Jenis Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Yoga memiliki banyak manfaat, misalnya saja untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, meningkatkan kekuatan otot serta kelenturan tubuh.

Bukan hanya itu karena Anda juga bisa menurunkan berat badan dengan melakukan gerakan yoga, dan Anda tidak harus mempersiapkan banyak peralatan pendukung serta Anda tidak harus repot mencari tempat yang pas untuk melakukannya karena Anda juga bisa melakukannya meskipun di tempat atau ruangan yang sempit sekalipun.

Belakangan ini gerakan yoga memang menarik perhatian bagi kalangan yang ingin menurunkan berat badannya ataupun ingin membentuk tubuh supaya menjadi lebih indah, karena gerakan yoga terbukti lebih efektif, efisien, dan Anda tidak harus mengeluarkan banyak biaya ketika melakukan gerakan ini.

Dari sekian banyak gerakan yoga yang bisa membantu menurunkan berat badan, Anda bisa memilih salah satu diantaranya :

1. Bow pose Bow pose

Anda bisa menyiapkan matras, kemudian berbaringlah diatasnya. Setelah itu posisikan tangan Anda ke belakang lalu pegang jari-jari kaki Anda.

Kemudian angkat dada Anda tapi usahakan supaya paha Anda tetap tidak terpisah dari matras.

Lalu tarik nafas yang dalam dan usahakan untuk mengambil posisi tubuh yang benar-benar santai.

Dengan melakukan gerakan yoga ini maka akan membantu anda untuk menghilangkan lemak, bahkan termasuk dengan lemak yang ada pada lipatan serta bagian yang sulit pada tubuh Anda.

 

2. Paschimottanasana Paschimottanasana

Untuk gerakan yoga yang ini sebenarnya hampir sama dengan gerakan mencium lutut, hanya saja Anda harus menggunakan alat bantu ketika melakukan gerakan ini.

Anda harus menyangga bagian telapak kaki Anda dengan menggunakan balok kayu yang datar ketika melakukan gerakan yoga ini.

Posisikan tubuh Anda mencium bagian lutut setelah itu gunakan alat bantu tadi dengan menempatkannya pada bagian ujung kaki supaya tetap lurus.

Setelah itu sebaiknya pegang alat bantu itu dan pertahankan supaya kaki Anda tetap lurus.

Dengan melakukan gerakan serta latihan yoga ini maka lemak yang ada pada bagian perut Anda akan berkurang, bahkan bukan hanya itu saja karena gerakan ini juga bisa mengatasi nyeri punggung.

 

3. Tree pose Tree pose

Posisikan tubuh Anda dalam kondisi berdiri yang nyaman dan stabil, lalu angkat satu kaki Anda ke atas dan tekuk telapak kaki Anda hingga menempel ke kaki yang lain, lalu angkat tangan anda dan posisikan ke atas kepala.

Posisi ini merupakan gerakan yoga yang paling mudah jika Anda memang berniat mengurangi berat badan dan menenangkan pikiran.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada baiknya ketika melakukan gerakan ini, Anda tidak dalam kondisi kenyang atau baru saja makan.

 

4. Bhujasana Bhujasana

Gerakan yoga Bhujasana juga biasa dikenal sebagai gaya kobra, dimana ketika melakukan gerakan ini tubuh Anda harus dalam kondisi berbaring secara menelungkup di atas matras.

Setelah itu angkat bagian pinggang Anda hingga kepala ke bagian atas sambil bertumpu dengan menggunakan dua tangan.

Gerakan yoga bhujasana bukan hanya berfungsi untuk menghilangkan lemak yang ada pada perut namun juga bisa mengatasi nyeri punggung.

 

5. Butterfly Butterfly

Posisi yoga Butterfly atau kupu-kupu merupakan gerakan yoga yang termudah untuk dilakukan karena Anda tidak perlu melakukan gerakan yang rumit, karena Anda hanya cukup duduk bersila saja.

Akan tetapi tempatkan kedua telapak kaki Anda dengan memegang kedua tangan, kemudian Anda bisa mengambil posisi duduk yang tegak dan nyaman.

Walaupun gerakan ini hampir sama dengan posisi orang yang sedang duduk biasa tetapi gerakan yoga ini cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Gerakan ini sangat efektif untuk menghilangkan lemak yang ada pada bagian paha dan perut, dan jika Anda ingin merampingkan kaki Anda maka Anda bisa mencoba gerakan yoga ini.

 

6. Camel pose Camel pose

Ketika melakukan gerakan camel pose, Anda bisa mengambil posisi berlutut setelah itu posisikan tubuh Anda hingga melengkung ke belakang sambil bertumpu dengan menggunakan satu tangan yang menempel pada kaki.

Posisi camel pose sangat efektif untuk menghilangkan lemak yang ada pada bagian perut, serta bagian lain di sekitarnya seperti lengan, dada dan pinggang.

 

7. Kundalini Kundalini

Inti dari pose gerakan yoga kundalini mengandalkan keseimbangan tubuh dimana Anda bisa mengambil posisi duduk lalu angkat kaki Anda ke atas dan tubuh ke belakang secara perlahan.

Kemudian Anda bisa bertumpu pada bagian bokong, lalu rentangkan tangan Anda supaya tubuh Anda tetap seimbang dan tidak mudah terjatuh.

Pose yoga kundalini sangat efektif untuk menghilangkan lemak yang ada pada bagian paha dan perut, dan bukan hanya itu saja karena jika Anda sering melakukan gerakan yoga ini maka bentuk kaki Anda bisa menjadi lebih ramping.

 

8. Rocking Boat Pose Rocking Boat Pose

Ketika melakukan gerakan yoga rocking boat pose Anda bisa mengawalinya dengan mengambil posisi duduk dengan kaki lurus di atas matras.

Setelah itu angkat kaki Anda ke atas secara perlahan sambil mencondongkan tubuh ke belakang sehingga membentuk posisi segitiga.

Setelah itu Anda bisa bertumpu pada bokong, lalu rentangkan tangan pada samping lutut supaya tubuh Anda menjadi seimbang dan tidak mudah terjatuh.

Pertahankan selama 5 kali hitungan sambil mengatur pernapasan supaya Anda semakin merasa nyaman.

Gerakan yoga rocking boat pose ini efektif untuk menurunkan berat badan dengan mengandalkan keseimbangan sehingga efektif menurunkan berat badan dengan mengurangi lemak di area perut, lengan, paha dan pinggang.