Jenis Makanan Penambah Darah

Sebenarnya terlalu banyak kadar darah dalam tubuh memang tidak baik, namun jika tubuh kekurangan kadar darah merah juga tetap saja tidak baik bagi kesehatan, misalnya saja bisa menimbulkan masalah anemia.

Akibatnya tubuh akan menjadi lemah, letih dan lesu sehingga rutinitas harian anda akan menjadi terganggu.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Jenis Makanan Penambah Darah yang bisa anda jadikan rujukan bilamana sewaktu-waktu anda mengalami kekurangan kadar darah.

Jenis Makanan Penambah Darah

Berikut ini adalah Jenis Makanan Penambah Darah, diantaranya :

  • Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan nutrisi dan zat besi.

Buah alpukat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit darah rendah dimana buah alpukat juga memiliki kelebihan yaitu mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

  • Melon melon thumbnail

90% bagian dari buah melon mengandung air dan buah ini bisa memberikan rasa segar jika dikonsumsi.

Buah melon tinggi akan kandungan vitamin A dan bisa meningkatkan kinerja zat besi untuk menggerakkan hemoglobin dalam tubuh anda.

 

  • Kuning Telur

Kuning telur ayam kampung bisa anda konsumsi jika anda ingin menambah kadar darah dalam tubuh.

Ada banyak cara yang bisa anda pilih untuk mengonsumsinya sesuai dengan selera anda.

Namun ada 1 cara yang cukup efektif untuk mendapatkan manfaatnya dengan baik, yaitu rebus 1 butir telur ayam kampung beserta daun bawang merah sekitar 50 gr.

Kemudian campurkan dengan air bersih, rebus dalam panci hingga mendidih kemudian konsumsi kuning telur ayam kampung tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari hingga kadar darah anda menjadi normal kembali.

 

  • Kurma

Buah kurma yang berasal dari Arab juga bisa menjadi salah satu jenis buah yang bisa menambah kadar darah anda, selain itu kurma juga tinggi akan kandungan vitamin B yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh dan bisa berfungsi sebagai makanan penambah energi.

 

  • Daging daging olahan 2

Daging yang biasanya identik dengan makanan yang lezat merupakan makanan sumber protein hewani yang tinggi akan kandungan zat besi dan juga bisa berfungsi sebagai makanan penambah darah.

 

  • Jagung

Jagung merupakan jenis makanan yang bisa berfungsi sebagai penambah kadar darah dalam tubuh dan jenis makanan ini kaya akan kandungan vitamin A, C, tembaga dan zat besi.

 

  • Kacang Almond

Bila anda mengalami kekurangan darah maka anda bisa mengonsumsi kacang almond dimana jenis kacang ini tinggi akan kandungan zat besi yang tentu saja sangat baik bagi kesehatan anda.

 

  • Gandum

    gandum dan tepung gandum

    gandum dan tepung gandum

Gandum adalah salah satu jenis makanan yang baik bagi kesehatan dan bisa memberikan efek kenyang.

Gandum yang tinggi akan kandungan zat besi bisa ditemukan pada jenis makanan seperti roti.

Bukan hanya itu karena kandungan nutrisi pada gandum bisa mencegah berbagai penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung dan penyakit kanker.

 

  • Daun Singkong

Daun singkong merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat familiar di Indonesia karena jenis sayur ini biasa dikonsumsi oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, orang dewasa, baik yang tinggal di wilayah pedesaan atau perkotaan.

Sayur yang harganya sangat terjangkau ini  tinggi akan kandungan zat besi, protein, vitamin B1, vitamin C, lemak, fosfor dan karbohidrat.

 

  • Sayuran sayur bok choy

Sayur-sayuran dikenal sebagai jenis makanan yang bisa membantu menambah kadar darah dalam tubuh.

Tentunya hanya dengan membiasakan diri untuk mengonsumsi berbagai jenis sayuran dalam menu makan harian maka sama artinya bahwa anda telah menambah kadar darah dalam tubuh dan mencegah penyakit anemia.

Ada banyak jenis sayuran yang bisa membantu menambah darah dalam tubuh misalnya kacang merah, kentang, bayam, lobak, ubi, kacang polong hijau, kol dan brokoli.

 

  • Ikan

Jenis makanan ikan-ikanan terutama jenis ikan laut seperti ikan salmon dan ikan tuna dikenal sangat baik untuk menambah kadar darah dalam tubuh.

Selain itu ikan tinggi akan kandungan zat besi, asam lemak omega 3 dan protein hewani yang baik bagi kesehatan anda.

Jadi tunggu apalagi, segera masukkan ikan-ikanan ke dalam menu makan harian anda terutama jika anda sedang membutuhkan tambahan kadar darah dalam tubuh.

 

  • Kismis

Siapa sangka bahwa ternyata kismis merupakan salah satu jenis makanan yang bisa berfungsi sebagai makanan penambah kadar darah.

Kismis yang biasanya disajikan ke dalam berbagai macam kue tinggi akan kandungan zat besi, bisa mengatasi kondisi asam pada tubuh dan memiliki sifat basa yang tidak diketahui oleh masyarakat awam.

 

  • Apel

    cuka apel

    cuka apel

Buah apel merupakan jenis buah yang mengandung nutrisi, zat besi dan vitamin yang lengkap.

Tentu saja dengan mengonsumsi buah apel maka anda akan segera merasakan manfaatnya terutama jika tubuh anda sedang kurang darah.

 

  • Sereal

Sereal adalah makanan yang tinggi akan kandungan zat besi, memberikan efek mengenyangkan dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Salah satu kelebihan sereal adalah makanan ini bisa disajikan dengan cepat, dengan demikian anda bisa menjadikan sereal sebagai menu sarapan yang ideal terutama jika belakangan ini anda memiliki keluhan kekurangan darah.

 

  • Jeruk

Jeruk bisa menjadi buah alternatif untuk menambah darah anda secara efektif karena kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya bisa membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Selain tinggi akan kandungan vitamin C, buah jeruk juga kaya akan kandungan zat besi sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki masalah kurang darah.

 

  • Beras Merah

    beras merah

    beras merah

Beras merah biasanya identik dengan menu makanan dari seseorang yang sedang menjalankan program diet.

Padahal beras merah juga disarankan bagi mereka yang sedang kekurangan darah.

Ciri fisik beras merah hampir sama dengan beras putih, hanya saja jenis beras ini berwarna merah.

Kandungan serat pada beras merah menjadikan jenis beras ini sangat disarankan bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan.

 

  • Kubis

Kubis adalah salah satu jenis sayuran yang identik dengan berbagai masakan di Indonesia.

Tidak sulit untuk mendapatkan kubis karena jenis sayur ini biasanya tersedia di hampir semua pasar tradisional di Indonesia.

Kubis tinggi akan kandungan zat besi, namun rendah akan kadar lemak jika dibandingkan dengan jenis sayur lain.

Pastinya kubis bisa anda masukkan sebagai tambahan makanan pada menu harian diet anda.