Diet Yang Baik Untuk Pengidap Penyakit Maag

sakit maag

sakit maag

Orang-orang yang mengalami penyakit maag sebenarnya tidak diperbolehkan untuk mengurangi porsi makan maupun terlambat makan, karena penyakit maag sering terjadi karena dua hal tersebut.

Sakit lambung atau sering disebut juga dengan istilah penyakit maag sering dialami oleh orang-orang yang sering mengkonsumsi makanan yang pedas, makanan yang rasanya asam, minuman beralkohol, merokok serta mengkonsumsi kopi.

Penyakit maag muncul ketika daya tahan dinding lambung mengalami penurunan atau menjadi lemah terhadap berbagai zat yang terkandung dalam makanan maupun hal-hal lain yang kita sebutkan diatas.

Buah-buahan segar serta susu tanpa lemak yang tidak diberi gula dapat membantu untuk melancarkan pencernaan. Buah-buahan segar banyak mengandung serat sedangkan susu mengandung enzim laktasasi yang keduanya sama-sama bersifat melancarkan pencernaan.

lambung

lambung

Dengan cara menghindari makanan pedas maka anda dapat mencegah munculnya ulkus atau luka pada bagian lambung. Sedangkan dengan tidak mengkonsumsi makanan yang berasa asam maka akan membuat produksi asam lambung menjadi lebih stabil. Dengan menjalani diet seperti ini sebenarnya bertujuan untuk menyembuhkan serta mencegah anda dari terserang penyakit maag.

Pengidap penyakit maag dianjurkan untuk makan dengan porsi kecil setiap 3 jam sekali. Namun, ada baiknya bagi anda untuk tetap mengkonsumsi makanan yang sehat agar tubuh anda mendapatkan banyak nutrisi yang bervariasi.

Sebaiknya kurangi porsi makan anda sekitar setengah atau sepertiga dari porsi makan biasanya. Namun dikonsumsi dengan lebih sering, agar lambung anda tidak mengalami gangguan.

Berbagai jenis makanan yang baik bagi pengidap penyakit maag, meliputi:

  • Kentang

Kentang merupakan sumber karbohidrat alami yang baik serta dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama daripada nasi. Bubur kentang atau jus kentang memiliki sifat basa dan baik sekali dikonsumsi saat pagi hari sebagai menu sarapan.

Konsumsi bubur kentang akan sangat baik sekali untuk menetralisir kadar asam lambung sebelum anda mengkonsumsi makanan yang lain.

  • Buah-buahan
pisang

pisang

Buah-buahan yang baik untuk pengidap maag adalah pisang, melon, papaya serta tomat. Berbagai buah tersebut mengandung kalium yang dapat menyeimbangkan derajat keasaman atau pH dalam lambung.

Selain itu, berbagai buah tersebut, khususnya pisang, dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga aman untuk dikonsumsi bagi pengidap sakit maag. Sedangkan papaya mengandung enzim papain yang dapat meningkatkan kerja system pencernaan.

  • Brokoli

Brokoli mengandung kalium serta sulfur yang baik untuk menunjang kesehatan orang-orang yang mengidap penyakit maag. Sulfur yang terkandung dalam brokoli akan berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi lapisan dalam kulit lambung agar tidak mudah luka. Disamping itu, brokoli juga mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain brokoli, makanan lain yang mengandung sulfur adalah bawang putih serta bawang merah.

  • Bubur nasi

Bubur nasi sangat baik untuk mencegah serta meringankan rasa sakit akibat dari penyakit maag. Sebaiknya jangan ditambah dengan sate jerohan karena mengandung lemak sehingga sulit untuk dicerna. Tambahkan sedikit kecap serta telur rebus untuk tambahan protein.

  • Lidah buaya

Lidah buaya dipercaya mampu meredakan panas dalam serta dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Lidah buaya mengandung saponin yang memiliki sifat antiseptic.

Lidah buaya juga mengandung antrakuinon serta kuinon yang berfungsi sebagai antibiotic. Selain itu lidah buaya juga memiliki sifat antiradang karena kandungan mukopolisakarida , sehingga baik untuk orang-orang yang mengalami radang saluran pencernaan maupun arthritis.

  • Ikan

Ikan yang mengandung minyak, seperti ikan salmon, tengiri, herring serta sarden juga bisa dikonsumsi oleh para pengidap penyakit maag. Berbagai ikan tersebut mengandung asam lemak omega 3 yang nantinya dapat membantu meredakan radang lambung.

Omega 3 merupakan jenis lemak yang baik yang dapat meningkatkan produksi enzim dalam tubuh yang terfungsi untuk melindungi seluruh lapisan organ pencernaan.

Sedangkan beberapa hal yang harus dihindari oleh para pengidap penyakit maag, meliputi:

  • Hindari makanan yang mengandung gas

Berbagai makanan dan minuman yang mengandung gas, seperti kol, sawi, nangka serta pisang ambon sebaiknya dihindari saja. Buah-buahan yang dikeringkang serta kedondong juga sebaiknya dihindari dan jangan dikonsumsi. Selain itu, minuman bersoda juga sebaiknya dihindari karena mengandung gas

  • Hindari makanan yang sulit untuk dicerna
makanan berlemak

makanan berlemak

Ada baiknya pengidap penyakit maag untuk menghindari makanan yang sulit untuk dicerna. Makanan yang sulit untuk dicerna hanya akan memperlambat pengosongan lambung. Lambatnya proses pengosongan lambung akan menyebabkan meningkatnya peregangan lambung yang nantinya akan meningkatkan kadar asam lambung.

Berbagai jenis makanan yang sulit untuk dicerna, meliputi makanan berlemak, kue tar, keju serta daging merah.

  • Hindari makanan yang merangsang asam lambung

Pengidap penyakit maag sebaiknya menghindari makanan yang dapat merangsang produksi asam lambung.

Berbagai jenis makanan yang dapat merangsang asam lambung, seperti kopi, susu full cream, jus jeruk serta anggur putih.

  • Hindari karbohidrat

Hindari berbagai jenis makanan sumber karbohidrat yang keras, seperti ketan, bihun, mie, tales, jagung serta bulgur. Makanan seperti ini akan susah sekali dicerna.

  • Hindari makanan yang dapat merusak dinding lambung

Para pengidap penyakit maag juga diharuskan untuk menghindari makanan yang dapat merusak dinding lambung secara langsung.

Berbagai jenis makanan yang dapat merusak dinding lambung, meliputi makanan pedas, cuka, merica serta bumbu-bumbu lain yang merangsang.

  • Hindari cokelat

Pengidap penyakit maag seharusnya menhindari cokelat karena dapat melemahkan klep kerongkongan bagian bawah sehingga menyebabkan cairan lambung naik ke kerongkongan.

Kondisi seperti inilah yang menyebabkan rasa panas pada bagian perut atas. Makanan lain yang dapat menyebabkan hal yang sama, adalah gorengan serta makanan berlemak.

  • Hindari kegiatan yang mampu meningkatkan produksi gas

Ada beberapa kegiatan yang juga dapat meningkatkan produksi gas dalam lambung. Sebaiknya para pengidap penyakit maag menghindari kegiatan seperti merokok serta mengunyah permen karet.