Dampak Negatif Minum Sambil Berdiri

Biasanya karena alasan kesibukan, entah karena jadwal kerja yang padat atau sibuk mengejar waktu maka biasanya kita melakukan beberapa aktifitas sekaligus seperti makan atau minum sambil berjalan atau berdiri.

Padahal berdasarkan hasil dari berbagai riset kesehatan menunjukkan bahwa posisi yang paling aman pada saat minum adalah pada posisi tubuh sedang duduk.

Pada saat tubuh duduk maka berbagai saraf yang ada di dalam tubuh dalam posisi siap dan tenang untuk menerima air yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu jika dilihat dari sisi etika, di benua Asia termasuk Indonesia minum sambil duduk juga dianggap sebagai etika kesopanan dalam masyarakat dan dianggap sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat.

Selain dianggap tidak sopan, minum sambil berdiri ternyata juga memiliki efek negatif bagi kesehatan tubuh.

dampak-negatif-minum-sambil-berdiri

Berikut ini adalah Dampak Negatif Minum Sambil Berdiri diantaranya :

  • Resiko sakit perut

Pada saat anda berdiri sambil minum sesuatu maka di saat yang bersamaan tenggorokan anda mengalami pengerutan dan penyempitan dimana hal ini bisa menjadikan makanan lebih sulit untuk dicerna dengan lancar di saluran pencernaan dan hal inilah yang pada akhirnya akan menyebabkan perut anda menjadi nyeri.

 

  • Keseimbangan tubuh terganggu

Jaringan organ pada pusat saraf anda akan mengalami tekanan dan akan bekerja lebih keras dari biasanya untuk menstabilkan kondisi tubuh jika anda minum sambil berdiri.

Saraf tubuh anda akan mengalami ketegangan dan pada akhirnya hal ini akan memicu masalah lain yaitu disfungsi saraf dan kondisi stres.

 

  • Perut kembung

Air yang anda minum akan langsung masuk ke dalam tubuh dan mengalir masuk terlalu cepat tanpa melalui dinding usus jika anda minum sambil berdiri.

Jika anda sering melakukan hal ini maka anda beresiko tinggi untuk mengalami perut kembung, ada perasaan ingin muntah dan perut terasa tidak nyaman.

 

  • Filter penyaringan dalam ginjal tertutup

Filter penyaringan air pada ginjal bisa tertutup jika anda minum sambil berdiri dan akibatnya adalah air yang anda minum tidak akan melewati proses penyaringan pada jaringan ginjal dan air yang anda minum langsung masuk ke kandung kemih.

Air yang tidak tersaring ini bisa memicu menumpuknya kotoran pada saluran ureter dan dampak negatif yang bisa ditimbulkan adalah gangguan organ ginjal.

 

  • Luka pada lambung

Air yang anda minum dalam kondisi berdiri tiba-tiba akan masuk ke dalam lambung dan membuat makanan di dalam lambung sulit dicerna karena aliran air tidak merata.

Kondisi ini bisa menyebabkan dinding lambung mengalami luka dan bisa memicu radang lambung serta naiknya kadar asam lambung dalam lambung.

 

  • Saraf kelana terganggu

Kebiasaan minum sambil berdiri bisa membahayakan kesehatan jantung karena vagal inhibition atau saraf kelana akan menjadi terganggu.

Berdiri sambil minum akan menimbulkan refleksi saraf yang terjadi secara tiba-tiba dari saraf otak kesepuluh yaitu saraf kelana yang tersebar di hampir semua lapisan endotel yang mengelilingi jaringan organ usus besar dan kecil.

 

Gaya Hidup yang Memicu Seseorang Minum Sambil Berdiri

Cara hidup seseorang cenderung mengikuti jaman yang semakin hari terus berkembang dan tentunya hal ini juga bisa merubah gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari termasuk dengan kebiasaan minum sambil berdiri.

  • Di kantor

Persaingan di dunia kerja pada saat ini sangat ketat sehingga tidak mengherankan jika pekerja kantor menjadi lebih buru-buru dalam melakukan segala aktifitasnya termasuk dengan minum sambil berdiri.

Tidak sedikit karyawan kantor yang minum sambil berdiri atau jalan karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan segera.

 

  • Acara pesta minum-sambil-berdiri

Dalam suatu acara pesta seperti acara tunangan, pernikahan, ulang tahun, reuni dan sebagainya biasanya tamu lebih sering berdiri sambil berinteraksi dengan teman atau tamu yang lain, dan di waktu yang bersamaan mereka juga makan dan minum sambil berdiri.

Gaya hidup yang tidak sehat yang sudah menjadi tradisi seperti ini akan membuat kondisi keseimbangan tubuh menjadi tidak stabil.

 

  • Tempat hiburan

Bahkan di beberapa tempat hiburan di Indonesia seperti diskotik dan panggung hiburan rakyat cenderung tidak menyediakan kursi duduk sehingga tamu lebih sering berdiri daripada duduk.

 

  • Saat olahraga bahaya-minum-sambil-berdiri

Pada saat melakukan olahraga biasanya kita memiliki kebiasaan buruk seperti minum air sambil berjalan atau berlari santai, dan berdiri sesaat sambil minum setelah merasa kelelahan.

Tanpa kita sadari ternyata kebiasaan yang sering terjadi tersebut ternyata tidak baik untuk kesehatan.

 

Tips Meninggalkan Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

Meskipun cukup sulit untuk merubah kebiasaan minum sambil berdiri namun kebiasaan tersebut bisa saja anda rubah kapan saja dan dimana saja.

Berikut ini adalah tips meninggalkan kebiasaan minum sambil berdiri diantaranya :

  • Minum terlebih dahulu

Sebisa mungkin sebelum anda datang ke tempat pesta yang mengharuskan anda berdiri, sebelumnya anda sudah minum terlebih dahulu.

 

  • Hindari minuman yang manis

Jangan minum minuman yang manis pada saat anda sedang duduk, misalnya seperti air sirup, teh manis, kopi dan es susu soda karena pada saat anda berdiri nanti anda akan mudah merasa haus.

 

  • Hindari makanan yang manis

Jangan makan makanan yang manis pada saat anda sedang duduk, misalnya seperti kue manis dan coklat karena pada saat anda berdri nanti anda akan mudah merasa haus.

 

  • Jangan terlalu banyak gerak

Terlalu banyak gerak, bicara apalagi pidato atau bernyanyi akan membuat tubuh anda mudah merasa haus dan disaat tubuh kita sedang dehidrasi biasanya kita merasa lengah sehingga kita minum sambil berdiri.

 

  • Dalam situasi khusus

Ada kalanya dalam suatu acara tertentu akan membuat anda terus berdiri sepanjang acara, misalnya seperti acara perusahaan yang sedang merayakan acara peresmian.

Jika memang lokasi dan waktu tidak memungkinkan untuk duduk maka sebaiknya anda tidak minum terlalu banyak ketika minum sambil berdiri.

 

anak-minum-air-putih

Dampak negatif minum sambil berdiri bukan hanya untuk orang dewasa saja karena anak-anak juga memiliki resiko kesehatan yang sama.

Maka dari itu sangat penting untuk memberikan edukasi atau bimbingan pada anak supaya mereka mau minum sambil duduk.

Dengan pengarahan yang tepat maka anak-anak akan mendapatkan pengetahuan mengenai Dampak Negatif Minum Sambil Berdiri sejak usia dini dan hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka.