Jenis Makanan Untuk Menambah Berat Badan

Sebagian besar masyarakat biasanya ingin bisa makan banyak namun tidak ingin berat badan ikut bertambah.

Karena berat badan yang naik signifikan biasanya dianggap sebagai hal yang menakutkan bagi seseorang yang hobi makan.

Di sisi lain orang yang memiliki tubuh kurus biasanya mempunyai sistem metabolisme yang cepat sehingga tidak mudah bagi mereka untuk menaikkan berat badannya.

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk menambah berat badannya seperti untuk meningkatkan kepercayaan diri, memperbaiki penampilan tubuh, memperbesar otot tubuh dan karena faktor kesehatan.

Maka dari itu seseorang yang ingin menambah berat badannya biasanya akan mencari tahu cara yang tepat dan sehat untuk menaikkan berat badannya .

Sebagai contoh adalah makanan junk food atau minuman bersoda yang dikenal bisa menambah berat badan dengan mudah karena minuman ini mengandung banyak gula akan tetapi keduanya justru akan merusak kesehatan dalam jangka waktu yang lama.

Jenis Makanan untuk Menambah Berat Badan

Cara yang ideal untuk meningkatkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan alami, serta perhatikan pula jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

jenis-makanan-untuk-menambah-berat-badan

 

Berikut ini adalah Jenis Makanan untuk Menambah Berat Badan :

1. Daging Merah

berbagai macam daging merah

berbagai macam daging merah

Anda bisa meningkatkan asupan makanan yang terbuat dari daging merah bila anda ingin menambah berat badan anda.

Contoh makanan yang terbuat dari daging merah adalah steak dimana jenis makanan ini kaya akan zat besi dan protein dimana dalam setiap potongan daging steak anda membutuhkan kandungan tinggi lemaknya..

Contoh daging merah yang lain yang tinggi akan kolesterol adalah sosis sapi, iga sapi, soto daging, potongan daging sapi tenderloin dan sebagainya.

 

2. Susu Sapi Murni

Bila anda hobi minum susu dan ingin menambah berat badan maka ada baiknya jika memilih susu sapi murni.

Anda membutuhkan susu sapi murni untuk membantu meningkatkan berat badan karena susu sapi murni kaya akan vitamin A dan D serta nutrisi penting yang lain.

Selain minum segelas susu sapi murni, anda juga bisa mencampur susu sapi murni dengan oatmeal atau sereal, sedangkan jika anda hobi minum kopi maka anda bisa menggunakan susu sapi sebagai creamer.

 

3. Selai Kacang

selai kacang

selai kacang

Selai kacang yang biasanya dijadikan pelengkap saat mengonsumsi roti atau oatmeal cocok untuk dikonsumsi bagi mereka yang ingin menambah berat badan dimana dalam setiap sendok makan selai kacang terdapat 100 kalori serta 4 gr protein.

Selai kacang selain memiliki rasa yang lezat dan sehat juga dikenal tinggi akan kandungan magnesium, folat, vitamin B3 dan vitamin E.

Pada saat memilih produk selai kacang di pusat perbelanjaan ada baiknya jika anda memilih selain kacang yang murni dan alami, tidak mengandung kadar gula yang tinggi dan berbagai tambahan bahan tambahan yang lain.

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat pada keterangan kandungan pada label kemasan produk selai kacang.

 

4. Buah-buahan Tropis

Indonesia termasuk negara tropis sehingga di negeri ini ada banyak pilihan buah tropis yang bisa dikonsumsi untuk menambah berat badan.

Sebagian contoh diantara buah tropis terkenal dan memiliki kandungan gula alami yang tinggi yang ada di Indonesia adalah buah mangga, pisang, pepaya serta nanas.

Buah-buahan tropis ini cukup aman dikonsumsi setiap hari sebagai pelengkap menu makanan sehari-hari.

Anda tidak perlu khawatir mengalami kegemukan karena makan terlalu banyak buah-buahan karena tidak ada orang yang mengalami kegemukan karena makan buah.

 

5. Alpukat

Buah yang biasanya berwarna hijau atau coklat ini bisa anda konsumsi untuk menambah berat badan anda karena mengandung asupan lemak sehat.

Buah alpukat dikenal tinggi akan kandungan kalori termasuk asam folat, potasium, vitamin B dan vitamin E.

Selain bisa dikonsumsi langsung anda juga bisa menikmati alpukat sebagi minuman jus, campuran salad atau es campur.

 

6. Roti Gandum

Bila anda ingin menambah berat badan secara sehat maka sebagai langkah awal anda bisa mengonsumsi roti gandum terutama roti yang terbuat dari gandum murni.

Roti gandum berbeda dengan roti putih yang beredar luas di pasaran karena roti gandum mengandung banyak nutrisi yang sehat untuk tubuh.

Kelebihan roti gandum dibanding roti biasa adalah jenis roti ini mengandung fiber atau serat dan berbagai mineral lain.

Dengan berbagai kandungan tersebut tentunya akan memberikan efek kenyang yang lebih lama, selain itu anda bisa mendapatkan energi lebih dan saluran pencernaan akan menjadi lebih sehat.

 

7. Mentega

mentega

mentega

Masakan yang menggunakan mentega biasanya rasanya akan menjadi lebih lezat dan kandungan kalori menjadi lebih tinggi.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang menggunakan mentega setiap hari karena mentega mengandung lemak tak jenuh atau biasa dikenal sebagai lemak sehat.

Anda bisa menggunakan mentega dengan cara dioleskan pada roti atau digunakan untuk menggoreng telur pada saat sarapan pagi.

 

8. Kacang-kacangan

Kacang merupakan makanan cemilan yang baik untuk menambah berat badan karena mengandung nutrisi dan elmak yang melimpah.

Ada banyak jenis kacang-kacangan dan kandungan nutrisinya pun berbeda-beda akn tetapi hampir semua jenus kacang-kacangan baik dikonsumsi untuk menambah berat badan.

Diantara jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi untuk menambah berat badan adalah kacang almond, kacang hijau, kacang polong, kacang tanah dan lain-lain.

 

9. Keju

macam-macam keju

macam-macam keju

Keju termasuk salah satu makanan favorit di berbagai tempat. Anda hampir selalu bisa mencampurkannya di berbagai hidangan. Keju mengandung semua nutrisi yang dimiliki susu murni, karena keju memang merupakan hasil olahan susu. Jadikan keju sebagai isi roti anda atau mencampurnya dengan telur saat sarapan. Anda bahkan juga bisa memakannya langsung sebagai ‘camilan’, karena keju sangat tinggi kandungan proteinnya.

 

10. Kentang

Karbohidrat adalah suatu hal yang paling ditakuti bagi seseorang yang sedang menjalani program diet.

Namun jika anda ingin menambah berat badan maka karbohidrat harus ditambahkan ke dalam pola makan sehari-hari anda.

Namun anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi karbohidrat karena ada kalanya makanan yang anda konsumsi mengandung karbohidrat yang tidak memiliki nilai nutrisi.

Kentang adalah sumber karbohidrat yang sempurna karena kentang tinggi akan kandungan fiber atau serat, protein, vitamin C yang melimpah.

Untuk mendapatkan nutrisinya dengan lebih optimal maka anda bisa mengonsumsi kentang beserta kulitnya.

Setengah kandungan protein dari kentang yang utuh akan berkurang jika anda mengupas kulitnya,

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan kandungan protein yang utuh dari kentang adalah anda hanya perlu membersihkan kentang lalu direbus hingga matang kemudian konsumsi langsung.

Pola makan yang tepat dan sehat saja sebenarnya tidak cukup karena olahraga juga bisa membantu menambah berat badan.

Seseorang yang rutin berolahraga akan mengalami peningkatan metabolisme tubuh dimana hal ini akan meningkatkan nafsu makan.

Selain itu olahraga seperti angkat barbel atau fitnes bisa membantu membentuk otot tubuh dan bisa menambah ruang baru untuk protein yang masuk ke dalam tubuh.