerusakan.

 

4. Resiko diabetes mellitus gejala diabetes

Karena nasi tinggi akan kalori dan mie instan memiliki banyak efek samping maka jika kedua bahan makanan ini dimakan bersamaan maka hasil olahan berupa gula akan memenuhi tubuh anda selain itu kinerja pankreas juga akan semakin berat.

Dengan demikian pankreas yang seharusnya bisa memisahkan darah dan gula akhirnya tidak bisa bekerja dengan optimal dan hasilnya adalah darah dan gula masih menyatu dan tidak bisa dipisahkan sehingga bila anda buang air kecil maka urine anda mengandung gula.

 

5. Meningkatkan kerusakan organ hati

Sisa zat karbohidrat yang ada di dalam tubuh akan diolah menjadi zat lain contohnya adalah jika anda kekurangan nutrisi lemak maka sisa karbohidrat di dalam tubuh akan dioleh menjadi lemak.

Hasil proses lemak ini akan disalurkan ke organ hati untuk membantu sistem pencernaan metabolisme.

Tidak ada masalah jika sel lemak yang baik menumpuk pada organ hati, namun bisa menjadi masalah jika ternyata sel lemak jahat yang menumpuk di organ hati.

 

6. Melebarkan volume perut

Seseorang yang sering mengonsumsi karbohidrat dengan berlebihan maka lingkar perut atau ukuran volume perut akan menjadi lebih lebar.

Maka dari itu orang yang dalam kondisi obesitas biasanya memiliki ukuran perut yang lebih lebar dari orang yang sehat.

 

7. Pemicu penyakit lain

Dengan menumpuknya karbohidrat di dalam tubuh maka ukuran perut akan menjadi lebih lebar dan bila ukuran perut sebanding dengan setengah tinggi badan anda maka anda memiliki resiko yang tinggi untuk terkena obesitas dan penyakit lain.

 

8. Resiko obesitas

penumpukan lemak di perut

penumpukan lemak di perut

 

Mengonsumsi nasi dan mie instan sevara bersamaan namun tidak disertai dengan jenis makanan lain yang mengandung vitamin dan protein beresiko besar untuk memiliki obesitas.

 

9. Kandungan mie instan yang tidak baik

Mie instan merupakan salah satu jenis makanan yang dikenal dengan istilah makanan sampah atau junk food, dengan kata lain mie instan termasuk jenis makanan yang tidak bergizi.

Alasan kenapa mie instan termasuk ke dalam junk food adalah karena mie instan hanya mengandung karbohidrat dan lemak saja namun tidak ada kandungan vitamin dan protein.

 

10. Resiko tekanan darah yang meninggi

Mie instan mengandung zat sodium yang bisa meningkatkan tekanan darah dalam tubuh dimana zat ini juga bisa meningkatkan resiko penyakit kardiovaskuler seperti jantung, sehingga kebiasaan makan mie instan memang tidak disarankan demi kesehatan tubuh.

 

11. Resiko kanker yang meningkat

Salah satu pemicu utama penyakit kanker adalah karena gaya hidup yang tidak sehat termasuk dengan pola makan yang tidak teratur.

Kebiasaan mengonsumsi mie instan dengan nasi juga bisa memicu resiko kanker maka dari itu jika anda mencegah resiko kanker ada baiknya jika anda mengurangi mengonsumsi mie instan dan nasi putih, setidaknya dalam 1 minggu hanya mengonsumsi 2 bungkus mie instan saja.

 

12. Mengganggu sistem pencernaan

Terlalu sering mengonsumsi mie instan dan nasi secara bersamaan bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan yang biasanya ditunjukkan dengan gejala diare atau perut mulas.

Hal ini bisa terjadi karena waktu pemrisesan mie instan di dalam tubuh membutuhkan waktu sekitar 48 jam maka dari itu tidak disarankan untuk sering mengonsumsi mie instan.

dampak-negatif-makan-mie-dan-nasi

Saran Konsumsi Mie dan Nasi

Bila anda mengonsumsi mie instan dan ingin terasa lebih kenyang maka ada baiknya jika tidak dicampur dengan nasi, tapi dengan sayuran, telur rebus atau potongan daging untuk memberikan keseimbangan nutrisi dalam tubuh dan menetralisir kandungan jahat dalam mie instan.

Akan lebih baik lagi jika anda bisa membuat bumbu sendiri yang terbuat dari rempah-rempah alami dan tidak menggunakan bumbu dari mie instan yang biasanya menggunakan zat adiktif yang berbahaya bagi tubuh.