Diet Untuk Pengidap Penyakit Tonsilitis

tonsilitis

tonsilitis

Penyakit tonsillitis atau yang biasa disebut dengan istilah penyakit radang amandel, merupakan suatu peradangan akibat dari infeksi pada tonsil atau amandel yang biasanya lebih disebabkan oleh adanya serangan mikro organisme, seperti bakteri maupun virus.

Terjadinya tonsillitis bukan disebabkan oleh karena terlalu banyak minum es, makanan berminyak atau gorengan, makanan pedas maupun karena makanan yang mengandung MSG. Tonsilitis lebih disebabkan oleh infeksi virus. Kebanyakan disebabkan oleh bakteri Streptokokus hemolitikus.

Minum es, mengkonsumsi gorengan dan lain sebagainya akan mempengaruhi jika si pengidap telah mengalami infeksi atau bisa dikatakan hanya memperberat kondisi dari penyakitnya namun bukanlah penyebab utama dari tonsillitis.

Jika pada seseorang yang mengidap alergi makanan mengkonsumsi makanan tertentu yang menyebabkan dirinya alergi, misalnya cokelat, buah tertentu maupun ikan, nantinya akan mengakibatkan munculnya gejala alergi khususnya pada saluran pencernaan. Keadaan seperti ini akan membuat daya tahan tubuhnya menurun sehingga lebih rentan tertular virus maupun bakteri yang menyebabkan terjadinya tonsillitis.

Tonsil atau amandel sendiri merupakan suatu jaringan limfoid pada bagian faring. Tonsil memiliki banyak fungsi yang penting sekali bagi kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Untuk menyaring kuman
  • Untuk melawan infeksi selaput lendir
  • Untuk menahan debu yang masuk melalui jalan pernafasan sebelum masuk ke saluran nafas bawah
  • Memproduksi antibody yang ikut berperan dalam memproduksi immunoglobulin A
  • Pertahanan pertama untuk menahan serbuan kuman-kuman penyebab penyakit yang masuk ke mulut
Vitamin C dalam bentuk tablet

Vitamin C dalam bentuk tablet

Kekurangan vitamin C juga dapat menimbulkan gejala penyakit tonsillitis atau penyakit radang amandel, karena vitamin C merupakan vitamin yang berfungsi untuk menunjang kebugaran tubuh agar terhindar dari serangan penyakit, khususnya menghindari serangan bakteri yang menyebabkan peradangan pada tonsil atau amandel.

Selain karena kekurangan vitamin C, tonsillitis juga bisa terjadi karena kurang perhatian terhadap kebersihan suatu makanan. Termasuk juga karena kebiasaan buruk seperti tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan sesuatu.

Tidak semua jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh para pengidap penyakit radang amandel atau tonsillitis. Ada beberapa jenis makanan yang bila dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami tonsillitis justru akan menyebabkan kondisi penyakit semakin memburuk.

Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalami penyakit tonsillitis.

  • Hindari mengkonsumsi ikan, baik ikan laut maupun ikan tawar. jangan mengkonsumsi ikan baik yang masih dalam kondisi segare maupun ikan yang sudah diasinkan.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak, seperti gorengan kerupk dan lain sebagainya.
  • Jangan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang dingin
  • Hindari mengkonsumsi buah durian
  • Jauhi minuman bersoda
  • Jauhi semua makanan maupun minuman yang mengandung alcohol

Radang amandel atau penyakit tonsillitis sering disertai dengan gejala sakit pada tenggorokan, pembengkakan pada amandel, rasa nyeri di tenggorokan, gatal, sakit pada telinga, semam serta menggigil.

Dengan berbagai gejala tersebut, pengidap tonsilits menjadi sulit untuk makan maupun minum. Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan serta minuman sehat yang dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan gejala tonsilits secara alami.

  • Bubur

Bubur lebih mudah untuk dikonsumsi jika dibandingkan dengan nasi biasa maupun roti. Anda bisa menambahkan sedikit rempah-rempah seperti cengkeh yang dapat menyembuhkan peradangan karena penyakit tonsillitis

  • Bayam

sayur bayamBayam merupakan sayuran yang dapat menyembuhkan infeksi pada tenggorokan. Beri sedikit bubuk lada hitam pada sayur bayam sebelum dikonsumsi oleh pengidap tonsillitis. Sayur bayam juga dapat menyembuhkan sakit serta gatal pada tenggorokan.

  • Kentang tumbuk

Kentang tumbuk juga termasuk makanan yang baik untuk menyembuhkan tonsillitis. Selain lembut untuk dikonsumsi, kentang tumbuk juga akan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

  • Jahe

Jahe merupakan jenis rempah-rempah yang baik dan sangat efektif untuk mengobati tonsillitis maupun infeksi tenggorokan lainnya. Berikan secangkir minuman jahe hangat serta berikan beberapa tetes madu untuk menyembuhkan penyakit tonsillitis. Selain itu, jahe juga dapat digunakan untuk mengobati batuk kering atau batuk yang tidak disertai dahak.

  • Madu

Campurlah madu dengan air hangat untuk meredakan gejala tonsillitis. Selain itu anda juga bisa menambahkan sedikit bubuk lada hitam pada minuman madu hangat untuk menyembuhkan penyakit tonsillitis.

  • Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta system kekebalan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan air perasan jeruk lemon. Agar terasa manis, tambahkan beberapa tetes madu. Minumlah air lemon setiap hari untuk mengobati tonsillitis.

1 comment for “Diet Untuk Pengidap Penyakit Tonsilitis

  1. Pingback: Rex

Comments are closed.