Jenis-Jenis Diet Yang Efektif

Belakangan ini di tengah masyarakat bermunculan berbagai metode diet yang berbeda, dimana hal ini terjadi karena tingginya kasus obesitas yang terjadi di seluruh belahan dunia tidak terkecuali di Indonesia.

Tidak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu informasi mengenai jenis-jenis diet, kemudian anda tinggal mencocokkan kira-kira jenis diet mana yang cocok untuk anda.

Berikut ini adalah Jenis-jenis Diet Yang Efektif, diantaranya :

  • Diet Ketogenik Diet Ketofastosis

Sebenarnya diet ketogenik direkomendasikan untuk anak-anak atau penderita epilepsi yang tidak bisa menerima respon obat, walaupun jenis diet ini juga bisa anda pilih namun sebaiknya anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter pribadi anda karena jenis diet ini juga memiliki resiko kesehatan.

Pada umumnya diet ketogenik lebih mengutamakan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan lemak namun rendah akan karbohidrat seperti telur, daging, es krim, sosis, tuna, udang dan mayones.

Sedangkan jenis makanan yang dihindari biasanya adalah roti, pasta, buah-buahan, sayuran dan makanan lain yang mengandung zat tepung dan gula sederhana.

Diet ketogenik memiliki rasio yang terperinci pada lemak, protein dan karbohidrat dimana lemak 80%, protein 15% dan karbohidrat 5%.

 

  • Diet Obsessive Corbuzier’s Diet (OCD) Obsessive Combuzier’s Diet

Obsessive Corbuzier’s Diet termasuk salah satu jenis diet yang sedang tren pada saat ini dimana jenis diet ini pertama kali diperkenalkan oleh mentalis Deddy Corbuzier, dimana kita bisa melihat sendiri bahwa penampilannya sekarang terlihat berotot berbeda jauh dengan dahulu yang terlihat gemuk.

Pola diet Obsessive Corbuzier’s Diet cukup simpel dengan memperkenalkan sistem puasa dimana anda boleh makan apapun tanpa pantangan selama 4,6 atau 8 jam per hari, sedangkan di luar jam itu anda tidak boleh makan tapi masih diperbolehkan untuk minum.

Inti dari jenis diet ini adalah anda tidak boleh serakah, dengan demikian dengan melakukan jenis diet ini maka anda bisa melakukan diet namun tidak ada rasa terpaksa atau mengalami stres karena anda masih bisa makan apa saja yang anda suka.

 

  • Diet Rendah Lemak

Meskipun namanya Obsessive Combuzier namun bukan berarti anda dilarang untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, karena pada kenyataannya tubuh harus mengonsumsi total kalori lemak sekitar 35%.

Pada intinya ketika menjalani diet rendah lemak anda masih diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti ikan dan kacang, namun tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh misalnya seperti gorengan.

 

  • Diet Makan Tanpa Rasa diet makan tanpa rasa

Pada diet makan tanpa rasa, semua makanan yang akan dikonsumsi biasanya diproses dengan cara direbus tanpa bumbu sama sekali.

Makanan yang digoreng biasanya memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi daripada makanan yang direbus.

Tujuan lain dari diet makan tanpa rasa adalah untuk menurunkan selera makan sehingga selera makan di hari berikutnya akan semakin turun.

 

  • Diet Ketofastosis 

Diet Ketofastosis hampir mirip dengan jenis diet ketogenik, hanya saja bedanya adalah saat menjalani diet ini ada beberapa bahan yang wajib anda konsumsi.

Pada diet ini anda menggunakan pola diet dengan pola makan tinggi lemak, rendah karbohidrat dan protein sedang.

Sedangkan puasa dilakukan ketika anda mengalami fase ketosis (fasting on ketosis) dimana lamanya puasa adalah sekitar 6 hingga 12 jam.

Manfaat dari diet ketofastosis adalah anda bisa mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal, stamina tubuh yang bertambah dan tubuh yang sehat.

 

  • Diet Nasi Merah Diet nasi merah

Diet nasi merah berbeda dengan jenis diet yang lain dimana jenis diet ini justru menyarankan untuk lebih sering makan dimana biasanya makan 3 kali dalam sehari, menjadi 5 atau 6 kali dalam sehari.

Meski demikian anda hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi nasi merah dan dada ayam, serta buah-buahan di jam makan besar dimana tujuan dari diet ini adalah untuk menjaga supaya metabolisme tubuh tetap terjaga.

Meski terlihat tak masuk akal, namun kenyataannya banyak yang telah membuktikan bahwa jenis diet ini berhasil mengecilkan ukuran perut dan mengurangi berat badan.

 

  • Diet General Motor (GM)

Pada mulanya diet General Motor dikembangkan oleh perusahaan otomotif yang kemudian diawasi oleh BPOM dan departemen pertanian di AS.

Pada dasarnya diet General Motor merekomendasikan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung air seperti buah dan sayur karena jenis makanan ini diyakini bisa membersihkan racun dalam tubuh serta bisa membakar lemak dalam tubuh.

Dalam diet ini anda harus memiliki perencanaan yang terperinci selama 7 hari ke depan mengenai di mana anda harus mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi namun rendah akan kalori.

 

  • Diet Food Combining 

Sebagian besar dari orang yang telah mencoba diet food combining mengaku bahwa selama menjalani diet ini mereka tidak merasa tersiksa karena menahan rasa lapar.

Diet food combining tidak membatasi jumlah makanan yang masuk dimana jenis diet ini memusatkan pada kondisi pH dalam darah yang harus selalu dalam kondisi netral.

Diet food combining merekomendasikan untuk mengonsumsi buah dan sayur secara langsung dan bukan yang telah melalui proses dimasak atau direbus karena buah dan sayur yang alami memiliki nutrisi yang masih utuh dan lengkap.

Ditambah lagi sebisa mungkin tidak mengonsumsi karbohidrat dan makanan berprotein secara bersamaan, namun memadukan sayur dan protein hewani pada saat makan.

Diet food combining

 

  • Diet Mayo

Diet Mayo pada mulanya diperkenalkan oleh Mayo Clinic yang berada di AS dimana dalam jenis diet ini anda diharuskan untuk puasa makanan yang mengandung garam selama 13 hari.

Alasannya adalah garam yang masuk ke dalam tubuh akan menahan air sehingga tubuh akan mudah merasa haus atau ada perasaan ingin minum,dan jika anda minum sama saja berat badan anda akan bertambah.

 

  • Diet Nasi jenis-jenis diet yang efektif

Metode diet nasi cukup sederhana yaitu anda diharuskan untuk tidak mengonsumsi nasi putih karena bahan makanan ini tinggi akan kandungan kalori dan karbohidrat.

Pada mulanya terasa berat memang karena selama ini anda pasti sudah terbiasa makan nasi putih sehingga pasti terasa sulit ketika meninggalkan kebiasaan makan dengan menggunakan nasi putih.

Sebagai alternatif anda bisa mengganti nasi putih dengan bahan makanan lain yang rendah kalori seperti nasi merah, jagung atau kentang rebus.

Setelah menjalani jenis diet ini dijamin berat badan anda akan turun secara drastis dan anda akan terhindar dari obesitas serta penyakit diabetes karena selama ini nasi putih merupakan salah satu penyebab utama dari dua masalah kesehatan tersebut.

 

Anda bisa memilih salah satu dari berbagai jenis diet yang telah disebutkan di atas, kemudian cocokkan jenis diet mana yang kira-kira sesuai dengan kondisi kesehatan anda.

Pilih jenis diet yang anda sukai, dan lakukan program diet tersebut tanpa ada perasaan terpaksa supaya anda tidak merasa stres ketika sedang menjalani diet.