Jenis Makanan Pembentuk Otot

cara membentuk otot

cara membentuk otot

Ada begitu banyak cara untuk membentuk otot tubuh. Yaitu dengan cara berolahraga serta melatih otot dengan melakukan latihan beban.

Selain itu ada juga cara lain untuk membentuk otot yaitu dengan mengkonsumsi makanan tertentu yang menjadi bagian paling penting dalam membentuk otot. Beberapa jenis makanan pembentuk otot cukup mudah untuk dicari.

Kegiatan membentuk otot tidak hanya dilakukan oleh pria saja. Wanita juga ada yang suka melakukan kegiatan pembentukan otot bagian tubuh tertentu agar terlihat lebih kencang dan indah.

Melakukan olahraga beban merupakan salah satu cara untuk membentuk otot tubuh. Namun usaha tersebut juga harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan tertentu yang nantinya akan ikut membantu dalam proses pembentukan otot.

Berbagai jenis makanan yang mengandung protein merupakan makanan yang sangat penting dalam membangun serta memperbaiki struktur otot tubuh. Karbohidrat juga ikut berperan dalam proses pembentukan otot. Karbohidrat diperlukan sebagai bahan bakar dalam proses pembentukan otot.

Berbagai jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk membentuk otot, meliputi:

  • Daging merah
daging merah segar

daging merah segar

Dalam sebuah penelitian, daging merah berkontribusi dalam pembentukan otot. Sebaiknya konsumsilah daging merah tanpa lemak. Misalnya, daging sapi. Sebaiknya pilihlah daging dari sapi yang hanya diberi makan rumput. Daging dari hewan yang hanya diberi makan rumput mengandung lebih banyak omega 3, vitamin A, vitamin B, selenium, zat besi serta fosfor.

  • Dada ayam

100 gram dada ayam tanpa lemak mengandung 30 gram protein. Dada ayam tidak terlalu mahal serta mudah sekali untuk didapat. Selain itu dada ayam juga mudah sekali untuk diolah.

  • Telur

Telur mengandung 6 sampai 8 gram protein. Satu butir telur merupakan makanan yang kaya akan vitamin, seng, zat besi serta kalsium, yang nantinya akan ikut berperan dalam proses pembentukan otot.

  • Minyak ikan

Minyak ikan memiliki sifat antiperadangan sehingga tubuh kita akan lebih cepat pulih setelah melakukan olahraga dalam intensitas yang tinggi. Selain itu minyak ikan juga dapat mempercepat proses metabolism tubuh serta mampu mengurangi kelebihan lemak dalam tubuh.

  • Kuinoa
biji kuinoa

biji kuinoa

Kuinoa merupakan salah satu jenis serealia yang selain kaya akan protein juga kaya akan karbohidrat. Kuinoa juga kaya akan serat, kalsium, fosfor, zat besi serta magnesium. Kuinoa merupakan serealia yang tidak mengandung gluten sehingga mudah untuk dicerna. Dalam 100 gram kuinoa mengandung 14 gram protein yang baik sekali dalam proses pembentukan otot.

  • Ikan

Ikan khususnya ikan salmon merupakan sumber protein yang juga mengandung omega 3 yang snagat baik untuk tubuh kita. Protein dan omega 3 ikut berperan dalam pembentukan otot serta mampu meningkatkan system metabolism tubuh sehingga hasil yang kita dapatkan lebih cepat.

  • Susu

Susu, khususnya susu cokelat ternyata juga dapat membantu dalam hal pembentukan otot menjadi lebih banyak. Dalam sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolisme telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi susu cokelat mampu meningkatkan manfaat dari berolahraga serta mampu memperlambat munculnya rasa haus.

  • Whey protein

Whey protein atau protein susu merupakan protein yang cepat sekali untuk diserap oleh tubuh. Seperti namanya, whey protein merupakan produk sampingan dari produksi keju. Whey protein merupakan salah satu makanan yang bagus untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Whey protein mengandung banyak asam amino penting untuk membangun serta mempertahankan massa otot.

  • Keju

Keju merupakan salah satu makanan yang kaya protein. 30 gram keju rendah lemak, mengandung 7 gram protein. Mengkonsumsi keju sebelum maupun sesudah berolahraga akan baik sekali dalam pembentukan otot tubuh. Protein dalam keju merupakan protein yang lambat untuk dicerna sehingga mampu menahan rasa lapar lebih lama.

Keju merupakan jenis makanan yang bagus untuk pembentukan otot, namun sebaiknya tetap di imbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat yang lainnya.

  • Almond

Almond merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein serta lemak baik. Almond juga kaya akan kandungan vitamin E yang juga akan ikut berperan dalam pembentukan otot. Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, dengan cara membantu proses pemulihan menjadi lebih cepat setelah melakukan olahraga dalam intensitas tinggi.

  • Sayur dan buah
sayur dan buah untuk membentuk otot

sayur dan buah untuk membentuk otot

Sayur dan buah mengandung banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh kita. Semakin bervariasi makanan yang kita konsumsi maka akan semakin banyak nutrisi yang kita peroleh dari makanan yang kita konsumsi. Berbagai jenis sayur dan buah yang berwarna merah, jingga maupun hijau juga mengandung karbohidrat yang nantinya ikut membantu sebagai bahan bakar dalam proses pembentukan otot tubuh.

  • Ubi

Karena karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang ikut berperan dalam pembentukan otot, maka kita perlu menambah jumlah asupan karbohidrat. Mengkonsumsi ubi merupakan salah satu cara untuk menggantikan cadangan energy serta sebagai bahan bakar dalam proses pembentukan otot tubuh. Selain mengandung karbohidrat, ubi juga mengandung vitamin, mineral dan juga serat yang baik untuk mempertahankan kadar gula darah tetap stabil serta membuat kita merasa kenyang dalam waktu lebih lama.

  • Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang mampu meningkatkan perkembangan otot hingga mencapai 20%. Namun, untuk memperoleh hasil yang maksimal anda diharuskan untuk mengkonsumsi bayam dalam jumlah yang banyak dan harus dikonsumsi setiap hari secara teratur.