Diet Justru Membuat Hidup Jadi Tidak Bahagia

menimbang berat badan

menimbang berat badan

Bila anda menginginkan untuk hidup lebih bahagia, maka sebaiknya anda berpikir seribu kali untuk melakukan diet. Sebab, diet dapat merusak mood sehingga justru membuat hidup jadi tidak bahagia.

Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa, orang-orang yang melakukan diet cenderung merasakan dirinya kesepian, lemas serta sering mengalami depresi. Bahkan orang-orang yang melakukan diet cenderung merasakan perasaan sedih dua kali lebih sering daripada orang-orang yang tidak melakukan diet.

Ada juga sebuah riset besar yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas London yang menemukan bahwa, industry iklan sering memberitahukan para pelaku diet bahwa hidupnya akan berubah semakin baik ketika para pelaku diet tersebut memiliki tubuh yang lebih langsing.

Pada kenyataannya, para pelaku diet tersebut justru merasa kecewa sebab merasa bahwa tidak ada yang berubah dalam hidupnya selain perubahan angka yang ada di timbangan. Terlebih lagi karena mereka sudha melakukan diet dengan susah payah.

Hasil tersebut sesuai dengan hasil survey yang diperoleh dari 2000 orang relawan yang bersedia untuk mengikuti riset. Orang-orang tersebut mengalami masalah obesitas serta telah berumur diatas 50 tahun. Mereka diminta untuk menimbang berta badannya serta diwawancarai sepurat kondisi emosinya.

4 tahun kemudian, 14% dari para relawan tersebut mengaku bahwa berat badannya sudah susut 5 kg. dan jumlah tersebut sudah bisa dikatakan cukup untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Selain itu, tekanan darah serta kadar lemak darah dalam tubuh mereka juga mengalami penurunan.

Namun, kondisi mood mereka juga ikut turun. Lebih dari 78% peserta test tersebut sukses untuk menurunkan berat badannya namun mengaku bahwa dirinya sering mengalami gejala depresi. Semua perasaan sedih yang dirasakan oleh para relawan tersebut tidak disebabkan karena jatuh sakit, merasa sedih karena ada kerabatnya yang meninggal atau karena bercerai.

Hal seperti ini bukan berarti para ahli kesehatan tidak menyarankan kita untuk melakukan diet. Diet yang baik merupakan diet yang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Namun sebaiknya para pelaku diet tidak terlalu berharap bahwa diet yang dilakukannya akan membuat semua aspek dalam kehidupannya membaik.

Selain itu, berbagai iklan di media massa juga terlalu sering memberikan harapan yang tidak realistis tentang penurunan berat badan. Iklan-iklan tersebut sering memberikan janji perubahan kualitas hidup, yang pada kenyataannya tidak sesuai dengan janji-janjinya.

diet3Berbagai kesulitan dalam menjalani diet perlahan tapi pasti akan berpengaruh pada mood seseorang. Kita perlu lebih waspada terhadap perubahan mood. Carilah bantuan bila anda memang memerlukan bantuan. Para pelaku diet tidak harus berjuang sendirian untuk menjalani program dietnya.

Tapi orang-orang yang menjadi lebih langsing tidak bisa dipungkiri memang akan merasa lebih bahagia. Apalagi bila para pelaku diet tersebut berhasil mencapai targetnya dalam menurunkan berat badannya serta menjaga kestabilan berat badannya.

Sebenarnya, tidak ada yang berubah setelah anda menjalani diet. Berbagai masalah dalam kehidupan akan terus ada. Jangan pernah berharap bahwa melakukan diet dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam hidup. Namun, diet akan membuat anda menjadi lebih sehat serta lebih fit dalam menjalani kehidupan.

Pada awalnya melakukan diet, seseorang umumnya akan merasa sangat bersemangat dalam menjalani program dietnya demi untuk mencapai berat badan yang dia inginkan. Namun sering juga program diet yang dilakukan oleh seseorang gagal di tengah jalan, sehingga hasil yang di peroleh justru semakin meningkatkan berat badannya.

Menjalani program diet memang membutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Hal inilah yang sering menyebabkan diet justru membuat hidup seseorang jadi tidak bahagia. Selain itu ada juga factor-factor lain yang menyebabkan program diet jadi gagal di tengah jalan.

Menurut para pakar ilmu fisiologi, ada banyak factor yang mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam menjalani program diet. Dan tanpa kita sadari, factor-factor seperti ini juga berpengaruh pada mood seseorang ketika menjalani diet.

Beberapa factor tersebut, meliputi:

  • Buruknya control diri
lapar mata

lapar mata

Buruknya control diri akan membuat seseorang yang menjalani program diet jadi lupa kalau dirinya sedang melakukan diet. Buruknya control diri akan membuat seseorang yang menjalani diet menjadi lebih sering lapar mata sehingga mengkonsumsi makanan padahal dirinya tidak merasa lapar. Biasanya mereka tergoda untuk mengkonsumsi suatu makanan karena makanan tersebut tampak menggiurkan.

Untuk memperbaiki control diri, membutuhkan proses yang bertahap dan tidak bisa instan begitu saja. Bila anda ingin diet anda bertahan serta berkesinambungan, maka perlu dilakukan perbaikan dalam hal control diri.

  • Orang berkepribadian dominan

Setiap orang yang menjalani suatu program diet, tetap membutuhkan bantuan dari pakar diet. Sayangnya, orang-orang yang memiliki kepribadian dominan cenderung sering menolak saran yang diberikan oleh pakar diet. Sehingga diet yang dilakukannya cenderung berantakan.

  • Lingkungan

Factor lingkungan termasuk factor eksternal yang juga bisa membuat program diet menjadi berantakan. Lingkungan yang tidak mendukung dalam menjalani proses diet memang sangat berbahaya. Ajakan untuk makan dari orang terdekat tentunya sangat sulit untuk ditolak. Itu sebabnya diet kita jadi gagal.

  • Kesalahan dalam pola makan

Menjalani diet bukanlah suatu penyiksaan, bila kita lakukan dengan benar. Prinsip diet untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi jumlah kalori yang masuk dan mengeluarkan lebih banyak kalori. Jika telah berpegang pada prinsip tersebut, maka seorang pelaku diet tidak perlu menghindari makanan yang dia sukai. Namun, harus tetap memperhatikan nilai gizi dari makanan yang di konsumsinya.

  • Bosan

Kita sudah terus menerus melakukan diet, namun hasilnya sama saja. Hal sepertinya memang terasa membosankan. Untuk mencegah munculnya kebosanan ketika melakukan diet, kita tidak perlu melakukan diet terlalu lama. Diet yang tepat akan mengurangi paling sedikit 10% dari berat badan kita dalam waktu 3 bulan. Bila 3 bulan lebih berat badan kita tidak berkurang sama sekali, maka tinggalkan dan ganti dengan program diet yang lebih baik.

1 comment for “Diet Justru Membuat Hidup Jadi Tidak Bahagia

  1. Pingback: willard

Comments are closed.