Definisi Penyakit Jantung Serangan Jantung Dan Gagal Jantung

serangan jantung

serangan jantung

Secara umum, penyakit jantung merupakan gangguan yang terjadi pada sistim pembuluh darah besar sehingga menyebabkan jantung dan peredaran darah menjadi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ jantung dan pembuluh darah antara lain gagal jantung, jantung koroner serta jantung rematik.

Serangan jantung merupakan suatu kondisi ketika kerusakan dialami oleh bagian otot jantung atau myocardium akibat dari berkurangnya pasokan darah secara mendadak ke jantung.

Berkurangnya pasokan darah ke jantung secara spontan dapat terjadi ketika salah satu arteri koroner tertutup selama beberapa saat.

Hal seperti ini terjadi kemungkinan akibat dari mengencangnya arteri koroner atau karena adanya penggumpalan darah thrombus.

Bagian otot jantung yang biasanya dipasok darah oleh arteri mengalami blokade sehingga berhenti berfungsi dengan baik segera setelah splasme reda dengan sendirinya, gejala-gejala akan hilang secara menyeluruh serta otot jantung dapat berfungsi secara normal kembali.

serangan jantung

serangan jantung

Proses tersebut sering disebut crescendo angina atau coronary insufficiency. Sebaliknya, apabila pasokan darah ke jantung berhenti sama sekali, sel-sel yang bersangkutan akan mengalami perubahan permanen hanya dalam beberapa jam saja dan bagian otot jantung tersebut mengalami penurunan mutu atau rusak secara permanen. Otot yang mati tersebut disebut infark.

Gagal jantung merupakan suatu keadaan di mana jantung sebagai pompa tidak mampu memenuhi kebutuhan darah untuk metabolisme tubuh kita.

Gagalnya aktivitas jantung terhadap pemenuhan kebutuhan metabolik tubuh menjadi gagal juga sehingga fungsi poma jantung secara keseluruhan tidak dapat berjalan  secara normal.

Gagal jantung merupakan suatu kondisi yang sangat berbahaya. Walaupun begitu, Bukan berarti jantung tidak dapat bekerja sama sekali, hanya saja jantung tidak dapat berdetak sebagaimana mestinya.

Darah dalam tubuh anda bersirkulasi ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke organ jantung, dan kejadian seperti ini akan terus berlangsung. Istilah gagal sirkulasi lebih bersifat umum dibanding gagal jantung.

Gagal sirkulasi lebih menunjukkan ketidakmampuan dari sistem kardiovaskular untuk melakukan derfusi jaringan dengan memadai.

jantungGagal jantung lebih disebabkan oleh ketidakmampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Resiko akan meningkat pada orang yang telah berusia lanjut karena adanya penurunan fungsi ventrikel jantung akibat dari penuaan.

Penyakit ini dapat menjadi kronik apabila disertai dengan penyakit lainnya, seperti hipertensi, penyakit katup jantung, kardiomiopati, dan lain sebagainya. Pada umumnya, gagal jantung lebih sering terjadi pada orang yang berusia sekitar 50 tahun.

Berbagai kondisi penyebab terjadinya gagal jantung secara umum, meliputi:

  • Penyempitan pembuluh darah koroner

Kelainan fungsi otot jantung disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah koroner. Hal seperti ini akan mengakibatkan otot jantung tidak berfungsi karena adanya gangguan pada aliran darah ke otot jantung. Ketidakmampuan otot jantung untuk melakukan gerakan memompa seperti biasanya mengakibatkan isi cairan darah dab curah jantung menjadi menurun.

  • Tekanan darah tinggi

Penyebab utama dari gagal jantung adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi sistemik meningkatkan beban kerja organ jantung yang nantinya mengakibatkan adanya kelainan pada serabut –serabut otot jantung. Perubahan otot jantung tersebut dianggap sebagai mekanisme kompensasi karena akan meningkatkan kontraktilitas jantung. Beban tekanan dari sistol yang berlebihan di luar kemampuan ventrikel yang justru menurunkan curah ventrikel.

  • Volume cairan yang berlebihan

Jika volume cairan berlebihan maka curah jantung mula-mula akan meningkat sesuai dengan besarnya regangan pada otot jantung, namun bila beban seperti ini terus bertambah sehingga melampaui batas maka curah jantung justru akan menurun. Hal seperti terjadi karena otot jantung rusak akibat dari tekanan volume yang melebihi batas sehingga tidak mampu memompa lagi sesuai volume yang ada.

  • Penyakit penurunan fungsi otot jantung

Peradangan dan penyakit miokardium degeneratif juga berhubungan dengan gagal jantung.Begitu juga dengan bertambahnya usia, jantung juga akan mengalami degenerasi. Kerusakan serabut otot jantung menyebabkan penurunan fungsi bahkan mungkin tidak dapat berfungsi sama sekali.

1 comment for “Definisi Penyakit Jantung Serangan Jantung Dan Gagal Jantung

  1. Pingback: harry

Comments are closed.