Diet Tepat Untuk Pengidap Hepatitis

gejala hepatitis / jaundice / sakit kuning

gejala hepatitis / jaundice / sakit kuning

Hepatitis merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan pada hati yang disebabkan oleh adanya infeksi virus hepatitis.

Gejala hepatitis seperti perubahan warna pada kulit dan mata menjadi kekuningan, air seni yang berwarna gelap, sakit kepala yang luar biasa, muntah-muntah serta rasa sakit disertai nyeri pada bagian perut atau abdomen.

Pola makan atau diet serta jenis makanan, memiliki peranan yang penting dalam tahap penyembuhan serta pencegahan dari penyakit hepatitis agar tidak semakin memburuk.

Organ hati merupakan salah satu organ yang sangat vital dalam tubuh kita. Organ hati berfungsi untuk membantu kerja organ pencernaan lain dalam tubuh kita untuk mencerna serta mengolah sumber makanan yang nantinya akan dirubah menjadi sumber gizi, nutrisi, mineral serta berbagai zat penting lainnya.

organ hati

organ hati

Organ hati juga berperan dalam hal menetralisir berbagai racun dalam tubuh kita.

Maka dari itu, organ hati sangatlah rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan maupun penyakit lain.

Organ hati mencerna berbagai jenis sumber makanan serta gizi, seperti lemak, karbohidrat protein dan lain sebagainya. Sumber makanan yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan diserap oleh dinding usus dan akan dibawa ke organ hati untuk diproses secara lebih lanjut.

Orang-orang yang mengidap penyakit hepatitis sebaiknya lebih rajin untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin serta protein sehingga dapat mempercepat proses pemulihan dari penyakit hepatitis.

Diet yang harus dilakukan oleh para pengidap hepatitis adalah dengan mengkonsumsi makanan yang  mengandung gizi serta nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang cukup, untuk mendukung kebutuhan energy dalam melakukan berbagai aktivitasnya.

Diet yang dilakukan bukan bertujuan untuk mengurangi nilai serta jumlah asupan makanan sumber energy yang penting bagi tubuh, namun untuk membantu memperbaiki fungsi serta meringankan beban kerja organ hati.

Jenis makanan yang sebaiknya pantang untuk dikonsumsi oleh para pengidap hepatitis, meliputi:

  • makanan olahan

    makanan olahan

    Makanan yang kaya lemak. Berbagai jenis makanan yang kaya lemak, seperti daging kambing, jerohan, es krim, susu tinggi lemak, mentega, keju, makanan yang mengandung santan serta makanan yang berminyak seperti gorengan.

  • Makanan kalengan atau makanan yang dikemas dalam kaleng seperti daging kornet maupun sarden kalengan. Makanan seperti ini disinyalir mengandung bahan pengawet, yang nantinya akan menambah beban kerja hati.
  • Camilan maupun kue yang tinggi kalori serta lemak jenuh, meliputi: gorengan, makanan cepat saji, kue tart.
  • Berbagai makanan yang mengandung gas, seperti sawi, kol, nangka, ubi, kacang serta durian.
  • Bumbu atau rempah-rempah yang terlalu keras, contohnya cabai, bawang putih, bawang merah, merica, lada serta jahe.
  • Berbagai minuman yang mengandung soda maupun minuman yang beralkohol.

Tentunya anda pasti akan berpikir, makan apa kita? Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang baik dan cenderung aman untuk dikonsumsi oleh para pengidap hepatitis, seperti:

  • Sumber makanan hidrat arang, seperti havermout, nasi, roti putih serta umbi-umbian.
  • ikan salmon

    ikan salmon

    Makanan yang tinggi protein, seperti ikan, daging ayam tanpa lemak, telur, tahu, tempe, kacang hijau, sayur dan buah-buahan yang tentunya tidak mengandung gas.

  • Makanan manis yang aman, seperti jus dari buah segar, madu, selai maupun manisan buah.

Diet seperti ini bertujuan untuk memberikan asupan gizi yang cukup bagi para pengidap hepatitis serta mengontrol asupan sumber energy yang dibutuhkan oleh para pengidap hepatitis.

Kondisi serta kebutuhan akan sumber gizi pada pengidap hepatitis berbeda-beda, tergantung dari berat badan serta aktivitas si pengidap hepatitis.

Jika pengidap hepatitis menampakkan gejala seperti perubahan wara kulit maupun mata yang menjadi agak kekuningan, sebaiknya kurangi asupan lemak.

Lemak baik yang terdapat pada lemak essensial seperti yang terdapat pada minyak ikan dan alpukat boleh diberikan karena lemak seperti itu justru baik dan para pengidap hepatitis masih memerlukan asupan lemak untuk menunjang segala aktivitasnya.

1 comment for “Diet Tepat Untuk Pengidap Hepatitis

  1. Pingback: pedro

Comments are closed.