Dampak Negatif Sering Minum Es

Ada kalanya pada siang hari ketika matahari sedang panas-panasnya, kita memanjakan diri dengan minum air es atau minum minuman yang dingin.

Apalagi setelah merasa kecapekan setelah melakukan olahraga yang melelahkan seperti lari atau main sepakbola, maka untuk meredakan tubuh yang kelelahan kita sering minum air es atau minuman dingin.

Namun jangan sampai hal ini dijadikan kebiasaan dimana tubuh merasa butuh kesegaran lalu kita langsung minum air es karena ada banyak bahaya yang mengintai di balik kebiasaan minum air es.

dampak-negatif-sering-minum-es

Berikut ini adalah Dampak Negatif Sering Minum Es diantaranya :

  • Tubuh menjadi merasa tidak nyaman

Menurut ilmu kedokteran proses pencernaan makanan dalam tubuh membutuhkan panas.

Maka dari itu makanan yang hangat, minuman yang hangat dan makanan yang baru dimasak dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pencernaan.

Sedangkan minuman yang dingin atau air es hanya akan menghilangkan proses panas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

jika kita mengonsumsi makanan atau minuman dengan suhu yang lebih rendah daripada suhu ruangan atau suhu tubuh maka akibatnya adalah tubuh menjadi merasa tidak nyaman.

  • Mempersempit usus

Dinding usus bisa mengalami penyempitan jika kita memiliki kebiasaan minum air es atau minuman dingin.

Penyempitan dinding usus bisa menyebabkan proses pencernaan seperti penyerapan dan penghancuran makanan dalam usus bisa menjadi tidak lancar.

Berbagai partikel makanan yang mengandung minyak yang telah kita konsumsi akan menjadi beku jika anda minum air es dan hal ini akan membuat lemak menjadi menumpuk pada saluran usus dan akan memicu penyempitan usus yang bisa mengganggu proses pencernaan.

 

  • Menjadikan perut buncit perut-buncit

Bantalan-bantalan lemak yang ada di dalam perut akan menghangatkan air es ketika proses penghangatan sedang terjadi sehingga semakin banyak air es yang anda konsumsi maka akan semakin banyak bantalan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghangatkan air es.

Bantalan lemak dalam tubuh bisa anda peroleh dari makanan yang anda konsumsi sehari-hari, dimana jika anda jarang bergerak atau berolahraga maka timbunan lemak dalam tubuh akan menumpuk dan inilah yang membuat perut anda menjadi buncit.

 

  • Membuat perut kembung

Air es akan membuat suhu tubuh beradaptasi dengan makanan yang anda konsumsi sehingga air es akan merubah pola kerja organ pencernaan.

Selaput lendir pada lambung akan mengalami pengerutan (kontraksi) kemudian otot pada perut akan mengalami kejang atau kram.

Suhu dingin bisa menimbulkan reaksi pada enzim dan cairan lambung yang akan menghasilkan gas di dalam perut dan inilah penyebab perut menjadi kembung

 

  • Sebaiknya tidak diminum sehabis olahraga

Otot tubuh akan menjadi tegang ketika kita sedang berolahraga dan suhu tubuh akan menjadi lebih panas dari biasanya sedangkan di saat bersamaan ada proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Dengan masuknya air es ke dalam tubuh akan merubah suhu dalam tubuh dan akan mengganggu proses metabolisme tubuh.

Hal ini akan mengganggu kelancaran aliran darah, menyempitnya pembuluh darah, dan kemungkinan akan menyebabkan kejang atau kram perut.

 

  • Mengakibatkan pusing pusing

Kebanyakan masyarakat kita memiliki anggapan bahwa kurang darah adalah penyebab utama dari pusing padahal kebiasaan minum air es juga bisa menimbulkan pusing.

Metabolisme tubuh yang mengalami gangguan akan membuat sistem syaraf pusat tidak siap menerima perubahan suhu yang terjadi dengan singkat.

Semua organ tubuh yang membutuhkan zat-zat penting seperti oksigen akan kekurangan mendapatkan suplai dan otak tidak bisa menyesuaikan diri dengan cepat akibatnya suplai darah menuju otak berkurang dan kondisi ini bisa menimbulkan pusing.

Bagi penderita darah rendah atau darah tinggi disarankan untuk tidak mengonsumsi air es.

 

  • Menyebabkan rasa haus berlebih

Pada saat tubuh menerima air es maka rasa haus akan semakin meningkat dan pada akhirnya kita akan terus menambah air es padahal hal ini bisa mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh.

Minum air es bisa membuat tubuh kehilangan cairan dengan lebih cepat padahal rasa haus muncul akibat tubuh kekurangan cairan dan harus dipenuhi dengan minum air dengan suhu ruangan biasa.

Tubuh kekurangan cairan setelah melakukan aktifitas berat seperti olahraga maka direkomendasikan untuk minum air biasa secukupnya untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

 

  • Pembekuan otak

Fungsi fisiologis bisa menjadi terganggu jika tubuh menerima air es dan hal ini bisa menimbulkan migrain atau pusing.

Karena otak sangat sensitif terhadap suhu maka ketika anda minum air es akibatnya akan membuat membuat aliran darah ke otak menjadi terganggu dan kebiasan minum air es bisa memicu pembekuan otak.

 

  • Kehilangan nutrisi tubuh

Suhu tubuh normal manusia adalah 36 derajat Celcius dan jika anda minum air es maka akan membuat tubuh anda membutuhkan energi lebih banyak untuk menyeimbangkan suhu tubuh.

Padahal kebutuhan energi untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi sangatlah tinggi sehingga energi anda tidak cukup untuk menyerap nutrisi dengan baik.

 

  • Detak jantung jadi pelan

Detak jantung bisa berubah menjadi lebih pelan dari biasanya jika anda memiliki kebiasaan minum air es.

Memiliki kebiasaan minum air es bisa merangsang saraf fagus yang berperan mengontrol aktifitas tak sadar seperti detak jantung.

 

  • Memicu radang tenggorokan

Memiliki kebiasaan minum air es bisa menyebabkan munculnya lendir pada lapisan kerongkongan dan lendir ini bisa membuat saluran tenggorokan beresiko terkena radang dan infeksi.