Faktor Resiko Penyebab Tekanan Darah Tinggi

komplikasi karena tekanan darah tinggi

komplikasi karena tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bukanlah suatu penyakit yang baru. Faktanya hampir semua orang pernah tahu atau bahkan mengalami sendiri penyakit darah tinggi.

Padahal banyak sekali penyakit yang bisa disebabkan oleh adanya penyakit tekanan darah tinggi seperti penyakit jantung, stroke, kerusakan pada organ ginjal, glaukoma dan bahkan dimensia.

Namun sayangnya, masih belum banyak yang mengetahui secara pasti apa saja yang bisa menjadi faktor penyebab penyakit tekanan darah tinggi pada seseorang.

Dibawah ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit tekanan darah tinggi.

  • Umur

Seiring dengan bertambahnya umur seorang manusia, maka akan semakin tinggi resiko mengalami penyakit tekanan darah tinggi. Sebab, semakin tua umur seseorang, maka tingkat elastisitas pada pembuluh darah akan semakin berkurang sehingga cenderung mengalami penyempitan pada pembuluh darah. Dengan adanya penyempitan pada pembuluh darah maka tekanan darah pun menjadi semakin meningkat.

  • Keturunan

Bukan hanya ciri fisik, sifat maupun warna kulit saja yang diwariskan oleh orang tua. Terkadang penyakit pun juga bisa diwariskan oleh orang tua. Bila salah satu atau bahkan kedua orang tua anda mengalami tekanan darah tinggi, kemungkinan anda juga akan lebih cenderung mengalami penyakit tekanan darah tinggi.

  • Jenis kelamin

Sorang pria umumnya beresiko mengalami tekanan darah tingg pada usia 45 tahun. Umumnya pasa usia 45 hingga 64 tahun, baik itu wanita maupun pria akan memiliki tingkat resiko terserang penyakit tekanan darah tinggi yang sama. Namun, justru pada usia diatas 45 tahun, wanita akan lebih tinggi resikonya mengalami penyakit tekanan darah tinggi.

  • Malas beraktivitas

Orang yang tinggal di kota-kota besar lebih cenderung malas untuk beraktivitas. Bekerja di kantor serta duduk terlalu lama ditambah dengan kurang berolahraga maka lebih cenderung meningkatkan penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga dapat menyebabkan peningkatan resiko terserang penyakit tekanan darah tinggi.

  • Obesitas

obesitasObesitas atau kelebihan berat badan bisa saja menjadi salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi. Jika berat indeks massa tubuh anda menunjukkan angka 25 hingga 30 atau bahkan lebih, maka anda sudah termasuk kelebihan berat badan serta lebih beresiko mengalami penyakit tekanan darah tinggi.

  • Pola makan yang salah

Makanan yang tinggi kalori, lemak serta kaya akan gula perlu dikurangi untuk mengurangi resiko terserang tekanan darah tinggi. Selain itu sebisa mungkin kurangi makanan yang mengandung banyak garam. garam akan menahan banyak sekali cairan dalam tubuh  termasuk darah sehingga dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi.

  • Kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk yang terus menerus berlanjut seperti minum minuman beralkohol dan merokok akan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Minuman beralkohol dapat meningkatkan kolesterol jahat atau trigliserida yang berpotensi menyebabkan penyumbatan pada saluran darah. begitu juga dengan rokok.

  • Stres

Stres dapat meningkatkan darah sewaktu-waktu. Hormon adrenalin akan meningkat ketika kita mengalami stres. Hal seperti ini akan membuat jantung kita bekerja lebih cepat dari pada biasanya sehingga tekanan darah menjadi meningkat. Di samping itu, ketika kita dalam keadaan stres, kita tidak dapat menjaga pola makan kita dengan baik. Saat stres orang cenderung makan apa saja agar tubuhnya menjadi lebih rileks. Dan hal ini juga akan berdampak buruk pada tekanan darah.

  • Karena penyakit lain.

Menurut ahli kesehatan, gangguan pada kesehatan seperti apnea tidur juga dapat menimbulkan tekanan darah tinggi. Orang yang mengalami gangguan pada kesehatan akan sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli.

penyakit karena obesitas

Untuk tindakan pencegahan, mulailah menjaga pola makan anda sehari-hari. Makanlah makanan yang bergizi dan seimbang dengan kebutuhan kalori anda sehari-hari. Selain itu tetap berolah raga secara rutin agar peredaran darah menjadi tetap lancar dan bisa juga ditambah dengan mengkonsumsi Nectura Antioksidan yang mengandung banyak vitamin, mineral serta oksidan yang dapat menjaga kondisi tubuh kita tetap dalam keadaan sehat.