Jenis Dan Fungsi Pasta Gigi

Pada saat anda jalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau supermarket biasanya anda akan melihat adanya berbagai pilihan pasta gigi di rak belanja dengan berbagai kemasan yang berbeda dan terlihat menarik.

Ada banyak pilihan pasta gigi yang berbeda yang bisa dibedakan menurut harga, jenis dan fungsinya.

Ada pasta gigi yang sengaja diciptakan untuk menjadikan gigi lebih putih, ada pasta gigi yang sengaja diciptakan untuk menyegarkan mulut, ada yang sengaja untuk mencegah plak menumpuk dan pasta gigi yang didesain untuk mencegah gigi berlubang.

Kebanyakan berbagai produk pasta gigi mengklaim bahwa produk pasta gigi mereka memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan merk lain padahal intinya hampir semua pasta gigi memiliki bahan komposisi yang hampir sama.

Jenis Dan Fungsi Pasta Gigi

Sebenarnya setiap produk pasta gigi memiliki keunggulan masing-masing yang bisa dibedakan menurut jenisnya.

Karena pasta gigi memiliki beberapa jenis pilihan fungsi maka anda harus bijak dalam memilih produk pasta gigi menurut kondisi kesehatan gigi anda.

Sebagai contoh, jika anda memiliki kondisi gigi yang memiliki plak yang susah dihilangkan maka ada baiknya untuk memilih pasta gigi yang sengaja diciptakan untuk menghilangkan plak yang membandel.

Begitu pula jika anda memiliki keluhan sering mengalami gigi yang berlubang maka ada baiknya untuk memilih pasta gigi yang diciptakan untuk mencegah gigi berlubang.

Jangan sampai anda memiliki keluhan memiliki plak yang susah dihilangkan namun anda menggunakan pasta gigi yang mengandung formula khusus untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Sebenarnya bisa saja plak anda bisa hilang jika anda menggunakan produk pasta gigi dengan formula khusus untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap, namun biasanya akan membutuhkan proses yang lebih lama jika dibandingkan dengan menggunakan produk pasta gigi yang sengaja diciptakan untuk menghilangkan plak yang susah dihilangkan.

Berikut ini adalah Jenis Dan Fungsi Pasta Gigi diantaranya :

  • Pasta Gigi Pemutih menggosok gigi

Kebanyakan dari produk pasta gigi pemutih mengandung enzim dan zat silika yang bermanfaat untuk menghilangkan noda yang ada pada permukaan gigi.

Kebanyakan jenis noda yang menempel pada permukaan gigi berasal dari minuman teh, kopi atau kebiasaan menghisap rokok.

Karena harga produk pasta gigi pemutih biasanya cenderung mahal dan supaya anda tidak salah pilih produk pasta gigi yang tepat maka ada baiknya untuk memastikan masalah kesehatan gigi anda maka anda segera berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu.

Namun jika noda yang menempel pada permukaan gigi berasal dari faktor lain seperti faktor usia yang menua, adanya lubang, pada waktu kecil minum obat-obatan tertentu maka sesering apapun anda menyikat gigi maka akan sangat sulit untuk memutihkan gigi anda.

Lagipula di dalam produk pasta gigi pemutih biasanya memiliki formula yang bisa membuat seseorang yang memiliki gigi dan gusi yang sensitif akan mengalami nyeri dan luka jika menggunakannya.

Maka dari itu berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter gigi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang justru bisa mengganggu kesehatan anda.

 

  • Pasta Gigi Sensitif gigi ngilu

Bila anda memiliki gigi yang sensitif maka jangan merasa khawatir karena belakangan ini ada banyak pilihan produk pasta gigi yang sengaja diciptakan untuk mencegah gigi sensitif.

Produk pasta gigi sensitif bisa mengurangi sensitivitas pada gigi karena pasta gigi ini mengandung formula seperti arginin atau kalium nitrat.

Gigi sensitif sangat identik dengan rasa ngilu pada gigi namun bukan berarti gigi ngilu hampir pasti menunjukkan bahwa anda memiliki gigi yang sensitif.

Hal itu karena adanya lubang kecil pada gigi yang meski tidak terlihat juga bisa menyebabkan gigi terasa ngilu.

Untuk mengetahui apakah anda memiliki gigi yang sensitif bisa dilihat dari kondisi gigi anda setelah anda baru saja minum es yang dingin atau minum minuman yang panas.

Bila gigi anda terasa ngilu dengan seketika setelah minum es atau air panas maka kondisi itu menunjukkan bahwa anda memiliki gigi sensitif.

Kebanyakan penyebab utama dari gigi yang sensitif adalah karena email gigi yang mengalami kerusakan atau gusi yang mulai menurun.

Namun jika gigi anda terasa ngilu selama beberapa menit maka biasanya hal itu dikarenakan adanya lubang pada gigi, jadi bukan disebabkan oleh gigi sensitif.

Gigi yang terasa ngilu hanya bisa segera diatasi sementara oleh pasta gigi sensitif maka dari itu segeralah memeriksakan diri ke dokter gigi terdekat untuk memastikan penyebab gigi yang ngilu dan untuk mendapatkan penanganan yang terbaik untuk menghilangkan ngilu untuk selamanya.

 

  • Pasta Gigi Herbal pasta gigi

Pasta gigi herbal biasanya menggunakan bahan-bahan herbal atau alami dan tidak mengandung bahan deterjen.

Meski demikian anda patut hati-hati karena sebagian dari produk pasta gigi herbal terkadang tidak mengandung fluoride.

Padahal fluoride sangat penting bagi kesehatan gigi karena fungsi dari fluoride adalah untuk menjaga supaya gigi tetap kuat dan melindungi lapisan email.

 

  • Pasta Gigi Pencegah Plak

Plak pada gigi biasanya disebabkan oleh kuman yang berkembang biak pada gigi karena gigi jarang dibersihkan.

Produk pasta gigi pencegah plak biasanya mengandung zinc sitrat atau triclosan.

Zinc sitrat berfungsi untuk menghambat akumulasi plak serta menghilangkan racun yang berasal dari bakteri, dan mengurangi masalah pada gusi.

Walaupun produk pasta gigi yang beredar di pasaran memiliki banyak pilihan bahkan sebagian diantaranya ditawarkan melalui iklan di televisi dengan bahasa yang sangat menggoda namun anda harus bijak dalam memilih produk pasta gigi yang tepat untuk gigi anda.

Jangan mudah tergoda dengan produk pasta gigi yang murah, namun produk pasta gigi yang mahal juga bukan jaminan bahwa produk tersebut baik untuk kesehatan gigi anda.

Maka dari itu jangan malu untuk sekedar berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menanyakan produk pasta gigi yang tepat untuk gigi anda.