Dampak Negatif Mandi Air Hangat

Pada umumnya tubuh kita akan menjadi terasa lebih nyaman setelah kita selesai mandi dengan menggunakan air hangat.

Bukan hanya itu saja karena tubuh yang tadinya lelah tiba-tiba menjadi terasa segar kembali setelah mandi dengan menggunakan air hangat.

Mandi dengan menggunakan air hangat biasanya dilakukan oleh siapa saja entah itu anak-anak, remaja, sampai orang tua.

Bilamana selama ini anda telah terbiasa mandi dengan menggunakan air hangat maka pada saat mandi dengan menggunakan air dingin maka tubuh anda akan cenderung merasa menggigil kedinginan.

Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas manfaat kesehatan mandi dengan menggunakan air hangat maka pada kali ini akan kami hadirkan fakta bahwa ternyata mandi dengan menggunakan air hangat juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan.

Apa saja Dampak Negatif Mandi Air Hangat, yuk kita simak bersama …

  • Kulit Sensitif 

Jika selama ini anda sudah terbiasa mandi dengan air hangat maka kulit anda cenderung terbiasa menghadapi suhu tertentu.

Meski demikian tetap tidak menutup kemungkinan mengenai resiko kulit sensitif akibat perbedaan suhu dari suhu kulit dan suhu air.

Dan jika perbedaan suhu dari suhu kulit dan suhu air ini terus anda alami maka kulit anda akan mengirim sinyal sensitif yang bisa menimbulkan berbagai reaksi seperti munculnya luka atau ruam pada kulit.

Resiko kesehatan ini lebih sering ditemukan pada bayi atau orang tua yang sering mandi dengan menggunakan air hangat.

Namun bagi penderita penyakit diabetes juga memiliki resiko yang sama terutama jika pada kaki terdapat luka akibat mengalami kerusakan syaraf pada bagian kaki.

 

  • Sakit Kepala pusing kepala

Suhu air dan suhu udara yang berbeda bisa menimbulkan masalah pada aliran darah yang mengalir menuju ke bagian otak.

Kondisi ini biasanya bisa menimbulkan sakit kepala yang muncul secara tiba-tiba dan bisa mengakibatkan anda untuk mengalami kesulitan pada saat duduk, berdiri atau berjalan dengan normal.

Sedangkan tingkatan dari rasa pusing di kepala bisa bervariasi tergantung dari kondisi kesehatan mulai dari ringan hingga yang berat.

 

  • Resiko Tekanan Darah Menurun Drastis

Air hangat yang anda gunakan untuk mandi pada saat anda sentuh akan memberikan pengaruh terhadap pembuluh darah dimana pembuluh darah pada bagian kulit akan mengalami pelebaran yang akan menurunkan tekanan darah karena kinerja dari pembuluh darah perifer menjadi berlawanan.

Kondisi kesehatan anda sebelum dan sesudah mandi juga bisa memberikan pengaruh, dimana pada sebagian orang biasanya akan mengalami detak jantung yang lebih cepat akibat jantung memompa darah dengan cepat.

 

  • Gangguan Pencernaan

Bila selama ini anda sering mengalami gangguan pencernaan seperti mual dan muntah maka bisa jadi hal tersebut dikarenakan anda sering mandi atau berendam dengan menggunakan air hangat dalam jangka waktu yang lama.

Terganggunya aliran darah yang berasal dari tubuh menuju ke otak merupakan penyebab utama dari gangguan pada pencernaan.

Resiko untuk mengalami gangguan pencernaan bisa menjadi lebih besar jika setelah makan anda langsung mandi dengan air hangat.

Maka dari itu bagi ibu yang sedang dalam kondisi hamil disarankan untuk tidak mandi dengan menggunakan air hangat.

 

  • Menggigil Setelah Mandi Dampak Negatif Mandi Air Hangat

Merupakan hal yang lumrah apabila badan anda terasa segar setelah selesai mandi dengan air hangat, namun tidak lama kemudian biasanya kondisi tubuh anda akan menjadi drop dimana kulit menjadi dingin dan bahkan menggigil.

Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan pembuluh darah pada bagian kulit mengalami pembesaran lalu menyebarkan panas ke seluruh bagian kulit tubuh.

Kemudian suhu pada sekitar kulit akan semakin menurun dan hal inilah yang mengakibatkan tubuh anda menjadi menggigil dan beresiko untuk jatuh sakit.

 

  • Keracunan

Usahakan untuk tidak mandi dengan air hangat setelah anda minum obat ataupun minum minuman yang bisa memberikan reaksi pada jantung anda karena hal ini bisa mengakibatkan keracunan.

Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan zat-zat kimia yang berasal dari obat akan masuk ke dalam tubuh kemudian memicu supaya detak jantung berdetak lebih cepat dan tekanan darah mengalir lebih cepat.

Mandi dengan air hangat bisa menimbulkan efek pada tekanan darah dan jantung yang biasanya akan membuat anda merasa pusing dan menjadi kurang peka terhadap lingkungan sekitar.

 

  • Pori-Pori Menjadi Lebih Besar

Masyarakat awam biasanya sengaja untuk mandi dengan menggunakan air hangat dengan tujuan menjaga kesehatan.

Padahal kebiasaan mandi dengan air hangat akan membuat pori-pori kulit menjadi lebih besar dan akibatnya tubuh akan menjadi lebih rentan untuk jatuh sakit.

Tubuh bisa menjadi lebih mudah sakit ketika pori-pori kulit menjadi lebih besar karena pembuluh darah pada bagian kulit akan menjadi sangat sensitif terhadap rangsangan dari luar dan kemudian pori-pori yang membesar tadi akan sulit untuk kembali mengecil seperti semula.

Kondisi ini jika sering anda alami maka anda akan beresiko tinggi untuk mengalami penyakit pada kulit misalnya seperti jerawat.

 

  • Resiko Keguguran

Sangat disarankan untuk jangan pernah mandi dengan air hangat pada ibu yang sedang dalam kondisi hamil karena resikonya adalah janin dalam kandungan akan beresiko tinggi untuk lahir cacat dan bahkan beresiko tinggi untuk mengalami keguguran.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan air hangat bisa mempermudah terjadinya kontraksi, sedangkan sistem pembuluh darah ibu hamil juga beresiko tinggi untuk terkena dampak negatif yang lain.

 

  • Menurunkan Kualitas Sperma

Salah satu dampak negatif yang lain akibat mandi dengan menggunakan air hangat adalah menurunnya kualitas sperma.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan waktu produksi sperma akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya dan akan memberikan reaksi yang sangat buruk.

 

  • Menjadikan kulit kering 

    kulit kering

    kulit kering

Memiliki kebiasaan mandi dengan menggunakan air hangat bisa menyebabkan kulit menjadi lebih mudah kering.

Hal ini bisa terjadi karena air hangat yang anda gunakan pada saat mandi atau berendam akan menghilangkan minyak alami pada kulit.

Dengan hilangnya minyak alami pada kulit ini maka kulit akan mudah mengalami masalah seperti mengalami kekeringan.

 

  • Kulit menjadi keriput

Memiliki kebiasaan mandi dengan air hangat juga bisa membuat penampilan kulit anda menjadi keriput atau terlihat lebih tua dari yang semestinya.

Hal ini juga bisa terjadi akibat hilangnya pelembab alami tubuh yaitu minyak alami tubuh akibat air hangat yang anda gunakan pada saat mandi.

 

  • Merusak rambut

Bukan hanya menimbulkan masalah pada kulit, karena kebiasaan mandi dengan air hangat juga bisa menimbulkan kerusakan pada rambut seperti rambut mudah rontok, mudah patah, rambut bercabang, dan lain-lain.