Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dapat Mempercepat Penuaan Dini

penuaan dini

penuaan dini

Berbagai makanan serta minuman yang kita konsumsi sehari-hari dapat memberikan dampak bagi tubuh kita. Jika kita selalu mengkonsumsi makanan serta minuman yang menyehatkan, maka tubuh kita akan tetap terjaga kesehatannya.

Namun bila kita mengkonsumsi makanan serta minuman yang tidak menyehatkan, maka akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Makanan serta minuman yang tidak sehat tidak saja dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya, seperti diabetes, hipertensi maupun kanker. Namun, makanan serta minuman yang tidak menyehatkan juga dapat berpengaruh pada kulit kita sehingga dapat menimbulkan kerutan yang biasa disebut penuaan dini.

Beberapa jenis makanan serta minuman yang dapat mempercepat munculnya penuaan dini, adalah:

  • Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang sangat merugikan bagi kesehatan kita. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan telah terbukti mampu merusak fungsi dari organ hati serta merusak sistem kekebalan tubuh.  Dengan rusaknya sistem kekebalan tubuh, maka tubuh kita tidak mampu untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita sehingga mempercepat munculnya penuaan dini.

  • Minuman bersoda
minuman bersoda dalam botol

minuman bersoda dalam botol

Minuman bersoda biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi sekali serta kandungan nutrisinya sangat sedikit sekali. Kandungan gula yang tinggi dapat memicu kelebihan berat badan atau obesitas yang nantinya akan berdampak pada kesehatan, seperti munculnya penyakit diabetes, hipertensi serta stroke. Kadar gula yang tinggi pada minuman bersoda dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang nantinya berpengaruh pada proses glikasi yang dapat merusak kolagen pada tubuh kita. Kolagen yang bersifat lentur akan menjadi rusak serta berubah menjadi keras. Akibatnya akan muncul kerutan maupun keriput pada bagian kulit.

  • Kopi

Kopi mengandung kafein yang ternyata juga mampu meningkatkan hormon stres dalam tubuh kita. Hal ini berhubungan dengan peranan tres yang dapat mempercepat munculnya penuaan dini. Hormon stres yang disebut kortisol akan menyebar di dalam tubuh akan membuat otot-otot menjadi cepat lelah sehingga membuat otot dalam tubuh kita lebih cepat menyusut.

  • Daging olahan

Daging olahan seperti sosis juga dapat mempercepat munculnya penuaan dini. Makanan dari daging olahan memang praktis sekali serta memiliki rasa yang nikmat. Namun dibalik itu semua, makanan dari daging olahan juga dapat memicu munculnya kanker kolon. Umumnya, makanan seperti daging olahan mengandung banyak garam dan bumbu yang bersifat karsinogenik atau dapat menimbulkan kanker. Garam tersebut nantinya akan mengurangi cairan dalam tubuh kita, sehingga lama kelamaan akan muncul kerutan pada kulit kita.

  • Daging merah
daging merah segar

daging merah segar

Daging merah mengandung protein yang baik bagi tubuh kita. Protein yang terdapat dalam daging merah dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, jika kita mengkonsumsi daging merah secara berlebihan, protein yang ada di dalam daging merah akan melebihi batas yang ditoleransi oleh tubuh kita. Mengkonsumsi daging merah secara berlebihan dapat mengurangi kadar kalsium pada tulang dalam tubuh kita yang nantinya akan menyebabkan osteoporosis. Selain itu, cairan dalam tubuh kita akan berkurang secara drastis untuk mencerna daging merah tersebut, sehingga kulit kita berkurang kelembabannya.

  • Keripik maupun kentang goreng

makanan ringan seperti keripik yang digoreng dalam suhu yang tinggi dapat membentuk lemak tran dalam tubuh kita. Makanan seperti keripik maupun kentang goreng bila dikonsumsi secara berlebihan, dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner. Karena selain digoreng dalam suhu tinggi, biasanya keripik maupun kentang goreng tersebut diberi garam dalam jumlah yang tinggi.

  • Minuman energi

Beberapa poduk minuman energi umumnya mengandung banyak kafein. Kafein yang berlebihan dalam tubuh akan membuat anda menjadi mudah gelisah dan juga dapat mengganggu waktu tidur. Kurangnya waktu untuk tidur akan membuat tubuh cepat lelah, sehingga dapat menyebabkan munculnya kerutan pada bagian kulit.

  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang utama bagi tubuh kita. Dalam 1 gram karbohidrat yang kita konsumsi akan menghasilkan energi sebesar 4 kalori. Jika kita mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang berlebihan, maka karbohidrat akan diubah menjadi lemak serta akan disimpan dalam tubuh kita. Lemak yang berlebihan dalam tubuh inilah yang dapat menyebabkan kerutan pada bagian kulit.

  • Garam
penambahan garam pada makanan

penambahan garam pada makanan

Mengkonsumsi garam dalam jumlah yang wajar tidak akan berbahaya bagi kesehatan kita. Kelebihan garam dalam tubuh kita akan menyebabkan retensi cairan yang membuat kulit kita cepat keriput. Selain itu, kelebihan garam juga dapat menyebabkan penyakit ginjal, hipertensi dan juga mampu mengganggu metabolisme tulang. Ada baiknya jangan mengkonsumsi garam terlalu banyak.

Ada baiknya untuk mengurangi jenis makanan serta minuman seperti diatas dan menggantinya dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan. Makanan yang menyehatkan bagi tubuh kita adalah jenis sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah-buahan segar akan memproduksi kolagen dalam tubuh kita.

Kolagen berfungsi untuk menjaga kulit kita agar tetap lembab dan kenyal serta dapat melindungi kulit kita terbebas dari serangan radikal bebas. Perbanyak juga konsumsi asam lemak omega 3 serta alpha linolenic acis atau ALA yang terkandung dalam makanan seperti ikan salmon, alpukat serta minyak zaitun. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen seperti Nectura Juice yang dapat menjauhkan kita dari munculnya gejala penuaan dini.

4 comments for “Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dapat Mempercepat Penuaan Dini

  1. Pingback: jonathan
  2. Pingback: Lee
  3. Pingback: Gilbert
  4. Pingback: Walter

Comments are closed.