Gejala Kekurangan Dan Manfaat Dari Vitamin B6

makanan yang banyak mengandung vitamin B6

makanan yang banyak mengandung vitamin B6

Vitamin B6 atau yang disebut juga dengan nama pyridoxamine, merupakan salah satu vitamin yang penting bagi kehidupan manusia. Memasukkan makanan yang mengandung vitamin B6 saat anda mengalami sakit akan sangat baik sekali untuk mempercepat proses penyembuhan.

Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air yang mampu membantu mengatasi hal-hal yang berhubungan jantung, kulit, kelelahan, depresi, gangguan pada system saraf dan masih banyak lagi.

Kekurangan vitamin B6 akan memperlihatkan banyak gejala, seperti nafsu makan berkurang, kulit menjadi kering dan cenderung kasar, kelelahan, kerontokan pada rambut, bibir kering, pembengkakan pada mulit dan lidah, serta insomnia akut.

Selain gejala-gejala seperti diatas, kekurangan vitamin B6 juga dapat menyebabkan menurunnya koordinasi, anemia, gangguan emosi dan mudah marah, gangguan mental serta kelemahan pada beberapa bagian tubuh terutama bagian persendian.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung vitamin B6, seperti biji-bijian, serealia, kenari, gandum, ikan, telur, daging, dan hati. Beberapa jenis makanan lainnya yang juga mengandung vitamin B6, meliputi wortel, bayam, kacang kedelai, kembang kol, pisang dan juga kubis.

Ada begitu banyak fungsi atau manfaat dasar yang bisa kita dapatkan dari vitamin B6 untuk menunjang kesehatan kita, seperti:

  • Aktivitas co enzimatik

Vitamin B6 ikut bekerja sama dengan berbagai system enzimatik dalam tubuh manusia, sehingga tubuh kita mampu berfungsi dan bekerja dengan baik. Vitamin B6 akan meningkatkan kerja dan fungsi dari berbagai system saraf, ikut membangun system kekebalan tubuh serta mengurangi berbagai masalah, salah satunya adalah Arthritis.

  • Memperbaiki system kekebalan tubuh

b6 thumb2Vitamin B6 ikut berperan dalam memperbaiki system kekebalan tubuh manusia. System kekebalan tubuh yang selalu dalam keadaan baik, akan membuat kita menjadi lebih kebal terhadap ancaman penyakit. Hal ini nantinya akan ikut menahan sejumlah infeksi pada tubuh. Mudah terserang infeksi juga termasuk salah satu gejala dari kekurangan vitamin B6.

  • System metabolism

Vitamin B6 juga memiliki kemampuan untuk metabolism atau mengkonversi sejumlah nutrisi yang nantinya dirubah menjadi energy.  Selain itu, vitamin B6 juga ikut berperan dalam proses metabolism lemak, karbohidrat, vitamin serta berbagai komonen penting dalam tubuh, seperti asam amino.

  • Mengurangi sindrom premenstruasi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 juga mampu mengurangi sindrom premenstruasi yang banyak terjadi pada wanita. Vitamin B6 akan mengurangi gejala-gejala dari sindrom premenstruasi, seperti depresi dan memperbaiki mood wanita. Bahkan vitamin B6 mampu mencegah masalah seperti hilangnya atau berkurangnya dorongan seksual dan masalah lainnya pada wanita.

  • Mencegah gangguan emosional

Vitamin B6 juga mampu mencegah dan mengobati sejumlah gangguan emosional. Kekurangan vitamin B6 mampu mempengaruhi produksi hormone tertentu, sehingga menyebabkan munculnya ketidakseimbangan hormone dalam tubuh. Kondisi seperti ini nantinya akan menyebabkan terjadinya gangguan emosi.

  • Mengontrol system hormonal

Vitamin B6 juga ikut membantu dalam mengontrol tingkat hormone dalam tubuh kita. Tingkat hormone yang selalu terkontrol akan menjadi hormone dalam tubuh kita selalu seimbang, sehingga kesehatan dan metabolism tubuh kita tidak ikut terganggu.

  • Menjaga kesehatan kulit
makanan yang mengandung vitamin B6

makanan yang mengandung vitamin B6

Vitamin B6 juga ikut membantu dalam hal menjaga kesehatan kulit kita. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 akan ikut membantu dalam hal mengobati beberapa masalah pada kulit. Selain itu vitamin B6 juga ikut membantu dan mencegah menyakit kulit yang serius karena psoriasis maupun melanoma.

  • Menjaga kesehatan organ ginjal

Vitamin B6 akan ikut membantu dalam hal mengendalikan kadar lemak yang disimpan di dalam dan sekitar organ hati dan organ ginjal. Ketika kadar lemak di dalam maupun disekitar hati dan ginjal semakin berkurang, maka akan ikut melindungi organ jantung kita. Asupan vitamin B6 juga ikut mencegah terbentuknya batu ginjal.

Selain memiliki banyak manfaat seperti diatas, vitamin B6 juga bisa digunakan untuk mengobati masalah kesehatan lainnya. Berbagai masalah kesehatan tersebut, meliputi carpal tunnel syndrome, anemia, multiple sclerosis serta influenza.

Vitamin B6 juga mampu mengurangi masalah, seperti mual, infertilitas serta berbagai masalah yang sering terjadi pada ibu-ibu hamil.