Gejala Kerusakan Serta Cara Untuk Menjaga Kesehatan Mata

sakit mata

sakit mata

Terkadang secara sadar atau tidak kita merasa penglihatan kita semakin lama semakin buram dan tampak tidak begitu jelas. Dan umumnya kita akan berpikir bahwa minus pada mata kemungkinan semakin bertambah. Jadi kita hanya perlu ganti kacamata serta masalah seperti penglihatan buram akan hilang.

Banyak sekali orang yang meremehkan masalah-masalah pada penglihatan. Padahal berbagai masalah pada organ penglihatan bisa saja memiliki efek samping yang pada organ penglihatan itu sendiri.

Bisa saja gangguan penglihatan pada mata akan sampai ke tahap kronis atau bahkan nantinya dapat membuat anda mengalami kebutaan permanen. Apalagi setiap hari anda terpapar berbagai macam hal, seperti cahaya, virus, jamur maupun debu yang bisa saja akan membuat daya penglihatan anda menjadi semakin menurun.

Maka dari itu, kita perlu mengenali berbagai gejala kerusakan organ mata agar kita dapat melakukan upaya pencegahan yang tepat sehingga kerusakannya tidak sampai membuat kita mengalami kebutaan secara permanen.

Beberapa gejala kerusakan pada organ mata, meliputi:

  • Penglihatan buram

Bila anda mulai merasa seperti buram saat melihat benda atau anda sudah mulai tidak dapat melihat tulisan seperti nama toko dan lain sebagainya dari kejauhan, Maka sebaiknya anda segera memeriksakan mata anda dokter mata. Kemungkinan mata anda mengalami miopia, presbyopia atau astigmatisma. Jika penglihatan buram dibiarkan begitu saja, nantinya akan menyebabkan munculnya penyakit glaukoma bahkan bisa menyebabkan kebutaan permanen.

  • Penglihatan berkabut
Mata pengidap katarak

Mata pengidap katarak

Jika penglihatan anda mulai berkabut atau seperti tertutup asap putih, kemungkinan hal seperti ini merupakan gejala awal dari penyakit katarak atau bisa juga karena kekurangan vitamin A. Penyakit katarak yang tidak segera ditangani akan menyebabkan kebutaan. Katarak juga merupakan penyebab banyaknya kasus kebutaan di Indonesia.

  • Bayangan gelap disudut mata

Bila anda merasa seperti ada bayangan gelap disudut mata dan disertai rasa nyeri pada bagian mata, bisa jadi ini merupakan gejala awal penyakit glaukoma. Umumnya selain seperti ada bayangan yang gelap, penglihatan mata juga terasa buram. Jika anda merasakan hal-hal seperti itu, sebaiknya segera periksakan mata anda kedokter ahli.

  • Titik maupun kilatan cahaya aneh

Bintik-bintik hitam berwarna gelap pada penglihatan sering disebut floaters. Sedangkan kilatan cahaya aneh pada penglihatan sering disebut flashes. Indikasinya yaitu retina mulai terlepas sehingga tidak dapat berfungsi lagi secara optimal dan timbullah masalah seperti titik-titik maupun kilatan cahaya pada penglihatan.

  • Mata gatal, merah dan perih

Gejala seperti gatal, merah disertai perih pada mata menandakan bahwa mata mengalami iritasi atau bisa juga karena alergi. Contoh karena alergi, adalah dari makanan tertentu, debu, udara dingin dari AC maupun paparan sinar UV secara langsung atau paparan lampu dan gadget. Sedangkan mata gatal, merah dan perih karena iritasi umumnya lebih disebabkan oleh jamur, virus maupun bakteri yang masuk ke organ mata.

Maka dari itu, sebaiknya segera periksakan mata anda ke dokter mata bila anda mulai merasakan gejala-gejala seperti diatas. Untuk mengurangi resiko kebutaan anda bisa menjaga kesehatan lingkungan di sekitar kita, menjaga gaya hidup serta menjaga asupan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Hindari penggunaan cahaya secara berlebihan  serta memilih sumber cahaya lampu yang aman dan nyaman untuk mata untuk lampu meja maupun lampu belajar.

Selain itu ada juga cara lain untuk menjaga kesehatan mata, yaitu dengan cara mengkonsumsi kopi. Kebiasaan minum kopi sampai saat ini masih saja menjadi perdebatan disana sini. Sudah banyak orang yang merasakan efek samping dari konsumsi kopi. Namun, selain itu konsumsi kopi juga dapat memberikan manfaat untuk tubuh kita, selama dikonsumsi secara wajar.

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa konsumsi kopi secara rutin dapat membantu kesehatan organ mata. Asam klorogenik yang terdapat dalam kopi memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah penuaan retina mata.

KafeinPenuaan retina pada organ mata manusia ini disebabkan oleh penyakit glaukoma, usia yang semakin bertambah serta diabetes.

Chang Y Lee dari Cornell University sebagai ketua penelitian tersebut mengatakan bahwa, kopi merupakan minuman yang sangat populer di dunia. Dalam penelitian tersebut ara peneliti melakukan percobaan dengan menggunakan tikus.

Kelompok tikus yang diberi asam klorogenik tidak menunjukkan tanda-tanda adanya kerusakan pada retina matanya setelah diberi paparan nitrit oksida yang dapat mempercepat proses penuaan retina mata.

Para peneliti mengatakan bahwa masih perlu dilakukan berbagai penelitian lanjutan untuk memperkuat hasil temuan ini. Khususnya untuk mengetahui lebih lanjut efek dari kopi ini bila diapliksikan secara langsung pada manusia.

Selain itu, para peneliti juga ingin mengetahui apakah asam klorogenik pada kopi dapat disalurkan secara langsung ke retina mata. Bila memang benar demikian, maka para peneliti dapat merancang dosis kopi yang tepat untuk menjaga kesehatan mata kita.