Diet Yang Baik Untuk Mengurangi Gejala Asam Urat

asam urat di bagian kaki

asam urat di bagian kaki

Seseorang yang mengidap penyakit asam urat memiliki banyak pantangan dalam hal makan. Namun, pengidap asam urat juga masih bisa menikmati makanan lain yang tidak berbahaya bagi penyakit yang dialaminya.

Berbagai makanan dengan kandungan purin yang tinggi, seperti jerohan, memang harus dijauhi oleh para pengidap asam urat. Sedangkan makanan yang memiliki kadar purin tingkat sedang serta rendah masih bisa dikonsumsi, asalkan tidak terlalu sering.

Pola makan sehat bagi pengidap penyakit asam urat memang tidak bisa menyembuhkan penyakit asam urat yang dialaminya. Meskipun begitu, penyakit asam urat juga perlu diobati.

Pola makan yang sehat bagi pengidap asam urat bertujuan agar si pengidap tidak terlalu sering merasakan nyeri sendi akibat dari asam urat yang terlalu tinggi.

Dibawah ini adalah diet yang baik untuk mengurangi gejala asam urat.

  • Menghidari makanan kaya purin

Bila anda tidak ingin kadar asam urat dalam tubuh anda semakin meningkat, sebaiknya kurangi atau hindari makanan yang kaya purin. Berbagai jenis makanan yang kaya akan purin, meliputi jerohan, babat, otak, jantung, ginjal, kaldu daging sapi, kerang serta daging ungas khususnya bebek.

Hindari juga makanan yang kaya protein, seperti jamur kuping, ikan teri, telur serta ikan tuna. Kacang kedelai maupun makanan olahan lainnya yang berasal dari kacang kedelai juga sebaiknya dihindari. Makanan olahan lain yang tidak boleh dikonsumsi, adalah abon, kornet dan dendeng.

Selain itu, pengidap asam urat juga tidak boleh mengkonsumsi bir.

  • Perbanyak minum air putih

Orang-orang yang memiliki kadar asam urat dalam tahap normal membutuhkan paling tidak 8 gelas air putih setiap hari untuk membantu kelancaran fungsi organ-organ dalam tubuh. Begitu juga dengan orang-orang yang mengidap penyakit asam urat.

Orang-orang yang mengidap kelainan pada ginjal seperti batu ginjal juga wajib untuk minum air putih yang banyak. Minum air putih yang banyak bagi pengidap asam urat bertujuan untuk meluruhkan serta mengeluarkan kristal-kristal asam urat di dalam tubuhnya.

  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung potassium

Potassium banyak terdapat pada jenis makanan seperti alpukat serta pisang. Kentang juga termasuk jenis makanan yang kaya akan potassium. Sebaiknya olahlah kentang dengan cara dikukus, jangan digoreng karena justru akan semakin berbahaya bagi kesehatan anda.

Buah-buahan seperti durian serta nanas sebaiknya dihindari. Berbagai sayuran, seperti bayam serta daun melinjo memang sangat tidak dianjurkan bagi para pengidap asam urat. Jenis makanan lain seperti kol, asparagus, buncis, jamur kuping, kangkung, daun singkong serta daun papaya juga tidak boleh dikonsumsi oleh pengidap asam urat.

Namun, sayuran lain seperti, gambas serta selada masih bisa dikonsumsi oleh para pengidap penyakit asam urat. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi daun kemangi, wortel, brokoli, labu siam serta mentimun.

  • Konsumsi makanan yang kaya vitamin C

Buah jeruk merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Selain itu, para pengidap asam urat juga bisa mengkonsumsi buah lainnya seperti ceri, strawberry, kiwi, tomat serta jambu biji. Buah semangka juga baik untuk pengidap asam urat karena memiliki sifat diuretic.

Buah ceri mengandung zat antioksidan serta memiliki sifat antiradang, sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan pada sendi-sendi yang dapat menyebabkan rasa nyeri.

Sifat antiradang juga bisa kita dapatkan dari buah strawberry dan keluarga berry lainnya. Usahakan untuk mengkonsumsi buah-buahan tersebut dalam kondisi masih segar.

  • Hindari konsumsi seafood

Seafood atau makanan dari laut, seperti udang, kepiting, remis, tiram, kerang serta cumi-cumi, sebaiknya dihindari karena mengandung banyak purin. Para pengidap asam urat masih bisa mengkonsumsi makanan dari laut lainnya, seperti ikan salmon.

Ikan dalam kaleng seperti sarden juga termasuk dalam jenis makanan yang kaya akan purin

  • Konsumsi yoghurt

Yoghurt adalah jenis makanan olahan yang berasal dari susu. Konsumsilah yoghurt khususnya plain yoghurt yang rendah lemak agar kadar asam urat dalam tubuh anda berkurang secara alami.

Selain itu, yoghurt juga baik sekali untuk menjaga kesehatan organ pencernaan serta meningkatkan sistem imunitas tubuh kita, sehingga dapat membantu dalam hal menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

1 comment for “Diet Yang Baik Untuk Mengurangi Gejala Asam Urat

  1. Pingback: julius

Comments are closed.